Kenapa Harus Membuat Web Toko Online ?

Minggu, Mei 18, 2014

Kenapa harus membuat web toko online? Mungkin menjadi sebuah pertanyaan yang timbul dari para penjual online yang memanfaatkan jejaring sosial maupun aplikasi chating di smartphone untuk berjualan. Semoga pertanyaan tersebut bisa terjawab setelah selesai membaca artikel ini. Pastikan baca sampai habis ya :D

Beberapa waktu lalu saya membantu seorang teman membuat website toko online untuk toko online yang selama ini sudah dia jalankan melalui aplikasi chating seperti whatsapp, line, bbm dan sebagainya. Dari situ saya menemukan sebuah jawaban kenapa para penjual online di jejaring sosial perlu membuat web toko online :D.

Kenapa Perlu Membuat Website Toko Online?

Jawaban tentang perlunya sebuah website toko online untuk para penjual online di jejaring sosial berdasarkan informasi yang saya himpun dari teman yang sudah saya buatkan web toko online. Selain itu saya juga ngobrol bareng teman yang juga akan membuat sebuah website toko online.

toko online kecantikan studiocantik
Website Toko Online teman yang beralamat di studiocantik.com


Karena Website Toko Online Lebih Efektif

Bisa dibilang dengan membuat sebuah website toko online kerja kita akan lebih efektif, hal ini dikarenakan kita tidak perlu mengirimkan gambar produk-produk melalui aplikasi chating di smartphone ke calon pelanggan yang belum tentu jadi beli. Berikut curhatan teman saya yang akhirnya memutuskan untuk membuat website toko online setelah merasakan pahitnya jualan melalui aplikasi chating.
Curahan Hati Pedagang Online via Aplikasi Chat
Dengan adanya website toko online, para customer diarahkan untuk langsung membuka website supaya bisa tahu setiap jenis produknya. Sehingga penjual tidak perlu mengirimkan gambar ke customer satu persatu. Cukup upload sekali di web dan minta customer untuk lihat jenis produknya disitu.

Masa sih customer enggak bisa buka website? Kan langganan internet buat whatsappan, line an, dan bbman. Masa gak bisa buat buka websitenya? Mungkin yang pakai paket internet khusus cuma buka aplikasi chating tapi itu jumlahnya tidak begitu banyak.

Selain itu dengan upload di toko online besar peluangnya customer melirik produk lain yang juga ada di website. Apalagi toko online teman saya yang beralamat di studiocantik.com merupakan toko kecantikan wanita. Tau sendiri lah bagaimana wanita itu :D.

Lebih Professional

Banyak orang yang setuju bahwa membuat sebuah website untuk toko online dapat menunjukkan kesungguhan dan profesionalitas sebuah toko. Apalagi dengan nama domain milik sendiri dan memajang produk sendiri tanpa adanya iklan membuat website toko online lebih menjual

Banyak penipuan terjadi di jejaring sosial karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membuka lapak. Tinggal bikin 10 menit selesai. Update stok barang di website toko online juga relatif lebih mudah dibanding di jejaring sosial. Sehingga banyak orang yang lebih percaya dengan website toko online dibandingkan akun jejaring sosial biasa, terutama untuk yang belum mengenal pemilik toko online.

Toko Online di Facebook

Facebook bisa dimanfaatkan sebagai toko online yang gratis lengkap dengan menejemen gambar berdasarkan album dan sebagainya. Namun berdasarkan apa yang saya lihat, ada beberapa kelemahan dari toko online di facebook, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Tidak ada fitur pencarian produk pada halaman facebook. Sehingga membuat orang harus melihat satu persatu produk yang kira-kira diinginkan. Pengkategorian album mungkin bisa dijadikan alternatif, namun apabila jenis produknya benar-benar banyak apakah itu masih tetap efektif?
  • Produk tidak terindeks oleh mesin pencari, sehingga sulit mendapatkan pengunjung dari search engine. Karena biasanya yang terindeks adalah halaman facebook bukan produknya.

    Ini masih berhubungan dengan point pertama bahwa facebook tidak menyediakan fitur pencarian produk, maka mesin pencari menjadi alternatif pencarian produk. Sehingga apabila seseorang tidak me-like toko onlinemu mereka tidak akan tahu produk apa yang kamu jual. Selain itu kadang orang juga pikir-pikir mau ngelike toko online karena terlalu sering upload produk yang mengganggu di timeline.
  • Facebook tidak menyediakan keranjang belanja yang bisa dengan otomatis menghitung total produk yang ingin dibeli oleh calon pembeli. Mereka diharuskan untuk menghitung sendiri barang-barang yang akan dibeli
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa jejaring sosial seperti facebook telah membuka peluang bisnis online untuk mahasiswa yang tidak memiliki modal banyak. Itulah salah satu alasan kenapa toko online menjamur di facebook.

Kelemahan Website Toko Online

Sebelum membahas kelebihan toko online, saya akan coba bahas kelemahannya. Nanti dikira saya mempromosikan jasa apabila hanya menawarkan kelebihannya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat membuat website toko online
  • Relatif mahal, untuk membuat sebuah website toko online all in one lengkap beserta domain, hosting dll. Biasanya dibutuhkan biaya berkisar 600 ribu - 1 juta untuk pertama kalinya. Selanjutnya tiap tahun diharuskan membayar domain dan hosting sekitar 300ribuan.
  • Apabila baru membuka sebuah website toko online, diperlukan optimasi untuk bisa mendapatkan peringkat di mesin pencari. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa persaingan di search engine untuk beberapa jenis produk sangatlah sulit.

Kelebihan Website Toko Online

Adapun kelebihan dari website toko online jika dibanding jualan online melalui aplikasi chating maupun facebook antara lain sebagai berikut
  • Lapak lebih terorganisir sehingga mudah saat melakukan pencarian produk.
  • Bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Kombinasi Website Toko Online dan Jejaring Sosial

Perpaduan toko online dan jejaring sosial merupakan hal yang sangat baik. Banyak yang sudah membuktikannya. Membuat sebuah website toko online yang kemudian disambungkan ke halaman facebook dan disediakan informasi kontak untuk whatsapp, line, bbm dsb.

Sehingga apabila konsumen tidak memahami toko online tersebut, dia bisa dengan mudah menghubungi pemilik toko untuk bertanya tentang produk yang diinginkan. Sehingga dengan kombinasi seperti ini sebuah produk toko bisa dipasarkan dengan target pasar yang berbeda.

Kesimpulan

Kalau kamu akan membuka sebuah bisnis online, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat semua media yang sudah saya bahas diatas. Yaitu buat website toko online, jejaring sosial dan kontak via chating. 

Nanti saya akan mencoba membuat sebuah website toko online dan menjual produk secara online. InsyaAllah akan saya tuliskan perkembangan dalam membuat toko online tersebut melalui blog ini. Ini masih rencana, jangan berharap lebih. Doakan saja saya bisa mengeksekusi dan share langkah-langkahnya di blog in :D

Mungkin ada yang mau menambahi atau mengurangi tentang apa yang saya uraikan?

Salam

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe