Peluang Usaha Online di Internet Rumahan dengan Afiliasi

Jumat, Mei 09, 2014

Usaha online di internet identik dengan usaha rumahan, dimana kamu bisa menjalankan berbagai macam peluang bisnis di rumah. Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang ide peluang bisnis online untuk mahasiswa, pada kesempatan ini saya mau sedikit membahas peluang bisnis untuk siapapun bahkan ibu rumah tangga di rumah pun bisa mencobanya tanpa harus mengabaikan si buah hati.

Sebenarnya salah satu peluang usaha online di internet ini sudah pernah saya singgung sebelumnya pada postingan yang berjudul cara mencari uang dari blog. Namun pada kesempatan ini saya mau membahas lebih detail tentang cara yang disebuat afiliasi.

Mengenal Sistem Afiliasi

Menurut yang saya pahami, afiliasi merupakan salah satu sistem yang tidak jauh berbeda dengan sistem makelar. Dimana kita bisa mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang dijual. Selain itu juga ada sistem afiliasi yang mirip dengan MLM. Kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi yang dihasilkan oleh downline.

Pembagian hasil yang ditawarkan dari sistem afiliasi ini beragam, mulai dari 3% - 60% dari harga produk. Namun untuk toko online biasanya berkisar antara 3 - 10 % saja. Sedangkan keuntungan hingga 60% biasanya merupakan sebuah produk ebook, video tutorial, maupun jasa yang lain.

Berikut inforgraphic cara kerja sistem afiliasi pada umumnya


Posisi Kita Dalam Sistem Afiliasi

Dalam peluang bisnis yang saya bahas kali ini, kita berkedudukan sebagai afiliasi marketing. Dimana tugas kita bukanlah membuat produk, maupun membeli produk. Tetapi sebagai salah seorang sales dari sebuah produk. Jika bingung membayangkannya, anggap saja posisi kita sebagai SPG namun di internet.

Sebagai afiliasi di internet, biasanya kita hanya perlu membawa calon pembeli ke sebuah website untuk membeli produk yang ada di website tersebut. Kita akan mendapatkan link referal yang menandakan bahwa seseorang datang melalui link yang kita miliki. Bisa dibilang kita berada diantara penjual dan pembeli. Istilah sederhananya makelar :D

Keuntungan Sistem Afiliasi

Adapun beberapa keuntungan dari sistem afiliasi, diantaranya adalah sebagai berikut
  • Kita bisa mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan yang ada
  • Kita tidak perlu menyiapkan stok barang
  • Kita hanya perlu mempromosikan produk dengan link afiliasi yang kita miliki melalu website / blog / jejaring sosial.
Untuk mendapatkan keuntungan afiliasi yang banyak, kamu perlu memiliki sebuah fanbase / tergabung dalam sebuah komunitas khusus yang spesifik. Karena apabila tidak, akan sulit mendapatkan keuntungan yang besar dari sistem ini. Itu yang saya alami saat mencoba bisnis online ini.

Kerugian Sistem Afiliasi

Di Indonesia banyak terjadi kasus dimana seseorang sudah bekerja dengan sangat keras namun tidak berhasil mendapatkan hasil afiliasi yang memadai. Bahkan adapula yang sebaliknya, tidak begitu banyak bekerja namun mendapatkan hasil yang banyak. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Tingkat kepercayaan pengguna internet di Indonesia belum besar terhadap belanja online. Meskipun sudah tersedia website namun banyak pengguna internet di Indonesia memilih untuk langsung menghubungi pemilik toko online untuk melakukan pemesanan daripada melalui website yang sudah disediakan. Jadi posisi website tidak lebih dari sekedar buku katalog digital.

Senada dengan teman saya yang membuat toko online beberapa minggu yang lalu. Dia membuat toko online kecantikan hanya untuk memajang produk yang dijual. Karena dia capek ketika harus mengirimkan berbagai macam jenis gambar ke masing-masing calon pelanggan yang belum tentu jadi beli.

Jadi jangan heran apabila bisnis afiliasi di Indonesia tidak berkembang pesat seperti yang dilakukan oleh amazon diluar sana. 

Kesimpulan Saya tentang Bisnis Afiliasi

Saya termasuk salah seorang yang belum berhasil dengan sistem afiliasi ini. Berikut screenshot penghasilan yang masih belum pasti dari sistem afiliasi yang saya lakukan


Tidak banyak bukan penghasilan tersebut? Mungkin bisnis online afiliasi memang bukan model bisnis yang cocok untuk saya. Bisa saja kamu lebih berpeluang menghasilkan jauh lebih baik dari sistem afiliasi ini. Tidak ada salahnya untuk di coba terlebih dahulu, siapa tahu kamu bisa sukses dengan bisnis afiliasi. 

Kalau kamu bisa berbahasa inggris cukup baik. langsung coba saja sistem afiliasi di luar negeri yang bisa memberikan penghasilan yang lumayan. Seperti yang dihasilkan oleh salah seorang afiliate marketer di Indonesia. Dia bisa mendapatkan $1K per bulan dari afiliasi.

Apalagi banyak dari program afiliasi yang tidak membutuhkan uang sepeserpun. Kamu bisa mendaftar dan mendapatkan link refereal untuk kemudian bisa digunakan untuk menawarkan produk ke orang-orang di sekitarmu.

Sekian sedikit informasi yang saya miliki tentang salah satu ide peluang usaha online di internet dengan sistem afiliasi. Apabila telah sukses mencobanya jangan lupa share ceritanya ya :D

Berikut beberapa program afiliasi yang saya ikuti saat ini dan insyaAllah terbukti membayar :)


You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe