Booking Tiket Kereta Api Online

Sabtu, Oktober 18, 2014

Booking Tiket Kereta Api Online - Beberapa hari lalu saya berniat bepergian dari Surabaya menuju Jogjakarta menggunakan moda transportasi Kereta Api. Berhubung lagi males pergi ke stasiun dan masih malas mampir Indomaret untuk beli tiket, karena kepastian keberangkatan yang belum pasti. Akhirnya saya browsing jadwal keberangkatan kereta dari Surabaya ke Jogjakarta.

Daftar Kereta Api Ekonomi Surabaya - Yogyakarta

Dari hasil browsing di buku jadwal kereta api yang saya dapatkan beberapa waktu lalu secara gratis di Stasiun Kereta Api Blitar, saya menemukan 4 alternatif kereta yang bisa dipilih untuk pergi ke Jogja, diantaranya

Kereta Api Pasundan

Kereta api dari Surabaya Gubeng dengan tujuan akhir Bandung ini melewati Yogyakarta. Berangkat dari Surabaya pukul 09.10 dan sampai di Jogja sekitar pukul 13.54. Berhenti di stasiun Lempuyangan Jogja

Harga Tiket: Rp. 55.000

Kereta Api Logawa

Kereta api dari Jember tujuan Purwokerto ini melintasi Surabaya dan Yogyakarta, sehingga bisa dijadikan pilihan apabila ingin bepergian dari Surabaya ke Yogyakarta. Tiba di Surabaya Gubeng pada pukul 08.42 dan berangkat menuju Yogya pada pukul 09.40 akan tiba di stasiun Lempuyangan pada pukul 14.53

Harga Tiket: Rp. 50.000

Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan

Merupakan kereta api dari Surabaya Gubeng menuju Pasar Senen Jakarta. Berangkat dari Surabaya pada pukul 12.00 siang dan tiba di Lempuyangan pada pukul 16.50.

Harga Tiket: Rp. 55.000

Kereta Api Sri Tanjung

Merupakan kereta api dari Banyuwangi menuju Lempuyangan. Kereta tiba di stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 13.01 dan berangkat pada 13.30. Sampai di Lempuyangan sekitar pukul 19.00.

Harga Tiket: Rp. 50.000

Jadwal diatas berdasarkan buku jadwal perjalanan kereta api 2014 yang saya dapatkan di stasiun Blitar secara gratis. Jika berminat, coba deh minta di bagian pusat informasi. Harga didapatkan dari website resmi kereta api. Jadwal dan harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, jadi jangan salahkan saya apabila ternyata ada perubahan :D

Buku Jadwal Perjalanan Kereta Api 2014
Buku Jadwal Perjalanan Kereta Api 2014

Booking Tiket Online di Website Resmi KAI

Saya coba booking tiket online di website KAI, meski ada tiket tersedia saya tidak menemukan tombol atau menu untuk booking tiket. Mungkin karena saya mau beli tiket H - 1 hari, saya tidak bisa melakukannya di website PT. KAI. Karena di bawahnya tersedia tulisan 
Reservasi dapat dilakukan 2x24 jam sebelum kereta berangkat
Namun hari ini saya coba cek lagi, meski kursi masih tersedia namun saya tidak bisa melakukan booking langsung di website resmi KAI. Berikut screenshotnya

booking tiket di KAI
booking tiket di KAI
Dari gambar diatas saya menyimpulkan sendiri entah benar atau tidak. KAI memiliki kebijakan bagi-bagi tiket dengan pihak ke 3 seperti Indomaret, TIKET.COM dan yang lain. Sehingga apabila di website KAI tidak bisa dipesan, kita bisa membeli melalui pihak ketiga tersebut. Entah berapa jatah kursi yang dimiliki oleh KAI dalam menyediakan tiket.

Booking Tiket di Indomaret

Setelah beberapa hari lalu saya akhirnya memutuskan untuk membelikan tiket di Indomaret. Saya mencoba di dua Indomaret namun tidak ada yang berhasil. Indomaret pertama jaringannya sedang bermasalah, padahal saya lihat hal tersebut dikarenakan kiosnet (kalau tidak salah) sedang not responding minta di restart.

Di Indomaret kedua saya tidak bisa menemukan tiket yang dimaksud, kata mbak-mbak di Indomaret berarti tidak ada jadwal kereta yang berangkat pak (pasang muka bapak-bapak). Saya tunjukkan halaman website di KAI padahal masih ada tiket yang tersedia. Mbaknya langsung diem :D.

Booking di TIKET.COM

Karena sudah malam, akhirnya saya putuskan pulang dan coba beli melalui tiket.com. Saya daftar dan berhasil membeli tiket disitu yang ternyata tinggal 1 tempat duduk terakhir di gerbong paling belakang. Mungkinkah masing-masing penyedia tiket punya kuota tersendiri dalam menjual tiket? Sehingga sisa 1 kursi tersebut tidak bisa saya dapatkan di Indomaret? Hanya mereka yang tahu :D.

Kalau sudah fix mau memesan tiket jangan ragu untuk langsung membelinya, kenapa? Kemarin ketika mau memilih kursi untuk kereta dari Jogjakarta menuju Surabaya, saya mendapati tiap gerbong masih ada yang kosong sekitar 60 kursi. Namun setelah asyik memilih tempat duduk, saya gagal mendapatkan kursi yang sudah saya pilih. Kemudian saya coba refresh lagi dan ternyata dari 1 kereta yang tadinya masih ada ratusan kursi, tersisa tinggal 20an kursi saja. Amazing kan?

Seperti di Indomaret, ternyata dikenakan biaya admin sebesar Rp. 7.500 rupiah. Namun ketika bayar via klikbca saya dikenakan biaya Rp. 4000. Jadi total yang saya bayar Rp. 66.500. Lumayan lah :D
bayar via klikbca
bayar via klikbca
Setelah melakukan pembayaran, akhirnya saya mendapatkan kode bookingnya. Berikut kode bookingnya tiket yang saya dapatkan.

Booking tiket di tiket.com
Booking tiket di tiket.com
Karena diatasnya terdapat tulisan cetak voucher ini dan tukarkan dengan tiket kereta api di stasiun online terdekat. Dari situ saya kepikiran, masa sih harus di print? Apa tidak bisa dengan hanya menunjukkan kode booking saja seperti kalau mau naik pesawat.

Daripada ragu, akhirnya saya tweet admin tiket.com untuk menanyakan hal ini.

twitteran sama adminnya
twitteran sama adminnya
Karena sudah kata adminnya, akhirnya saya pagi sebelum berangkat harus mencari tempat print-printan. Memang banyak sih di area ketintang. Karena printer sudah tidak pernah dipakai setelah selesai print buku tugas akhir. Setelah mencetak voucher tersebut saya menuju stasiun. 

Saya mampir di di st. Gubeng baru untuk cetak file PDF tersebut, lagi males ke gubeng lama karena masih mau mampir ke sebuah tempat terlebih dahulu. Sesampainya di st. Gubeng baru saya membaca loket kok tidak ada ya penukaran online. Padahal untuk kelas gubeng baru harusnya ada. Setelah tolah-toleh cari security buat tanya tidak nemu, akhirnya saya berjalan di sisi lain. Terdapat komputer yang bertuliskan self printing (kalau tidak salah). Itulah tempat pencetakan tiket kereta api.

Saya cukup memasukkan kode booking dan tiket bisa dicetak tanpa harus ditukarkan ke petugas. Jadi merasa ditipu sama admin twitter tiket.com :D. Setelah itu di stasiun gubeng lama, fasilitas print tiket sendiri juga sudah disediakan.

Komputer yang disediakan untuk cetak tiket sendiri
Komputer yang disediakan untuk cetak tiket sendiri di stasiun gubeng baru
Benar-benar selfprinting. Tetapi di stasiun Lempuyangan Jogja, ada seorang petugas wanita yang bisa membantu mencetakkan tiket. Kebetulan ada bapak-bapak yang di printkan oleh petugas tersebut, begitu giliran saya, saya langsung ditinggal :D. Yowes ngeprint dewe wae :D meski petugas tersebut hanya berpindah posisi. Sepertinya petugas tersebut hanya untuk orang-orang yang kebingunan saja.

Self Print tiket di st. Lempuyangan
Self Print tiket di st. Lempuyangan
Itulah pengalaman pertama booking tiket kereta api secara online yang pertama :D. Mungkin kamu punya pengalaman lain saat mencoba fasilitas semacam ini :D? Kalau bingung mau naik kereta api, kamu bisa cek pakai widget di bawah ini.

Cek Jadwal, Rute dan Harga Kereta Api




You Might Also Like

2 comments

  1. terimakasi mas, sangat membantu. saya baru saja menyelesaikan transaksi tiket kereta mengikuti pandauan mas, Oya untuk kode bookingnya apakah nanti dikirim lewat email?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang rasanya bisa membantu. Iya mbak, kode booking akan dikirim via email :)

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe