Indigo Incubator Road Show Surabaya 2014

Selasa, Februari 11, 2014

Beberapa hari lalu saya melihat poster roadshow Indigo Incubator di facebook yang akan dilaksanakan di 4 kota berbeda. Salah satunya Surabaya yang berlangsung pada tanggal 10 Februari 2014. Berikut poster acara roadshow yang di organisir oleh Suwec (Surabaya Web Community)
Indigo Incubator Roadshow
Indigo Incubator Roadshow
Dari keempat pembicara, yang saya tahu hanya Anindito Giyardani / Baba Dito dari telkomsel yang pernah ngisi acara di kampus. Tapi saya lupa nama acaranya :D. Acara berlangsung di Nur Pacific Resto, Jl. Raya Gubeng 37 Surabaya.

Saya sampai di lokasi bersama teman saya +Fauziah sekitar pukul 18.30, ternyata acara belum mulai meski sudah banyak yang datang. Begitu masuk ke ballroom langsung registrasi dan dilanjutkan dengan makan malam. Sebelum itu saya sempatkan untuk foto dulu
Indigo Incubator Roadshow 2014
Indigo Incubator Roadshow 2014
Tidak lama setelah saya datang, ternyata ada kawan blogger yang jadi datang acara tersebut. Lumayan, bisa sekalian sharing dunia blogging. Dalam tulisan ini saya mau mencoba membahas secara singkat apa itu indigo incubator, jika ada yang salah mungkin bisa dibantu koreksinya :D

Indigo Incubator

Merupakan sebuah program inkubasi bisnis start up yang difasilitasi oleh Telkom. Diharapkan dengan mengikuti program ini, sebuah perusahaan start up bisa bertahan dan berkembang. Sepertinya program ini diperuntukkan untuk para start up dibidang konten digital, hal ini saya lihat dari tagline Building Strong DIGITALpreneur. Selain itu tampak dari beberapa contoh perusahaan start up yang masih ada dalam program inkubasi ini. Dari sekian banyak saya hanya tahu Teman Takita dan Kampoong Monster.

Teman Takita kalau tidak salah start up Bukik, seorang blogger yang juga dosen di psikologi Unair (Kalau tidak salah). Kebetulan saya follow twitternya dan seringkali update tentang hal ini. Selain itu ada Kampoong Monster, start up dari beberapa teman di komunitas Blender Indonesia yang saat ini sedang terlibat sebuah proyek internasional dengan Blender Institute dan dibantu oleh OHA Studio.
Seminar tentang Indigo Incubator
Seminar tentang Indigo Incubator
Ada beberapa fasilitas yang didapatkan oleh para start up dalam program yang berlangsun kurang lebih 7 bulan ini, antara lain
  • Tempat Kerja 24 jam selama 7 hari, seperti di BDV (Bandung Digital Valley) dan JDV (Jogja Digital Valley)
  • Mentoring selama proses inkubasi (resident mentor dan vistor mentor)
  • Internet Access
  • Akses ke pasar telkom.
  • dll
Target awal pasar start up indigo ini adalah jaringan pelanggan telkom dan anak perusahaannya. Jadi seluruh konten akan di pasarkan melalui jaringan telkom. Seperti Usee TV, Langit Musik dan masih banyak lagi program lain yang saya sendiri kurang tahu.

Selain pembicara dari telkom ada juga pembicara dari duniafitnes.com, ini cukup menarik buat saya. Strategi bisnis online yang memanfaatkan email cukup mengusik diri saya untuk mempraktekkannya juga. Dia bercerita cukup banyak tentang Ecommerce yang sudah lama ia bangun.

DoorPrize

Acara seminar ini juga ada doorprize yang cukup menarik banyak penjungung, sayangnya saya hanya bisa pasrah tanpa mengharapkan kemenangan sama sekali. Karena saat ini yang lagi ngetrend adalah lomba live tweet yang seringkali diadakan dalam acara seperti ini.

Kenapa pasrah, karena saya memang tidak memiliki smartphone yang bisa digunakan untuk update twitter dengan cepat. Kedua tidak ada wifi yang bisa digunakan saat itu dan kebetulan hape yang saya bawa sedang mati dari sore :D.

Untuk mengobati kekecewaan saya putuskan untuk mencatat poin-poin penting di sebuah notes dariapada di twitter yang mungkin gak bakalan dibaca lagi kalau sudah ganti hari. Memang sebuah harga yang cukup mahal untuk memperhatikan orang yang sedang berbicara di depan kita, karena hadiah yang ditawarkan saat doorprize cukup menggiurkan, yaitu
  • Hardiks 1 TB
  • Sony Experia L2 
  • Samsung Galaxy Core
Jadi teringat salah satu tagline stopphubbing.com di bawah ini yang kemarin berhasil saya praktekkan dalam acara ini. Respect the food, the music, and the people you're in.
Stop Phubbing
Stop Phubbing
Sebelum pulang sempat ngobrol bentar dengan orang-orang yang ada, basa-basi menambah kenalan dan foto bareng. Sudah lama gak foto pernah foto-foto
Firman - Maztam - Panduaji
Firman - Maztam - Panduaji


You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe