panduaji

Kategori: Uncategorized

Alasan Kembali ke Blogger

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

ngeblog
ngeblog

Beberapa waktu lalu saya pindahkan blog saya ini menggunakan platform wordpress, enak sih bisa buat custom berbagai macam yang berkaitan dengan server, upload file di hosting dan masih banyak lagi. Tapi setelah dipikir-pikir dan dirasa-rasa, ternyata untuk ngeblog pribadi lebih enak di blogger. Pada tulisan ini saya mau share beberapa alasan saya kembali ke Blogger.

Website Online Terus

Saat saya menggunakan wordpress sebagai cms, saya harus memiliki sebuah hosting, entah itu yang berbayar maupun yang gratis. Dalam beberapa kesempatan, server hosting akan mati untuk sementara. Istilah kerennya maintenance. Kadang bisa cepat kadang sampai berpuluh-puluh jam.

Dengan blogger, enggak tahu kenapa kok belum pernah mengalami namanya maintenance server, mungkin karena banyaknya server yang disediakan sehingga tidak terasa saat di switch ke server lain supaya web tetap online.

Tidak Memikirkan Kapasitas Hosting

Saat menggunakan hosting, tentu ada batasan space yang dimiliki. Entah itu hosting gratis maupun hosting berbayar. Saya harus memperhatikan hal tersebut supaya bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Biasanya untuk mengatasi hal ini saya menggunakan gimp save for web yang befungsi untuk mengurangi ukuran sebuah gambar, tentunya dengan konsekuensi gambar lebih jelek

Dengan blogger, saya enggak mikirin itu lagi. Dari jutaan pengguna blogger, saya belum pernah denger cerita kalau blogger tidak bisa upload di blogger karena space penuh. Tapi gak tau lagi kalau kedepannya akan ada kasus semacam itu.

(Mungkin) Blog Akan Abadi 

Saat kontrak dengan hosting habis dan kita tidak memperpanjangnya otomatis semua data kita di hosting akan dihapus. Dan apabila kita tidak memperpanjang kontrak domain, maka bisa dipastikan website / blog kita akan hilang, namun hal tersebut tidak terjadi pada blogger.
Dengan blogger, secara default kita menggunakan subdomain dari blogspot.com yang bisa kita custom domain seperti blog ini yang awalnya beralamat di ndundupan.blogspot.com. Ketika saya sudah tidak memperpanjang kontrak domain, maka blog saya masih bisa diakses dengan alamat ndundupan.blogspot.com. Untuk hosting, saya pikir selama google tidak bangkrut masih ada.

Murah

Kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk membuat blog dengan blogger, kalau mau domain TLD kita juga bisa beli dimanapun. Tidak harus di google. Kalau gak mau bayar kita bisa menggunakan domain blogspot yang sudah disediakan oleh blogger. Gampang kan?
3 Alasan diatas lah yang membuat saya kembali ke blogger lagi. Ini blog pribadi yang pengennya sih tetap awet dalam jangka waktu yang panjang. Toh, blog ini juga enggak dibuat hal yang aneh-aneh. Cuma buat hobi 🙂
Sumber gambar: amerikanki.com
Shopee Lovember

6 thoughts on “Alasan Kembali ke Blogger”

  1. salam kenal nih gan ane mw tanya sebagai new bie apakah domain tld karena spam bisa di hapus oleh wp

    Reply
    • wordpress.com atau selfhosting? kalau selfhosting sepertinya enggak bisa, tapi kalau wp.com saya kurang tahu

      Reply

Leave a Comment