Belajar Dasar Pemrograman PHP

Jumat, Maret 07, 2014

Semester ini ada satu mata kuliah yang bernama E-Learning. Dalam mata kuliah ini akan fokus pada pengembangan sistem e-learning. Pertemuan pertama sudah disuguhi dengan tugas membuat CMS sederhana untuk e-learning. Sebelum membuat CMS sederhana tersebut, kita perlu belajar dasar pemgrograman PHP :D.

Apa itu PHP?

Belajar Dasar Pemrograman PHP
Pada tulisan ini saya ingin share tentang apa itu php. PHP dalam dunia pemrograman, bukan PHP yang diartikan Pemberi Harapan Palsu yang cukup trend belakangan. Sebelum belajar dasar pemrograman PHP, ada baiknya kita mengenal apa itu PHP.

PHP (Hypertext Prosesor) adalah sebuah bahasa pemrograman yang dapat disisipkan pada sebuah HTML. Bahasa ini digunakan untuk pembuatan website dinamis. Sehingga bahasa ini digunakan oleh banyak CMS seperti wordpress.

Menurut pemahaman saya, PHP merupakan sebuah bahasa penghubung antara file html dengan database. Sehingga dapat sebuah halaman website dapat menjadi dinamis. Berbeda dengan html yang bersifat statis dan cenderung tetap. Dengan bantuan PHP kita bisa membuat sebuah halaman berubah-ubah, bukan hanya tampilan, tetapi juga kontennya.

Mulai Belajar Dasar PHP

Untuk memulai belajar php, kita harus install aplikasi web server terlebih dahulu. Saya menggunakan LAMPP di Ubuntu untuk web server. Untuk windows mungkin bisa menggunakan XAMPP. Sedangkan untuk Mac, mungkin bisa mengunakan MAMP. Kalau belum punya, bisa download LAMPP maupun XAMPP pada link di bawah ini

Untuk pengguna Ubuntu, kalau masih bingung cara install lampp bisa ikuti tutorial install lampp di Ubuntu. Setelah melakukan instalasi web server, jalankan web server yang sudah terinstall dan simpan semua file dengan format php pada folder htdocs yang bisa kamu temukan pada folder instalasi web server. 

Selain itu, akses file php tersebut di browser dengan alamat localhost/namafile.php. Kalau kamu membuat sebuah folder pada folder htdocs, kamu bisa akses filenya dengan alamat localhost/namafolder/namafile.php


Pastikan web server sudah menyala terlebih dahulu sebelum memanggil kode php

Tag PHP

Sebuah script php diawali dan diakhiri oleh sebuah tag. Berikut tag sebuah script php
<?
kode script php
?>
Kode diatas merupakan tag pembuka dan penutup sebuah script php. Jadi pastikan kode php yang kamu gunakan berada di dalamnya.

Menampilkan Text dalam PHP

Untuk menampilkan sebuah text  dalam kode php, kita menggunakan perintah yang namanya echo. Berikut cara menampilkan text yang ada dalam PHP
 echo "Hallo Teman"

Sedangkan untuk menampilkan tag html dalam sebuah file php, kita bisa gunakan perintah di bawah ini
echo "<br>"

Membuat dan Menampilkan Variabel

Dalam sebuah file html kita bisa membuat sebuah variabel untuk menyimpan data. Untuk membuat dan menggunakan sebuah variabel bisa menggunakan kode di bawah ini
 $belajar="belajar dasar pemrograman php";
echo $belajar;
Dengan kode diatas dalam variabel belajar ada kata belajar dasar pemrograman php. Untuk menampilkan kata tersebut, kita cukup menampilkan variabel belajar.

Menggunakan Looping For dan While

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat pengulangan atau yang biasa dikenal dengan looping. Diantaranya menggunakan fungsi for dan fungsi while. Apa fungsi masing-masing? 

Fungsi for banyak digunakan untuk pengulangan dengan jumlah maksimal yang sudah ditentukan. sedangkan untuk fungsi while, biasanya digunakan untuk pengulangan yang dibatasi oleh hasil jumlah baris sebuah array. 

Berikut contoh penggunan looping dengan for
for($i=1;$i<=10;$i++){
 echo $i." ";
}
echo "
";
Berikut contoh penggunaan looping dengan while
$x=1;
while($x<=10){
 echo $x;
 $x++;
}
echo "<br>";

Fungsi keduanya sebenarnya hampir sama perbedaannya hanya pada penggunaan. Menurut pemahaman saya, while digunakan untuk fungsi dengan variabel yang dinamis, sedangkan for untuk variabel yang sudah pasti. Mungkin ada yang lebih tahu? Tolong di koreksi apabila ada yang salah

Mungkin cukup sekian dulu belajar dasar pemrograman php. Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman memahami bahasa PHP.

Salam

panduaji.net

You Might Also Like

6 comments

  1. terimaksih informasinya , artikel nya sangat membantu saya yang lagi belajar dasar pemrograman PHP ,
    terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat gan, saya juga lagi belajar php :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu karyanya pakai php, tulisan ini backup catatan kuliah :D wkwkwk

      Hapus
  3. gan, mau tanya.
    php itu bisa di masukin selain ke html gak? misalnya java gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makdunya dimasukin ke java untuk menampilkan atau kode phpnya digunakan di java? Kalau konsep oop nya bisa gan.

      Kalau di eksekusi di java kurang tahu. file php yang ada dalam file dengan format .html aja enggak jalan. ekstensinya tetap harus .php

      Setelah saya coba tanyakan ke teman, katanya kalau proses php dieksekusi di java tidak bisa, tapi kalau cuma untuk menampilkan saja bisa.

      Menurut pemahaman saya begitu, namun saya sendiri kurang tahu pastinya. yang jelas php itu untuk web.

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe