Review Internet Unlimited Pascabayar Smartfren di Surabaya

Sabtu, Mei 17, 2014

Setelah menggunkaan flexy internet unlimited selama satu tahun lebih akhirnya saya putuskan untuk menggunakan smartfren (lagi). Karena pada saat itu jaringan flexy sedang tidak stabil bahkan sampai beberapa hari tidak dapat digunakan. Setelah melakukan cek jejaring sosial flexy yang juga sudah tidak ada update setelah 31 Maret.

Sempat mencoba internet unlimited dengan smartfren kuota 5Gb, namun dalam waktu 2 minggu habis. Sepertinya memang kebutuhan data yang saya gunakan cukup besar. Untuk itu setelah menimbang kebutuhan, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan smartfren pascabayar. Sebuah layanan smartfren yang menurut saya sama saja dengan prabayar. Kok bisa? Nanti akan saya coba jelaskan. Oke, langsung saja saya mulai review layanan internet unlimited smartfren pasca bayar yang sudah saya gunakan sekitar satu bulan ini.

Pendaftaran Kartu Smartfren Pascabayar

Form Pendaftaran Smartfren
Form Pendaftaran Smartfren
Untuk melakukan pendaftaran kartu smartfren pascabayar, disarankan untuk langsung ganti kartu dan nomor baru. Karena apabila menggunakan nomor smartfren lama akan membutuhkan waktu beberapa hari. Sedangkan apabila daftar baru langsung jadi saat itu juga :D.

Saya datang ke gallery smartfren di daerah Mulyosari dan mencoba mendaftarkan diri. Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar pasca bayar smartfren antara lain sebagai berikut
  • KTP Asli (domisili KTP tidak harus di tempat mendaftar, saya KTP luar Surabaya namun tetap di layani di Surabaya)
  • Uang tunai sebesar 250ribu (digunakan sebagai DP, nanti saya jelaskan peruntukannya)
  • Materai 6 ribu 1 lembar (buat jaga-jaga apabila di kantor smartfren tidak ada)
  • Alamat dan no telp dari salah seorang saudara yang tidak serumah (nanti saya jelaskan)
Yang membuat layanan smartfren pascabayar ini sama saja dengan prabayar adalah pembayaran uang dimuka. Kita diharuskan menyimpan deposit sebesar 250 ribu. Istilah gampangnya, kita harus membeli pulsa sebesar 250ribu. 

Sepertinya hal ini digunakan sebagai jaminan kepada pendaftar pascabayar. Karena apabila saat jatuh tempo pembayaran nomor smartfren namun kita belum membayar, uang jaminan kita sebesar 250 ribu ini akan dipotong sejumlah tagihan. Tapi tenang saja,kalau kamu ingin berhenti langganan kartu pascabayar, uang sebesar 250 ribu akan dikembalikan (jika tidak ada tagihan yang nunggak).

Materai 6ribu digunakan untuk form pendaftaran, kebetulan saat itu tidak ada materai di gerai smartfren, akhirnya saya harus jalan kaki mencari toko yang menyediakan materai. Untung enggak jauh dari gerai ada toko yang menjual materai. Makanya buat jaga-jaga mending mampir buat beli materai 6ribu.

Untuk masalah alamat dan nomor telp dari saudara yang tidak serumah merupakan salah satu persyaratan yang ada di formulir. Tulis saja terserah, kalau bisa saudara dekat. Informasi ini digunakan untuk menghubungi pelanggan apabila tidak berhasi menghubungi informasi kontak yang dicantumkan. Jangan ngawur ya ngisinya :D.

Setelah melengkapi isi form dan kamu bisa dengan leluasa memilih nomor pascabayar. Saya tidak mau ambil pusing soal nomor karena cuma buat modem. Pemilihan nomor sepenuhnya saya serahkan ke CS wanita yang tampak menarik dengan setelan baju warna merah smartfren :D.

Setelah itu sekalian saya minta tolong untuk mengatur kartunya supaya tidak bisa digunakan untuk telepon maupun smsan, karena niatnya memang cuma digunakan untuk modem saja. Tidak sampai disitu, saya juga masih minta tolong lagi untuk di set berlangganan internet unlimited pascabayar dengan biaya langganan 90ribu / bulan. Berikut daftar harga paket internet unlimited smartfren pascabayar

Paket Internet Smartfren Pascabayar

Pasca bayar smartfren
Pasca bayar smartfren

Kesimpulan

Pendaftaran layanan pascabayar smartfren sangat mudah. Tidak memerlukan slip gaji, peninjauan ke rumah dan kartu kredit, dll. Cukup datang dan bawa uang 250 ribu sudah bisa mendaftarkan diri sebagai pelanggan pascabayar.

Review Internet Unlimited Smartfren Pascabayar

Saya menggunakan langganan paket data Super Basic, dimana hanya mendapatkan kecepatan download sekitar 80 - 100 KBps. Memang kecepatan itu yang saya dapatkan, begitu kecepatan tersebut habis, langsung mendapatkan kecepatan sekitar 20 KBps. Cukup drastis memang tapi lumayan.

Beberapa waktu lalu saya tidak bisa mengakses beberapa situs dengan layanan smartfren ini (semua google product seperti adwords, drive, docs, gmail, dll). Namun begitu saya menggunakan VPN (baca cara menggunakan VPN) saya bisa mengaksesnya dengan kecepatan penuh. Alhamdulillah sekarang semua sudah kembali lagi dan lancar untuk diakses

Overall kecepatan lumayan baik, namun sayangnya terkadang saya mengalami jaringan tidak stabil. Selama 1 menit internet jalan, 1 menit internet mati. Siklus tersebut terulang dan nampak begitu jelas di network monitor yang ada di laptop saya. Ini merupakan salah satu siklus yang sering terjadi. Saya kurang tahu apakah ini wajar. Padahal saya berada di lokasi yang sama dengan setiap hari.

Jaringan yang tidak stabil
Jaringan yang tidak stabil 
Ada satu hal lagi yang tidak saya ketahui, kapan waktu reset FUP hariannya (Baca FUP / Kuota dalam paket data Internet) ? Saya pernah menunggu sampai jam 1 pagi demi mendapatkan FUP, ternyata setelah disconnect dan connect internet lemot banget. Bahkan saya juga pernah mengalami beberapa kali tidak menggunakan internet dari pagi sampai malam, tapi begitu saya coba malam di tempat yang sama dengan biasanya ternyata kecepatan yang saya dapatkan sama dengan kecepatan ketika kuota FUP habis. 

Kesimpulan

Kalau dikatakan puas belum puas sih, dapet skor 7 deh menurut saya. Jaringan belum merata, ketika saya coba di Blitar kota di beberapa tempat yang masih dalam area kota saja hanya mendapatkan sinyal CDMA, Evdo hanya ada di dekat pusat kota. Padahal tidak begitu jauh. Sepertinya masih ada permasalahan dalam jaringannya.

Pembayaran Pascabayar

Untuk melakukan pembayaran bisa menggunakan internet banking dari BCA. Kata CS, biasanya bill dikirim pada tanggal 1 - 10, namun saya baru menerima bill di email pada tanggal 13 Mei kemarin. Pertamanya saya takut ada kesalahan saat mendaftarkan email untuk pengiriman billing, karena bisa dibilang email saya begitu aneh :D. Saya sudah siap-siap bertanya ke smartfren apabila sampai tanggal 16 belum mendapatkan tagihan.

Ketika saya mau membayar tagihan saya juga dikagetkan smartfren. Kok tagihan yang muncul cuma 45 ribu saja (baik di bill yang dikirim via email maupun internet banking) ? Berarti setengahnya tagihan yang harus saya bayar dong? Saya memiliki dua spekulasi untuk hal ini, diantaranya adalah sebagai berikut
  • Langganan dihitung tengah bulan, karena saya mulai mendaftar langganan ini tanggal 16 Mei
  • Sedang ada diskon layanan internet pasca bayar sebesar 50%.
Bayar pascabayar smartfren
Bayar pascabayar smartfren

Namun kedua spekulasi diatas mungkin tidak masuk akal juga. Entahlah saya sendiri kurang tahu. Apabila siklus ini berlangsung setiap bulan, jauh lebih mending pakai pasca bayar karena untuk pakai internet sepuasnya cukup bayar 45 ribu per bulan. Lebih murah dibanding dengan yang kuota 2 Gb selama sebulan :D

Kesimpulan secara Keseluruhan

Untuk langganan internet unlimited dengan harga terjangkau dan kecepatan yang lumayan mending pakai smartfren pascabayar, terutama untuk yang menggunakan kartu CDMA. Meski terkadang jaringan tidak stabil lumayan lah. Bisa digunakan sepuasnya. Bintang 3 deh buat smartfren pascabayar. Kalau yang smartfren prabayar enggak recomended buat yang gak mau dibatesin kaya saya.

Mungkin ini review singkat tentang penggunaan smartfren selama sebulan ini. Kalau ada yang mau isi nomor referensi di form pendaftaran boleh deh pakai nomor smartfren saya. Meski saya enggak tahu apakah ada dampaknya untuk akun saya. Siapa tahu saja bisa dapet souvenir :)). PM yak buat nomer smartfren saya. wkwkwk #ngarep

You Might Also Like

8 comments

  1. gimana mas setelah bulan2 berikutnya? itu tagihannya tetep 45ribu? atau jadi 90ribu lagi sesuai harga paket? itu kira2 kenapa cuma 45ribu ya? apa ada diskon untuk pemakaian bulan pertama gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan berikutnya kena 90 ribu rupiah mas e. kurang tahu juga kenapa kena 45 ribu. Mungkin karena aku daftarnya pas pertengahan bulan ya? hehe

      Hapus
  2. saya juga kebetulan pengguna flexi mobile broadband, udah hampir 3 taun pake flexi, cuma skarang flexi udah tutup. jadi masih bingung nyari penggantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai smartfren pascabayar aja mas, lumayan enak kok. Saya nyari unlimitednya biar enggak dibates batesin. kecepatan enggak terlalu penting buat saya. hehe

      Hapus
  3. mas, mau tanya apa sampean masih pake? masih tetap reliable ga nih? mau coba, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih pakai sih, tapi udah jarang banget kepake. Aku cuma pakai kalau lagi keluar kota aja. Kalau dirumah udah pakai speedy.

      Hapus
    2. masih bagus kan mas pelayanannya? tagihan tiap bulan juga tetap?

      Hapus
    3. Udah jarang make mas, kalau tagihan setiap bulannya masih tetap

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe