Ebook Tutorial Menyusun Buku Tugas Akhir dengan LibreOffice

Rabu, Juli 24, 2013

Ebook Tutorial Menyusun Buku Tugas Akhir dengan LibreOffice - Bagi pengguna linux dan software open source, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pengolah kata LibreOffice yang merupakan proyek lanjutan OpenOffice. Daripada download microsoft office, mending saya download libre office yang benar-benar gratis.

Penggunaan software pengolah kata ini menjadi problematika tersendiri bagi kebanyakan mahasiswa, yang mana memang selama ini lebih sering menggunakan microsoft office ketimbang libreoffice yang notabene gratis. Beberapa teman dari beberapa perguruan tinggi sempat saya tanyakan perihal ini. Banyak alasan terlontar mulai dari kebiasaan menggunakan microsoft office, file-file dari dosen, hingga masalah dokumen pada organisasi. Memang dengan lintas software seperti ini dapat membuat dokumen acak, sama seperti yang sering saya alami ketika meminta file dokumen dari teman.

Cover ebook
Cover ebook
Sekarang saya mau membahas tentang tugas akhir / skripsi yang merupakan salah satu syarat mutlak untuk lulus dari sebuah perguruan tinggi negeri. Ada sistematika penulisan yang harus ditaati oleh para mahasiswa. Dengan adanya software komputer, harusnya pekerjaan ini menjadi semakin mudah, bukannya mempersulit. Tapi terkadang saya menemukan banyak sekali keruwetan saat menulis dokumen yang sistematis seperti ini. Kenapa? Karena mahasiswa kurang paham bagaimana menggunakan software pengolah kata.

Permasalahan diatas banyak terjadi pada beberapa software pengolah kata, entah itu Microsoft Word maupun LibreOffice. Beberapa waktu lalu saya sempat menemukan sebuah ebook tutorial yang sangat bermanfaat, terutama untuk penulisan buku tugas akhir maupun buku skripsi dan buku thesis, dll.

Ebook Tutorial Cerdas Menyusun Tugas Akhir dengan LibreOffice Writter ini ditulis oleh dua orang alumni FMIPA UNM Makasar. Ebook ini membahas tentang aturan penulisan tugas akhir / skrispi dan cara penulisannya dengan LibreOffice 3.3 Writter. Pembahasan tiap langkah sangat jelas dan detail, sehingga sangat mudah untuk diterapkan oleh siapapun, bahkan yang belum mengenal LibreOffice sama sekali.

Dengan adanya ebook ini kita bisa dengan mudah memanfaatkan fitur-fitur utama yang mempermudah pekerjaan kita dalam membuat buku tugas akhir. Pengaturan langkah-langkah yang dijelaskan dalam ebook ini akan memandu kita membuat template-template yang secara otomatis membantu kita memberi penomoran bab dan subbab, penomoran gambar, tabel, persamaan dan masih banyak lagi. Kita tidak perlu lagi mengatur spasi dari judul ke sub bab, tidak perlu membuat daftar isi secara manual. Semuanya serbat otomatis. Bukankah ini memang salah satu fungsi software yang mempermudahkan pekerjaan manusia ;)

Ebook Tutorial Cerdas Menyusun Tugas Akhir dengan LibreOffice Writter dapaat digunakan berdasarkan Creative Commons License: Attribution-NonComercial-ShareAlike 3.0, sehingga siapapun dapat menggunakannya sepanjang tidak digunakan untuk kegiatan yang bersifat komersial. Tertarik? langsung saja klik pada link di bawah:

Download Cerdas Menyusun Tugas Akhir dengan LibreOffice Writter

Oh iya, bagi yang belum punya LibreOffice dan ingin menggunakan LibreOffice untuk pengerjaan Tugas Akhirnya karena ebook ini. Bisa download gratis LibreOffice pada link di bawah ini.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe