Tips dan Trik Memilih Harddisk Eksternal

Kamis, Juli 18, 2013

Tips dan Trik Memilih Harddisk External - Harddisk eksternal merupakan salah satu media penyimpanan paling menarik jika dibandingkan dengan flashdisk maupun DVD. Selain kapasitasnya yang besar, kecepatan transfer data jauh diatas flash disk, apalagi yang sudah di dukung USB 3. Selain itu bisa dijadikan alternatif komputer portable. Kok bisa? Ya harus bisa dong, soalnya saya install Ubuntu pada harddisk portable milik saya, sehingga saat main kemana saja tinggal colokin harddisk eksternal untuk di booting, jalanlah sistem operasi Ubuntu yang sudah terinstall di harddisk. Bukan LiveCD lho ya.

Umur harddisk portable atau harddisk eksternal saya sudah 2 tahun. Kali ini saya coba berbagi tips dan trik memilih harddisk eksternal. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli harddiks eksternal.
Hardisk External
Ilustrasi Hardisk External

1. Kapasitas Harddisk
Sebelum membeli kita tentunya menentukan kapasitas harddisk terlebih dahulu, sebenarnya tujuan membeli harddisk untuk apa sih? Kalau untuk kerja kantoran yang hanya menyimpan dokumen-dokumen kecil tidak perlu kapasitas yang besar. Berbeda jika memang digunakan di bidang multimedia, membutuhkan kapasitas harddisk yang besar. Kenapa? Karena file-file yang di simpan memiliki ukuran yang besar. Sampai saat ini saya menggunakan 500GB dan itu belum penuh :D.

2. Harga Hardisk External
Harga merupakan salah satu faktor yang menentukan pilihan, memang ada pepatah "onok duit onok rupo". Tapi itu tidak selamanya benar, serius. Pastikan memilih hardisk eksternal yang tidak terlalu mencekik dompet. Kalau hardisk eksternal milik saya harganya dibawah 700rb :D.

3. Merk
Saat ini banyak sekali merk hardisk eksternal yang beredar. Berhati-hatilah dalam memilih hardiks, karena banyak merk abal-abal dan merk palsu. Jika khawatir, pilih merk yang memiliki masa garansi cukup panjang. Saya sendiri menggunakan harddisk dengan merk Seagate, selain itu masih ada beberapa merk yang dapat dipertimbangkan seperti Western Digital, Toshiba, Buffalo dan Panasonic.

4. Kecepatan Read dan Write
Setelah menentukan produk mana yang dibeli baca dulu spesifikasi dan reviewnya. Biasanya kecepatan read dan write dicantumkan disitu. Saya biasanya menggunakan Lazada untuk melihat spesifikasi hardware, read and write termasuk di dalamnya dengan satuan RPM (Revolutions Per Minute).

5. Casing
Perlu diperhatikan juga casing untuk hardisk eksternal, karena punya saya sering kali terbentur bahkan beberapa kali sempat jatuh. Untung sampai saat ini kondisinya masih baik-baik saja. Pilihlah casing yang sekiranya cukup kuat, kalau perlu belikan softcase untuk mengurangi benturan pada hardisk.

6. Power Source
Untuk hardisk eksternal dengan kapasitas mulai dari 1 TB, sangat disarankan untuk membeli hardisk yang dilengkapi dengan kabel power. Kenapa? Karena ditakutkan apabila digunakan pada komputer dengan power supply pas-pasan tidak dapat terbaca karena kurangya listrik untuk menghidupkannya. Apalagi di laptop dengan power supply yang terbatas.

Itulah sedikit tips dan trik memilih hardisk eksternal untuk kebutuhan menyimpan data. Ingat, pilihlah hardisk yang sesuai dengan kebutuhan, biar nggak mubadzir :D. Semoga tips dan trik memilih hardisk eksternal ini bermanfaat. Mungkin ada yang mau menambahkan?

Sumber Gambar: Lazada



You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe