GIMP Plugin: Save for Web

Selasa, Maret 26, 2013

Gimp merupakan salah satu software pengolah gambar seperti photoshop. Fungsinya tidak jauh berbeda. Bisa buat edit foto, croping dan pemberian efek pada foto. Selain ekstensinya yang menggunakan format xcf, GIMP merupakan salah satu software open source yang dapat digunakan di berbagai operasi sistem dan GRATIS. Dengan sifatnya yang terbuka, membuat GIMP memiliki banyak sekali plugin yang bermanfaat, salah satunya adalah Save for Web.

gimp-save-for-web
gimp-save-for-web
Plugin save for web digunakan untuk mengurangi ukuran sebuah gambar dengan menurunkan kualitas gambar. Tidak perlu khawatir gambar tidak dapat dilihat asal tingkat kompresinya tidak tinggi, apabila tingkat kompresinya tinggi gambar akan menjadi terlihat pecah / kotak-kotak. Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ukuran gambar dengan plugin ini. Berikut 3 cara tersebut.

Mengubah Ekstensi / Format Gambar, biasanya digunakan untuk mengkompresi gambar dari berbagai format seperti PNG, BMP, dll menjadi format gambar dengan ukuran lebih kecil seperti jpeg, png8 atau gif. Secara tidak langsung ini juga mempengaruhi kualitas gambar.
Ubah format gambar
Ubah format gambar
Mengurangi kualitas gambar, semakin kecil kualitas gambar semakin kecil pula ukurannya. Namun gambar hasil kompresi akan menjadi pecah dan tampak kotak-kotak, Secara default kualitas kompresinya adalah 85%, Semakin besar nilai smoothing akan membuat gambar agak ngeblur, jadi sangat tidak disarankan jika gambar banyak mengandung text.

Mengurangi kualitas gambar
Mengurangi kualitas gambar
Mengurangi Resolusi Gambar, merupakan cara yang paling aman dalam mengurangi ukuran gambar. Dengan mengurangi resolusi gambar, dimensi gambar akan semakin kecil namun kualitas gambarnya tidak berkurang. Saya selalu gunakan fitur ini sebelum upload ke website. Karena website tidak membutuhkan resolusi yang besar. Yang penting bisa terbaca sudah cukup.
Mengurangi resolusi gambar / resize
Mengurangi resolusi gambar / resize

Bagi sebagian orang ukuran file gambar merupakan hal yang sepele. Padahal sebenaranya ini merupakan hal yang penting, karena berpengaruh dengan kecepatan akses situs. Kalau cuma satu dua gambar sih tidak masalah, namun kalau sudah puluhan? Cukup memberatkan bukan? Apalagi kalau uploadnya di blog yang hosting sendiri dengan kuota tertentu bisa cepet penuh disknya. Meski sepele namun begitu bermanfaat, baik bagi pemilik maupun pengunjung. Jadi jangan heran apabila web yang berat memiliki kunjungan yang sedikit, karena sama-sama tahu lah bagaimana koneksi internet di Indonesia, naik turun :D

Plugin ini memang diperuntukkan untuk web, sesuai dengan namanya. Agar kita gak perlu lama-lama upload sebuah gambar :D. Bagi pengguna Ubuntu, untuk mendapatkannya cukup dengan mengetikkan  
sudo apt-get install gimp-plugin-registry
pada terminal.  Bisa juga dengan membuka Synaptic Package Manager / Ubuntu Software Center. Sedangkan pengguna sistem operasi lain silakan kunjungi GIMP Plugin Registry. Semoga bermanfaat :D

You Might Also Like

2 comments

  1. iya, sayangnya perlu install plugin dulu. gak built in gimp :D

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe