Group dan UnGroup di Blender

panduaji

0 Comment

Link

Group dan UnGroup di Blender – Sebuah cara yang sangat membantu dalam pengerjaan ‘proyek animasi’  kompleks. Kenapa penting? Karena dengan mengumpulkan beberapa objek pada sebuah group, kita akan dengan mudah memanage, apalagi kalau menggunakan metode link dan append, cukup dengan masukkan groupnya semua langsung masuk, begitu yang saya lakukan biasanya. Pada kesempatan kali ini saya ingin posting tentang bagaimana membuat sebuah group (objek) dan ungroup objek.

Membuat Group Objek di Blender
Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat group objek di Blender, cara yang paling saya sukai menggunakan shortcut Ctrl + G. Sebelum itu seleksi terlebih dahulu objek-objek yang akan dijadikan group. Ketika objek sudah dalam group, warna outlinenya menjadi hijau. Jangan lupa untuk memberi nama pada groupnya supaya lebih mudah di organisir.

Membuat Group di Blender
Membuat Group di Blender

Ungroup Objek di Blender
Ungroup merupakan kebalikan dari group, dengan ungroup kita bisa menghilangkan keanggotaan sebuah objek pada group. Untuk melakukan ungroup saya belum mengetahui shortcutnya. Selama ini untuk melakukan ungroup objek di Blender saya menggunakan objek data. Cukup hapus group dari objek data, otomatis objek tersebut tidak termasuk dalam group. Kalau masih bingung coba lihat gambar di bawah ini.

Ungroup objek di Blender
Ungroup objek di Blender

Sampai sekarang saya belum nemu shortcut hapus objek dari group. Coba googling nemunya juga ungroup untuk node editor, bukan ungroup objek group. Mungkin teman-teman di sini ada yang tau :D?

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment