Tantangan 40 Hari Menulis #40dinonulis

Senin, Maret 03, 2014

Beberapa waktu lalu setelah saya kembali menggunakan blogger, saya memutuskan untuk membuat campaign #40dinonulis. Sebuah tantangan menulis untuk diri saya sendiri selama 40 hari. Bentuk tantangannya berupa publish satu artikel di blog selama 40 hari. Total tulisan yang ada ya sekitar 40 tulisan. Tantangan menulis ini  memang sengaja tidak saya sebarkan, biar gak malu kalau gagal di tengah jalan :D.

Saya sengaja tidak mengambil tantangan 30 hari / satu bulan maupun angka-angka lain meskipun sunnah rosul ambil angka ganjil karena 40 bisa dibilang angka keramat di kebudayaan Jawa :D. Biar ada sedikit kesan-kesan mistisnya gitu :D. Seperti waktu ikut kuliah umum di Salihara, Jawa memang tidak bisa dilepaskan dari mistisme :D.

Manfaat #40dinonulis ?

Ada banyak manfaat yang saya terima dari campaign yang sudah berhasil terjalani ini dan sukses karena saya lupa kalau ternyata sudah tulisan ke empat pulih. Padahal niatnya tulisan terakhir tantangan ini adalah yang sedang kamu baca. Tetapi tulisan ini merupakan tulisan ke 41.

Berikut manfaat yang saya dapatkan dari campaign #40dinonulis ini.
  • Saya terbiasa menulis hampir setiap hari. Meski kadang saya ngrapel 2 - 3 tulisan sehari supaya tetap konsisten sehari publish 1 artikel di blog pribadi.
  • Membuat saya peka dengan hal-hal kecil disekitar saya. Terkadang saya kehabisan ide untuk menulis.
    Namun karena paksaan tantangan yang sudah saya niatkan akhirnya saya kepikiran hal-hal kecil seperti tulisan saya yang berjudul Jilid Hardcover Surabaya, Cara membuat signature email, dan membuat floating menu di website. Mungkin buat saya hal tersebut merupakan hal yang sederhana, namun buat orang lain hal tersebut bisa jadi luar biasa.
  • Meningkatkan pengunjung di blog saya yang sepi ini. Berdasarkan statistik blogger sebelum saya membuat campaign ini, pageview harian blog ini hanya sekitar 200an orang. Sekarang pageview blog ini semakin bertambah :D
peningkatan statistik blog
peningkatan statistik blog
  • Menaikkan ranking blog di mesin pencari. Setelah mengikuti campaign ini, saya mendapatkan banyak pengunjung lagi dari mesin pencari dan untuk beberapa kunci yang saya tulis saat campaign #40dinonulis ini sudah nangkring di halaman 1 google :D
statistik pengunjung dari mesin pencari dalam 30 hari terakhir
statistik pengunjung dari mesin pencari dalam 30 hari terakhir
  • Menaikkan jumlah komentator. Saya kurang tahu komentar yang sering datang di blog akhir-akhir ini karena banyaknya tulisan atau karena memang hal yang saya posting mengundang pertanyaan untuk teman-teman yang membaca.
Poin-poin diatas merupakan hal yang sudah saya rasakan sampai saat ini. Saya yakin masih banyak manfaat lain yang belum terasa. Semoga saya bisa terus menulis setiap hari meskipun tantangan ini sudah selesai, karena tantangan 40 hari menulis ini merupakan awal dimana saya ingin mencoba untuk berbagi dengan siapapun khususnya pembaca blog saya. Semoga apa yang saya tulis selama 40 hari menulis dan keseluruhan isi blog dapat bermanfaat untuk siapapun yang membaca.

Siapa tahu ada teman-teman juga tertarik menantang diri sendiri dengan tantangan 40 hari menulis ini. Kalau tertantang ya silakan lakukan saja :D.

Salam


You Might Also Like

10 comments

  1. wah ,, visitornya banyak jjuga gan,,, punya aku mah gak ada yang mengunjungi,,, hihih,,, blog blim nympe satu bulan sih gan,, heheheh,,http://goo.gl/bC9EZi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini blognya sudah sejak tahun 2009 hehehe

      Hapus
  2. Hihi.. Kerenn.. Ane pengen bisa konsisten nulis, tapi gatau mood susah dikendalikan. Ane coba ah tutorial tantangannya. Ane coba 15 hari dulu.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah woro2 dulu, kalau sudah berhasil baru woro2 8-)

      Biar gak malu kalau gagal :-d

      Hapus
  3. tadinya sy juga mau nulis minimal 1 hari 1 artikel tapi karena kesibukan lain akhirnya ga kesampean ;-(
    tapi bulan ini sy coba lebih banyak meluangkan waktu biar bisa konsisten nulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang perlu mengorbankan waktu, ada konsekuensi yang harus di bayar 8-)
      Saya juga berusaha mikir tentang hal-hal yang sebenarnya sepele namun menarik untuk ditulis. Apalagi topik blog saya ini gado2 :>)

      Hapus
    2. Hal sepele buat kita belum tentu buat orang lain :d
      kalau liat situs2 besar seperti about, wikihow juga banyak nulis hal sepele kalau menurut saya *tapi lebih enak disebut hal dasar kali yah bukan sepele*

      Hapus
    3. Setuju, memang apa yang sepele untuk kita bisa jadi sangat berguna untuk orang lain, makanya ditulis aja :D

      Hapus
  4. saya juga lagi belajar2 nulis tutorial nih gan, minta infonya gmn supaya naikin traffic dunk,..baru buat 2,5 bulan nih,.. blm ada perkembangan... http://tutorialsketchup3d.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabung di komunitas dan sebarkan link tutorial disana. selama ini saya begitu :-d

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe