Peluang Bisnis Online Mahasiswa Membuat Tutorial

Sabtu, September 13, 2014

Dunia online memberikan banyak sekali peluang usaha sampingan untuk siapapun yang mau terjun di dalamnya, seperti mahasiswa. Pada kesempatan ini saya mau berbagi salah satu peluang bisnis online untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan, yaitu membuat tutorial.

Beberapa waktu lalu seorang teman di kampus meminta bantuan saya untuk mencairkan uang yang dia dapat dari bisnis online, yaitu membuat sebuah tutorial editing foto. Jumlah yang didapatkan pun bisa dibilang cukup besar, yaitu sekitar $180 untuk sebuah tutorial editing foto. Jika di kurs ke dalam rupiah sekitar 2 juta rupiah. Itu baru satu tutorial, kalau lebih? Tinggal mengalikan saja :)

Kok Bisa Dapat Banyak?

Hasil Akhir Tutorialnya
Hasil Akhir Tutorialnya
Saat pertama dimintai tolong oleh teman saya juga termasuk orang yang kaget. Untuk sebuah tutorial kok bisa dapat segitu banyak ya? Padahal saya dulu pernah menulis tutorial untuk majalah nasional pun dapatnya enggak sampai segitu. Akhirnya saya coba untuk gali lebih lanjut dan akhirnya saya paham kenapa untuk sebuah tutorialnya dihargai sekitar 2 jutaan rupiah.

Tutorial yang dibuat adalah tutorial editing foto berbahasa inggris untuk member premium di salah satu situs penyedia layanan pembelajaran editing foto. Selain itu, bisa dibilang ini tutorial yang cukup panjang. Teman saya bercerita bahwa tutorialnya harus memiliki minimal 100 langkah.

Kualifikasi Tutorial

Ada beberapa kualifikasi tutorial yang harus dipenuhi apabila kamu ingin mengajukan proposal tutorial, diantaranya sebagai berikut
  1. Tutorial harus asli buatan sendiri. Bukan membuat ulang tutorial yang sudah ada saat ini. Apabila memang tertarik, saya sarankan untuk membuat sebuah proyek editing foto yang menggabungkan berbagai macam teknik. Apabila tutorialmu di terima, kamu tidak boleh menjualnya atau mempublikasikan tutorial tersebut di website lain
  2. Tidak melanggar ketentuan hak cipta. Pastikan semua konten yang kamu edit di dalamnya tidak melanggar hak cipta. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan konten yang diambil sendiri. Seperti yang teman saya lakukan. Semua footage diambil sendiri
  3. Jangan lupa mencantumkan sumber inspirasi apabila kamu terinspirasi dari karya orang lain.
  4. Teknik editing yang digunakan bukan termasuk metode destruktif. Saya bingung menjelaskan poin ini :D
Bisa dibilang kualifikasinya sederhana, ini merupakan kualifikasi umum untuk submit proposal. Untuk detail teknis pembuatan tutorial akan dijelaskan apabila proposal yang kamu ajukan diterima. Nantinya pembayaran dikirimkan melalui paypal.

Buat yang penasaran seperti apa tutorial yang pernah dibuat teman saya, berikut ada video behind the secenenya yang bener-bener niat banget :D. Biar tahu bagaimana kira-kira tutorial yang dibuatnya


No Pict = Hoax ?

Sekarang lagi musim istilah no pic = hoax, alias kalau tidak ada gambarnya berati tipu-tipu. Berikut saya lampirkan screenshot pembayarannya

Bukti Pembarayan Tutorial
Bukti Pembarayan Tutorial
Masih enggak percaya? Yasudah kalau begitu. Jangan lupa ya, ini tutorialnya pakai bahasa Inggris. Jadi kalau tertarik ngikutin jangan lupa juga nulis tutorial berbahasa inggris :D. Kalau bahasa Indonesia sepertinya enggak terlalu banyak deh peminatnya.

Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa

Jika kamu memang bukan ahli di bidang ini, mungkin kamu punya keahlian di bidang lain. Terutama untuk bidang Multimedia banyak sekali kesempatan seperti ini. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam peluang bisnis online mahasiswa tanpa modal. Karena bidang multimedia identik dengan kreativitas dan ide. 

Sehingga modal yang dibutuhkan hanyalah ide dan kreativitas saja. Semoga bisa menginspirasi teman-teman yang memang saat ini terjun di dunia ide. Lumayan bisnis online membuat tutorial bisa dijadikan kerja sampingan.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe