Beli Kamera Digital atau Kamera DSLR?

Kamis, Maret 06, 2014

Kamera Digital dan Kamera DSLR by blackmagic design
Beli kamera digital atau beli kamera DSLR? Sebuah pertanyaan yang cukup sering saya dengar dari teman-teman. Jujur, untuk spesifikasi kamera digital maupun kamera dslr saya kurang begitu paham. Jadi pada tulisan ini saya tidak ingin membandingkan fitur antara kamera digital melawan kamera DSLR, namun saya akan mencoba menulis tentang fungsi masing-masing kamera. Sehingga diharapkan dapat membantu menjawab pertanyaan teman-teman yang kurang lebih berbunyi "mending beli kamera digital atau beli kamera dslr?

Untuk membeli sebuah kamera baik itu digital maupun dslr pasti membutuhkan pertimbangan yang matang. Entah itu spesifikasi, harga maupun tetek bengek lainnya. Tidak gampang untuk memutuskan pembelian antara kamera digital dengan kamera dslr, terutama untuk mereka yang masuk dalam kategori ekonomi menengah. Apalagi yang ke bawah. Karena harga kamera digital maupun harga kamera dslr bisa dibilang mahal. Meski harga kamera digital cenderung lebih murah dibandingkan harga kamera dslr.

Berikut pertimbangan saya pribadi antara memilih kamera digital atau kamera dslr

Kamera Digital

Kamera digital bisa juga disebut dengan kamera pocket. Kenapa? Karena pada umumnya kamera digital bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam saku yang apabila di artikan ke dalam bahasa inggris berarti pocket.

Saya sebagai salah seorang yang suka bepergian, mengabadikan moment dan tidak mau ribet lebih memilih membeli kamera digital. Kenapa?
  • Kamera digital bisa dengan mudah disimpan di saku celana. Sehingga sewaktu-waktu membutuhkan kamera untuk memotret, saya bisa dengan mudah mengambil dan menggunaaknnya. Cukup tekan on, bidik dan klik! Gambar tersimpan
  • Gambar yang dihasilkan oleh kamera digital menurut saya sudah cukup. Saya menggunakan kamera digital untuk mengabadikan moment-moment tertentu dan membagikannya di internet. Untuk upload ke blog, saya akan melakukan kompresi dengan plugin gimp save for web supaya tidak membuat akses ke blog lemot karena ukuran gambar yang besar Selain membuat akses ke web cepat, saya juga dapat menghemat kuota internet yang terbatas tiap bulannya.
  • Menghemat space hardisk, ukuran file yang dihasilkan kamera digital biasa sekitar 2 MB, sehingga dapat menghemat jauh lebih banyak space hardisk di komputer maupun laptop. Berbeda dengan kamera dslr yang bisa sampai 4 MB.

Kamera DSLR

Kamera DSLR memang menggiurkan untuk orang yang lumayan suka foto-foto, termasuk saya. Namun untungnya selama ini ketika keinginan tersebut muncul, saya tidak memiliki uang lebih untuk membelinya. Sehingga sampai saat ini belum pernah keturutan pengen beli kamera DSRL.

Berikut beberapa alasan saya belum tertarik membeli kamera DSLR saat ini
  • Ukurannya yang besar membuat saya kesulitan ketika ingin menggunakannya sewaktu-waktu. Harus keluarin dari tas dulu, buka tutup lensa, dll. Terlalu ribet untuk saya pribadi.
  • Membutuhkan perawatan yang cukup merepotkan. Harus membawa tas khusus kamera kemana-mana, bongkar pasang lensa, bersih-bersih lensa, dan masih kegiatan lain untuk perawatan kamera DSLR
  • Harga spare part mahal. Kamera DSLR standard memiliki harga yang mahal untuk saya. Apalagi kalau ingin membeli peralatan tambahan. Harga spare part kamera pun cukup mahal :D.
  • Membutuhkan space yang cukup besar karena ukuran file yang dihasilkan oleh resolusi penuh lensa kamera DSLR standar sekitar 4 - 6 MB. Bisa saja lebih tergantung ukuran lensa yang digunakan.

Kamera Digital atau Kamera DSLR?

Untuk kantong yang serba pas-pasan seperti saya, lebih baik membeli kamera digital. Karena pada dasarnya kamera hanya digunakan untuk merekam moment-moment tertentu. Untuk itu daripada mengeluarkan uang hanya untuk begaya lebih baik beli peralatan yang secukupnya. Kecuali kalau memang punya uang berlebih, kamera DSRL mungkin bisa menjadi pilihan.

Kamera DSLR cocok untuk mereka yang benar-benar menyukai fotografi dan memiliki budget. Untuk orang-orang yang ingin terjun secara professional di bidang fotografi ya harus memiliki kamera DSLR. Selain itu mungkin untuk yang suka mendokumentasikan sesuatu secara professional membutuhkan kamera DSLR.

Menurut saya pribadi, kualitas foto tidak hanya tergantung dengan kualitas kamera, namun lebih ke kualitas penggunanya. Jadi jangan mentang-mentang menggunakan kamera DSLR kamu akan mendapatkan gambar yang bagus. Karena saya pernah mencoba dan hasilnya banyak yang ngeblur :D

Kesimpulan

Apabila kamu bingung untuk membeli kamera digital atau kamera DSLR, ada baiknya mempertimbangkan beberapa faktor di bawah ini
  • Kebutuhan
    Apa tujuan utama kamu membeli kamera tersebut? Hanya digunakan untuk bergaya atau tujuan yang lain? Pentingnya kebutuhan akan menentukan prioritasnya.
  • Budget
    Berapa uang yang kamu siapkan untuk membeli kamera? Jangan sampai kamu mengorbankan banyak uang hanya untuk kebutuhan yang sebenarnya kurang kamu butuhkan.
Mungkin itu saja pertimbangan saya antara membeli kamera digital atau kamera dslr. Saran saya belilah kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu. :D

Gambar: http://www.blackmagicdesign.com/products/blackmagicpocketcinemacamera/uses

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe