Kazam : Software Recording Video di Ubuntu

Senin, Agustus 05, 2013

Software Record Desktop di Ubuntu - Akhir-akhir ini saya mulai suka membuat video tutorial. Untuk membuatnya, saya membutuhkan sebuah software yang dapat merekam dekstop. Setelah mencoba beberapa software recording video di Ubuntu, akhirnya saya menjatuhkan pilihan saya di Kazam setelah mendapatkan informasi dari mas +Aditia.

Kazam merupakan software recording desktop favorit saya. Simple dan enggak neko-neko. Beberapa video tutorial yang saya buat menggunakan software ini. Namun yang membuat saya kurang suka terkadang ketika selesai recording langsung hang dan file recordnya ilang. Saya sendiri kurang tahu kenapa bisa begitu, RAM, HDD, Prosesor bekerja dengan baik tetapi kok malah gak beres kazamnya. Untuk mengakalinya, saya rekam tiap dua menit dan di save pada file yang berbeda, setelah itu digabungin di Blender dan render lagi. Jadilah sebuah video tutorial yang utuh :D

Selain digunakan untuk record video, kazam juga bisa digunakan untuk mengambil screenshot. Namun untuk mengambil screenshot, saya lebih suka menggunakan Shutter.

Berikut beebrapa fitur yang tersedia di Kazam
  • Terdapat pilihan untuk recording seluruh yang ada di monitor, sebuah program maupun area yang spesifik
  • Dapat input audio dari speaker maupun microphone
  • Mengambil gambar screenshot
  • Output video dalam bentuk MP4, WEBM atau AVI
  • Auto save video hasil recording
Untuk merekan video dengan suara pastikan membuka Kazam Preferences terlebih dahulu dan memilih microphone / speaker yang digunakan untuk recording.

Install Kazam di Ubuntu

sudo add-apt-repository ppa:kazam-team/stable-series
sudo apt-get update
sudo apt-get install kazam

Mungkin ada tips trik lain tentang software ini? 

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe