panduaji

Kategori: Uncategorized

Mengambil Kiriman Uang Western Union dari Google Adsense di Kantor Pos

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Alhamdulillah bulan ini masih mendapatkan kiriman wesel dari google melalui western union. Kiriman ini bertepatan dengan jadwal pembayaran kuliah semester ini. Pada tulisan ini saya mau share bagaimana cara mengambil uang kiriman western union di kantor pos. Karena ada sedikit tambahan persyaratan untuk mengambil uang kiriman western union di kantor pos.

Persyaratan Pengambilan Uang

Ada beberapa persyaratan yang harus disediakan sebelum mengambil uang kiriman western union di kantor pos, antara lain
  1. Nominal uang yang di kirimkan, misalnya $ 212.80. Harus benar-benar sesuai dengan nomor yang tertera
  2. Nomer transfer uang / MTCN (Money Transfer Control Number)
  3. Kartu identitas diri (SIM / KTP / Paspor). Fotokopi KTP untuk dikumpulkan
  4. Informasi pengirim, untuk pembayaran google di Indonesia sekarang sudah beralih ke
    Google Ireland, Ltd yang beralamat di Dublin 4, Ireland
Apabila western union yang diambil merupakan kiriman dari google, sudah disediakan datanya secara lengkap saat pembayaran. Berikut screenshot pengiriman uang oleh google adsense yang terbukti membayar dan bukan scam 😀
dokumen pembayaran google adsense
dokumen pembayaran google adsense

Langkah-Langkah Pencairan


Datang ke kantor pos terdekat dengan domisili sekarang. Kenapa kok kantor pos? Bukannya di bank dengan label western union juga bisa? Memang bisa, namun untuk penarikan di western union melalui bank dikenakan biaya materai 6ribu. Selain itu prosesnya sedikit lebih lama dibandingkan di kantor pos.

Setelah datang ke kantor pos, langsung menuju ke bagian pengiriman dan pencairan uang western union. Mintalah form pengambilan uang western union. Setelah itu, isi form tersebut sesuai dengan data yang ada. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengisikan form.
Nama penerima harus sama dengan mana pada kartu identitas. Wajib hukumnya, apabila berbeda uang tidak daoat dicairkan. Setelah mengisi form penerimaan western union, kumpulkan form tersebut dengan fotokopi KTP. Dan tunggu proses pencairannya selesai sekitar 5 menit. 
Apabila kartu identitas penerima uang berasal dari luar kota. Diharuskan melampirkan fotokopi SIM juga. Seperti yang saya alami. Kartu identitas saya dari Kota Blitar, sedangkan saya mengambil di kantor pos Surabaya. Saya harus memfotokopi SIM dan mengumpulkannya. Apabila tidak ada SIM, uang tidak dapat dicairkan.
resi penerimaanBulan lalu tidak perlu menggunakan fotokopi SIM, cukup dengan KTP. Setelah bertanya kepada petugas yang ada, peraturan ini baru berlaku sekitar satu minggu ini. Setelah semua dokumen lengkap, tidak sampai 5 menit uang sudah berada dalam dompet. Selain uang, kita juga akan mendapatkan kertas kuning resi penerimaan uang tersebut.
Mudah kan cara mengambil kiriman uang western union dari google adsense di kantor pos? Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang sedang bingung bagaimana cara mengambil uang kiriman google adsense di kantor pos.
Salam
Shopee Lovember

35 thoughts on “Mengambil Kiriman Uang Western Union dari Google Adsense di Kantor Pos”

    • ayo mbak belajar bareng, saya juga masih belajar kok. sudah ada beberapa tulisan tentang cara-caranya pada kategori Bisnis Online 🙂

      Reply
    • dari blog saja, belum punya konten untuk youtube. Tapi udah ada idenya. InsyaAllah setelah lulus mau coba peruntungan disitu, itung-itung dimatengin dulu ide yang lama :-d

      Reply
  1. gan, alamat pengirim itu yang mana gan?

    Google Asia Pacific Pte. Ltd.
    8 Marina View
    Asia Square 1 #30-01
    Singapore 018960

    ATAU

    Google Ireland, Ltd., Dublin 4, Irlandia

    Yang mana tu gan?

    Reply
    • Pakai yang Google Ireland.

      Saya pernah ngisi form untuk mengambil dengan alamat Google Asia Pasific, tetapi saat di print out ternyata yang keluar adalah Google Ireland. Tapi tetep bisa kok kalau di kantor pos. Kalau di bank saya kurang tahu 😀

      Reply
  2. Mas, saya masih belum punya SIM dan saya lagi kuliah diluar kota. Trus kakak saya udah terlanjur kirim uang lewat western union. Pas ke kantor pos katanya suruh ke indomaret aja. Tapi pas ke indomaret katanya mesinnya lagi error mas. Gimana nih mas ?

    Reply
    • Coba di bank, dulu saya pernah coba mengambil uang di bank hanya membutuhkan KTP Asli sesuai dengan nama yang di transfer

      Reply
    • Saya biasanya menggunakan bank BTN, tapi kata teman saya enak di bank danamon. silakan dicoba bank yang bertanda western union 😀

      Semoga bisa segera ngambil

      Reply
  3. Salam,
    Mas mau tanya saat pengambilan uangnya ada biaya administrasi lagi ga? Setau saya tidak ada tambahan biaya lagi kan yaa tapi tadi ambil uang di wu kantor pos dikenalan biaya adm 20rb gitu mas 🙁
    Apa setiap kantor pos berbeda kebijakannya yaa?

    Reply
    • Beberapa kali saya ambil tidak pernah dikenakan biaya administrasi sama sekali. Mungkin bisa ditanyakan di kantor posnya kok ditarik biaya 20rb buat apa. karena sebelumnya tidak pernah ada biaya administrasi seperti itu.

      Setahu saya kebijakan kantor pos seragam di semua tempat.

      Reply
  4. salam mas, kebetulan saya juga dari blitar tapi tinggal di surabaya. ktp saya masih dari daerah. pertanyaan saya, ketika daftar google adsense baiknya pake alamat sesuai ktp atau pake alamat saya di surabaya ya? nuwun.

    Reply
    • Saya mendaftar dengan alamat Surabaya. Karena nanti PIN adsense dikirimkan melalui alamat yang di daftarkan. Yang paling penting adalah nama harus sama persis dengan yang ada di KTP

      Reply
  5. Harus bawa ktp asli ya mas? Soalnya mau ambil kiriman participant dr LN untuk registrasi kompetisi gitu mas dan receivernya an temen saya (doi lg di luar kota).

    Reply
    • Kalau di kantor pos sih biasanya langsung tunjukin fotokopi ktp aja bisa. kalau di bank harus pakai ktp, karena ktpnya di fotokopi di bank

      Reply
  6. mas,,saya waktu daftar adsense pake alamat sumatra barat,,tapi sekaran saya tinggal di semarang,,nah apakah bisa uang tersebut di ambil disemarang mas…?

    Reply
    • Setauku enggak bisa sih 😀 . soalnya model western union yang sekarang no resi itu semacam password gitu

      Reply
  7. mas…aku mo tanya..aku sampe skrg belum nerima pin juga….dari google adsense…kalo aku rubah dengan alamat yang lebih terjangkau…apa nanti akan jadi masalah…untuk pencairan via WU nya?

    Reply
    • Sudah dapat $10 ? Kalau sudah biasanya dikirim ke alamat. Kalau belum sampai coba ke alamat yang terjangkau. Selama ini ambil enggka pernah ada masalah dengan alamat kok. Yang paling penting itu nama harus benar-benar sama persis.

      Reply
    • KTP Asli biasanya cuma disuruh nunjukin aja. Tergantung tempat ngambilnya. Aku dulu karena udah sering, bapaknya hafal, aku cuma nunjukin fotokopian udah bisa ambil 😀

      Reply

Leave a Comment