Belajar Membuat Plugin di Wordpress

Kamis, April 10, 2014

Saat ini saya sedang asyik belajar membuat sebuah plugin di wordpress. Pada kesempatan ini saya mau berbagi cara membuat plugin di wordpress. Untuk tutorial pertama ini saya tidak akan membuat hal yang muluk-muluk, cukup buat sebuah plugin yang bisa muncul di dalam list plugin wordpress. Bingung dengan apa yang saya maksud? Lihat screenshot di bawah ini.

Belajar Membuat Plugin di Wordpress

Tidak perlu pandai php untuk membuat sebuah plugin seperti diatas. Cukup dengan modal copy paste kamu sudah bisa membuatnya. Namun ketika plugin tersebut diaktifkan, tidak ada pengaruh apapun pada website wordpressmu. Karena apa yang saya buat hanyalah file header dari plugin. File ini berfungsi menampilkan nama plugin, deskripsi, author. Bisa dibilang ini hanyalah cover dari plugins. Siap mencobanya?

Membuat Header Plugin di Wordpress

Pertama, kamu harus sudah install wordpress di localhost. Apabila belum tahu caranya silakan ikuti tutorial install wordpress di localhost. Setelah wordpress terinstall dengan baik, buka folder plugins yang berada pada direktori wp-content/plugins.

Pada file direktori plugins, buatlah sebuah folder yang akan kamu gunakan untuk menyimpan script php plugin. Sebenarnya kamu bisa langsung membuat file php dalam folder plugins, namun supaya lebih rapi lebih baik buat folder dengan nama plugin yang kamu inginkan. Misalnya namaste-fileviewer.

Buka folder plugin yang sudah kamu buat dan buat sebuah file php di dalamnya. Misal namaste-fileviewer.php. Buka file php tersebut dan masukkan script berikut di dalamnya.
<?php
/*
Plugin Name: Nama Plugin 
Plugin URI: URL plugin
Description: Deskripsi plugin
Version: 1.0.0
Author: Pembuat plugin
Author URI: url plugin
License: lisensi plugin yang digunakan
*/
?>
Setelah kamu isi file php dengan kode tersebut, sekarang buka dashboard wordpress dan pilih installed plugin. Kamu akan menemukan plugin buatanmu ada dalam list plugin. Mudah bukan?

Untuk membuat header plugin memang mudah, namun apabila plugin yang kamu buat ingin dapat melakukan sesuatu kini saatnya kamu belajar php dan wordpress codex. Sehingga kamu bisa membuat plugin sendiri.

Semoga tulisan singkat ini bisa membantumu dalam membuat sebuah plugin unuk wordpress. Saya akan coba membuat sebuah plugin yang akan saya update terus perkembangannya di sini. Semoga bisa membantu teman-teman :D

Oleh karena itu kunjungi terus panduaji.net untuk mendapatkan tutorial terbaru dari saya entah dalam bidang apapun :D

You Might Also Like

2 comments

  1. Ini baru covernya aja ya? Kode-kodenya sudah lumayan juga ya.
    Gimana kalau sampai masuk ke pembuatan plugin-nya, pasti bakal lebih rumit lagi tuh.

    Oh ya gan, ane baru pertama kalia dengan istilah "Wordpress Codex", ini apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, baru awal saja. Bikin informasi yang muncul ketika plugin terdeteksi oleh wordpress.

      Wordpress codex merupakan manual book dari wordpress. Bisa baca di http://codex.wordpress.org/

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe