Install Cuda Toolkit untuk Blender di Ubuntu 12.10

Senin, Mei 13, 2013

Beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk melakukan upgrade pada sistem operasi Ubuntu 12.04 yang saya gunakan menjadi 12.10. Karena selalu ada error tiap menyalakan komputer, entah itu pada chromium browser, plymonth, dan package lainnya. Saat ini saya menggunakan Ubuntu 12.10, meski begitu terkadang masih ada error tapi tidak separah Ubuntu 12.04.


Salah satu tool wajib pada laptop saya adalah Blender, apalagi dengan VGA laptop yang lumayan saya bisa menggunakan render engine cycles. Untuk itu saya perlu melakukan instalasi cuda toolkit. Pada Ubuntu 12.10 ini saya tidak perlu mendownload dan Install Cuda Toolkit secara keseluruhan, saya hanya perlu melakukan instalasi cuda toolkit yang sudah ada di ppa blender. Sehingga tidak perlu download ratusan mega untuk packagenya.

Untuk install cuda toolkit, kita perlu install blender dari ppa irie terlebih dahulu. Setelah Blender terinstall dengan baik kita cukup ketikkan
 sudo apt-get install cuda-toolkit
Setelah cuda toolkit terinstall, coba restart komputer dan buka Blender, maka secara otomatis kita akan mendapatkan fitur Compute Device GPU pada user preferences yang sebelumnya belum muncul. Setelah itu selamat menikmati render engine cycles :)

Tidak semua laptop dengan mudah menggunakan ini, saya kemarin sempat otak-atik pada laptop asus dengan tipe VGA yang sama dengan punya saya tetapi belum muncul. Silakan coba beberapa cara yang memungkinkan di halaman troubleshooting bumblebee project : https://github.com/Bumblebee-Project/Bumblebee/wiki/Troubleshooting

You Might Also Like

1 comments

  1. ini hanya untuk ubuntu 12.10 ya? saya coba malah muncul pesan ini
    E: Unable to locate package cuda-toolkit.


    trims

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe