Tutorial Blender: Link Objek

Kamis, Agustus 01, 2013

Tutorial Blender : Link Objek - Mungkin masih banyak yang bingung dengan link dan append di Blender. Untuk mengetahui bedanya silakan cek post saya terdahulu tentang link dan append di Blender. Beberapa teman bingung bagaimana link objek dengan benar, karena setelah di link, mereka tidak dapat memindahkan objek. Sehingga posisinya tetap berada sesuai dengan objek asli.

Ketika melakukan link objek ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Nama objek yang akan di link, pastikan nama objek dapat mewakili bentuk objek. Misal kursi, atau meja. Jangan biarkan namanya default seperti Cube.003 dsb. Karena dapat membuat kita bingung dan salah melakukan linking.
  2. Nama group yang akan di link, sama dengan alasan diatas. Supaya lebih mudah dalam melakukan link.
Pertama, buatlah sebuah objek yang ingin di link dan ganti namanya sesuai dengan nama objek tersebut. Kemudian tekan CTRL G untuk membuat objek tersebut menjadi sebuah group, dan beri nama group sesuai dengan objeknya juga.
Tutorial Blender: Link Objek
Membuat group
Setiap melakukan link objek saya selalu menggunakan group. Karena jika tidak menggunakan group, entah kenapa objek tersebut tidak dapat saya pindahkan, sama dengan kasus yang dialami beberapa teman saya.

Simpan filenya berdekatan dengan file yang digunakan untuk menampilkan hasil linking. Dan jangan pernah merubah susunan folder / lokasi, sehingga merusak linking objek. Disarankan membuat sebuah folder project dimana semua file di link berada di dalamnya
susunan folder project saya
Pada saat melakukan link sebuah file, pilih folder group dan pilih nama group yang sudah kita buat sebelumnya.
Tutorial Blender: Link Objek
Link group
Setelah proses linking, set eksternal data > make all path relative. Sehingga susunan folder dan file terkunci. Sehingga apabila folder project dipindahkan tidak akan berpengaruh pada hasil linking. Tetapi ingat, jangan merubah susunan pada sub folder project.
Tutorial Blender: Link Objek
make all path relative
Dengan begitu kita bisa membawa sebuah folder project kemanapun tanpa khawatir merusak linking. Apabila kita tidak make all path relative, tiap pindah komputer objek link akan berbeda.

Semoga bermanfaat.

Salam

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe