Jangan Tertipu Iklan Operator

Rabu, April 03, 2013

kecepatan transfer data
kecepatan transfer data
Internet merupakan salah satu teknologi yang telah mengubah dunia, keberadaannya saat ini dibutuhkan oleh banyak orang di dunia. Banyak orang sudah kecanduan dengan internet. Seakan dunia tanpa internet adalah kiamat. Ketergantungan tersebut membuka pasar baru, yaitu penyedia jasa internet yang dikenal dengan nama ISP (Internet Service Provider) pada buku sekolah TIK SMP saya dulu. Persaingan antar ISP pun semakin menggila, apalagi dengan adanya mobile broadband saat ini. Salah satu faktor yang menentukan pilihan konsumen atas ISPnya adalah kecepatan.

Promosi besar-besaran dilakukan oleh ISP supaya bisa mendapatkan banyak pelanggan dan mendominasi pasar, bahkan sempar terjadi iklan yang menjatuhkan kompetitornya, iklan semacam inilah yang tidak sehat. Dari berbagai macam iklan tersebut banyak orang salah kaprah tentang kecepatan yang ditawarkan oleh ISP. Saya termasuk salah satunya, tetapi pada awal kuliah saya mendapatkan informasi tentang kecepatan transfer data yang membuat saya paham arti yang sebenarnya.

Saya ambil contoh layanan smartfren yang saya pakai, dia menawarkan kecepatan download sampai 3,1 Mbps. Dengan kecepatan seperti itu, kecepatan download kita mungkin hanya sampai pada kisaran 300 - 400an KB/s. Kenapa bisa demikian? Apakah ini merupakan penipuan publik? Mungkin sebagian orang akan merasa tertipu dengan iklan seperti ini, padahal apa yang ditawarkan oleh ISP tidaklah salah. Mungkin pemahaman kita yang salah atas apa yang ditawarkan oleh operator.

Mbps berbeda jauh dengan MBps. Dimana Mbps merupakan kepanjangan dari Megabit per second, sedangkan MBps adalah MegaByte per second. 1 Byte = 8 bit. Disinilah letak kesalah pahamannya. Ukuran file biasanya menggunakan MegaByte, sedangkan untuk transfer data Megabit. Jadi jika kecepatan maksimum yang ditawarkan ISP adalah 3,1 Mbps, maka kecepatan maksimum yang akan kita dapatkan hanyalah 3,1 / 8 = 387,5 KBps. Jadi jika ditawari kecepatan Rev B hingga 14,7 Mbps maka kecepatan maksimumnya adalah 1837.5 KBps sekitar 1,8 MBps.





You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe