Install CUDA 5 di Ubuntu

Minggu, Maret 03, 2013

CUDA merupakan teknologi GPU (Graphic Prosesor Unit) dari NVIDIA. Sebuah teknologi yang memugkinkan pengguaan prosesor pada VGA Card untuk melakukan pekerjaan tertentu, seperti Cycles Render pada Blender. Sebelum menggunakan teknologi ini kita perlu Install Cuda terlebih dahulu, karena tidak di bundle dengan VGA Card. Hardware yang saya gunakan pada tutorial ini adalah GeForce GT 540M dengan sistem operasi Ubuntu. Untuk sistem operasi diluar Ubuntu saya kurang tahu :D.

NVIDIA Settings
NVIDIA Graphic Card
Sebelum mengikuti tutorial ini, ada baiknya cek terlebih dahulu pada halaman CUDA GPU, apakah hardware yang kita miliki sudah mendukung teknologi CUDA? Jika hardware sudah mendukung, kemudian cek juga apakah hardware kita sudah mendukung teknologi Optimus dengan mengunjungi halaman product vga card kita. Jika mendukung, saya sarankan menggunakan Bumblebee Project Driver dibanding propietary driver. Untuk instalasi Bumblebee dengan Bahasa Indonesia, silakan kunjungi Forum Ubuntu Indonesia.

Setelah melakukan instalasi Bumblebee, sekarang kita akan melakukan instalasi CUDA. Kita membutuhkan koneksi internet untuk mendownload CUDA 5 yang berukuran hampir 700 Mb. Di dalamnya sudah termasuk CUDA ToolKit beserta SDKnya serta NVIDIA Visual Profiler yang entah buat apa. Saya gunakan CUDA 5 untuk Ubuntu 10.04, meski saya menggunakan Ubuntu 12.04.
Download CUDA
Download CUDA
Setelah download selesai, saya sarankan untuk meletakkan file hasil download di home. Ini akan mempermudah proses instalasi. Pada file instalasi cuda klik kanan > properties > Permissions > Aktifkan Allow executing file as program.
allow executing file as program
allow executing file as program
Selanjutnya, download Script buatan AmmarkoV supaya kita bisa dengan mudah melakukan instalasi. Jangan lupa untuk meletakkan file tersebut dalam satu folder dengan file instalasi cuda. Setelah ada dalam satu folder, buat file tersebut supaya dapat dijalankan sebagai sebuah program seperti yang sudah kita lakukan sebelumnya. Kalau bingung, silakan download file bekas saya pada link di bawah ini. Tapi share ke facebook / twitter dulu yak sebelum download dari dropbox saya :D

File dari  AmmarkoV tersebut digunakan untuk file cuda 64 dan 32 bit ubuntu 11.10, sedangkan file milik saya digunakan untuk file cuda 64 dan 32 bit ubuntu 10.04. Silakan pilih sesuai yang sudah terlanjur di download.

Dibutuhkan koneksi internet saat instalasi cuda menggunakan script tersebut, karena membutuhkan beberapa dependensi seperti:
  • build-essential gcc-4.4 
  • g++-4.4 
  • freeglut3-dev 
Klik 2 kali script instalasi Cuda (bukan file installer cuda*.run). Pilih run in terminal dan ikuti langkah-langkah yang ada di terminal. Ketika muncul EULA, cukup tekan enter sampai 100%. Setelah itu ketik accept. Setelah accept ada beberapa opsi instalasi lagi, pilih YES semua dengan mengetik Y.
EULA NVIDIA
EULA NVIDIA
accept EULA
accept EULA
Setelah itu, instalasi akan berhenti saat
Enter install path (default /usr/local/cuda, '/cuda' will be appended):
Cukup tekan enter saja, supaya instalasi dilakukan pada tempat yang seharusnya :D.

Ketika instalasi selesai, terminal akan otomatis menutup. Restart laptop terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur CUDA GPU. Setelah laptop menyala, saya coba cek di Blender system dan GPU NVIDIA saya sudah terdeteksi oleh Blender, artinya GPU sudah terinstall di system :D.
NVIDIA CUDA siap untuk Blender
NVIDIA CUDA siap untuk Blender

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe