Error : libpython2.7.so.1.0: cannot open shared object file: No such file or directory

Kamis, April 10, 2014

Sebenarnya dulu saya sudah pernah menggunakan RabbitVCS di Ubuntu dan dapat berjalan dengan baik, setelah upgrade ubuntu saya tidak pernah install lagi. Berhubung sekarang sedang membutuhkannya, saya install lagi RabbitVCS. Setelah mengikuti instruksi cara install rabbitvcs di ubuntu yang pernah saya lakukan, lha kok ternyata GUI dari RabbitVCS tidak dapat berjalan.

Begitu saya coba install rabbitvcs-cli (mode terminal) saya bisa menggunakannya dengan mudah. Agak ribet buat saya apabila menggunakan mode terminal. Untuk itu saya berjuang mati-matian bagaimana caranya supaya bisa menggunakan rabbitvcs di nautilus 3.

Saya sudah coba install dengan berbagai macam cara, baik melalui ppa maupun melalui source code yang di compile. Ternyata hasilnya nihil. Bahkan sempat mengalami beberapa kali broken di sistem. Saya penasaran sebenarnya apa yang membuat RabbitVCS tidak bisa berjalan di Ubuntu yang saya gunakan.

Akhirnya saya menelusuri bugs report yang dikirimkan oleh seseorang pada repository Rabbitvcs di google code. Dari situ saya menemukan beberapa perkara, yaitu libpython2.7.so.1.0 yang harus di link. Saya sudah mencoba melakukan instruksi yang ada dalam halaman tersebut dan hasilnya nihil tetap tidak bisa.

Dari situ saya coba melakukan penelusuran lebih dalam tentang sebuah file yang bernama libpython2.7.so.1.0. Saya klik kanan file tersebut, pilih properties dan jeng jeng... ternyata broken link. Dari situ saya menyimpulkan bahwa hilangnya file ini yang kemungkinan besar menyebabkan RabbitVCS tidak dapat berjalan dengan normal di Ubuntu saya.

Akhirnya saya cari bagaimana melakukan instalasi file tersebut. Setelah mencoba mencari di google, ternyata hanya ada file dengan ekstensi .rpm. Bisa sih di convert menjadi deb dengan bantuan alien. Tapi kurang pas saja memaksakan milik fedora di debian :D.

Dari situ akhirnya saya coba untuk reinstall python2.7 melalui synaptic.
sudo synaptic

Search package python2.7 dan pilih untuk reinstall. Tunggu proses download dan instalasi selesai. Setelah itu coba restart nautilus dengan perintah
sudo nautilus -q

Buka lagi nautilus dengan mengetikkan nautilus di terminal. Apabila kamu tidak menemukan pesan error libpython2.7.so.1.0: cannot open shared object file: No such file or directory, insyaAllah libpythonmu sudah kembali lagi ke asalnya. Sehingga program yang membutuhkan library ini seperti RabbitVCS bisa berjalan dengan baik.

Semoga catatan curhat saya tentang errornya libpython2.7.so.1.0 bisa membantu siapapun yang juga mengalami hal yang sama. Good luck aja deh buat apapun yang membutuhkan library python satu ini :D

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe