panduaji

Kategori: Dolan

Piknik Asyik di Purwodadi

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Piknik Asyik di Purwodadi – Setelah lulus kuliah, kini saya benar-benar menjadi pengangguran. Banyak sekali hal yang sudah saya rencanakan sebelumnya, namun juga banyak hal yang terencana secara tiba-tiba. Hidup memang menarik, kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok :D.

Pada tulisan ini saya mau berbagi cerita tentang piknik asyik di Purwodadi bersama belasan teman seperjuangan. Untuk menuju lokasi ini, dibutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam menggunakan kendaraan pribadi (baca: motor) dari Surabaya.

Lokasi piknik sudah kami tentukan sejak dulu kala, yaitu Kebun Raya Purwodadi namun belum pernah terlaksana. Kami hanya ingat satu nama, yaitu +Agil Pradhita setiap melewati kebun raya ini. Ada sedikit rasa berdosa karena beberapa kali pergi ke Malang yang notabene lebih jauh tetapi tidak bisa mempir untuk mengobati rasa penasaran Agil.

Kebun Raya Purwodadi merupakan sebuah kebun penelitian dengan luas mencapai 85 hektar. Berada di daerah Purwodadi, Kab Pasuruan, Jawa Timur.

Perjalanan ke Purwodadi

Sebelum melakukan perjalanan, adapun yang kami persiapkan adalah bekal dari rumah. Selain itu tidak lupa juga membawa tikar untuk bersantai di lokasi. Perjalanan dimulai dari rumah seorang kawan, sebut saja Rojak di area Gedangan. Kami berangkat pukul 10.00 dan sampai di lokasi pada pukul 11.00.
Kondisi jalan dekat area purwodadi agak macet, karena ada proyek aspal jalan yang sedang berlangsung di siang bolong yang benar-benar panas. Padahal bayangan saya perjalanan ini tidak akan terkena macet lantaran proyek aspal jalan dilakukan pada malam hari. Ternyata itu semua salah.
Aspal jalan di siang hari
Untuk yang tidak membawa bekal apapun, saya sarankan untuk membeli di luar. Karena tidak banyak yang berjualan di dalam. Mungkin karena kami datang pada hari Selasa, bukan hari libur sehingga banyak fasilitas yang tidak ada.

Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

Loket Masuk
Kita bisa dengan mudah menemukan loket penjualan tiket begitu masuk area kebun raya ini. Adapun tiket masuk untuk 1 motor dengan 2 pengendara adalah 15 ribu. Perhitungannya sebagai berikut
  • Tiket Masuk 1 Orang Rp. 6.000
  • Tiket Parkir Motor Rp. 2.000
  • Sumbangan PMI Rp. 1.000
Selain tiket diatas ada beberapa paket foto wedding, shooting yang di bandrol dengan sejumlah harga, saya tidak hafal dengan harganya. Selain itu mobil bisa masuk dan parkir di dalam, namun sayangnya pilihan ini tidak berlaku untuk para pengendara motor seperti kami.
Selain itu persewaan sepeda sedang tidak buka, mungkin karena buka weekend. Alhasil kami hanya bisa berjalan kaki untuk bisa berkeliling area seluas 8 hektar tersebut. Ingin naik kereta kelinci, namun sedang digunakan bahkan antre oleh para pelajar cilik dari salah satu sekolah dasar di Surabaya.

Kemarin saya bertanya kepada petugas tentang jam buka tempat ini, Kebun Raya Purwodadi buka dari pukul 07.30 sampai pukul 16.00.

Menikmati Purwodadi

Setelah masuk area kebun raya, kita akan disuguhkan sebuah pemandangan jalan lurus beraspal yang berujung. Cukup jauh ternyata,
Gerbang masuk kebun raya purwodadi

Berhubung sudah adzan dhuhur, kami putuskan untuk sholat dulu di mushola yang ada dalam area komplek kebun raya. Secara sekilas, mushola ini dibuat seadanya, dengan fasiltas yang juga minim. Tapi untuk mushola ini masih layak digunakan.

Air yang ada di penampungan air benar-benar dingin menyegarkan. Seolah panas selama perjalanan sirna ketika merasakan dinginnya air ini :D.
Berhubung tidak tahu ada apa saja di dalam area ini, kami putuskan berjalan-jalan mencari tempat yang cukup nyaman untuk menggelar tikar dan menikmati santapan yang sudah di bawa dari rumah.
Area ini dipenuhi dengan berbagai macam jenis pohon yang tinggi-tinggi, beberapa pohon tampak hijau, namun di sisi sebelah timur terdapat area dimana pohon-pohon sedang meranggas dan tampak gersang. Buat kamu yang pengen cari tempat yang agak hijau saat musim kemarau, mending coba ke area barat.
Terdapat banyak sekali spot-spot keren buat foto komersil, pantas saja ada bandrol harga untuk kelas professional. Berikut beberapa penampakan dari spot-spot yang tidak terlalu jauh dari pintu masuk

Spot foto yang asyik

Spot foto lainnya

Menikmati Piknik

tempat gelar tikar piknik :D
tempat gelar tikar piknik 😀
Dengan menggelar tikar di salah satu pohon yang cukup rindang meski tidak terlalu tinggi. Namun pohon tersebut bisa membiaskan panas matahari yang berada di ubun-ubun. Lumayan lah. Kami makan siang bersama beratapkan daun dan hembusan angin sepoi-sepoi.

Bekal Piknik

Bernostalgia dengan iringan rancangan mimpi yang entah kapan tercapai. Moment-moment yang mungkin akan sulit untuk diulang. Entah kenapa, sepertinya piknik memang bukanlah hobi sebagian orang di Indonesia. Di luar negeri, banyak orang yang suka sekali piknik, bahkan alat untuk piknik pun laku keras dan menjadi most funding project di kickstater. Namanya Coolest Cooler, saya pun masih mikir-mikir untuk membelinya. Ini video alatnya

Gimana? Asyik kan? Kembali lagi ke cerita. Setelah menikmati makan siang bersama, jam pun bebas. Ada yang jalan-jalan sambil foto-foto. Saya sempat ikut tapi tidak terlalu jauh. Saya memilih kembali ke tempat dimana kita menggelar tikar, merebahkan diri sambil cerita berbagai macam rencana bersama beberapa teman yang juga memilih untuk tiduran :D.

Bersantai setelah makan siang

Kembali dari Purwodadi

Foto bareng setelah beres-beres dan bergegas pulang
Foto bareng rombongan setelah beres-beres dan bergegas pulang
Jam sudah menunjukkan pukul 15.00 ketika kami berniat meninggalkan kebun raya ini. Overall tempat ini cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga. Bisa juga outbond dan berbagai macam kegiatan outdoor lainnya.
Jangan lupa untuk membersihkan sampah yang sudah kita hasilkan selama di lokasi. Di pinggiran dekat jalan banyak terdapat bak sampah. Jadi kita tidak kesulitan untuk membuangnya.
Tidak ada hambatan yang berarti ketika pulang, pengaspalan di hentikan untuk sementara waktu, mungkin karena jam sibuk takut menimbulkan kemacetan yang berelbihan. Jalan menuju lokasi pun sudah semakin bagus dengan adanya aspal jalan yang baru ini.
Sebenarnya ada banyak sekali stok gambar yang bisa diupload, tapi nanti halaman ini jadi super duper berat. Semoga gambar-gambar yang di upload di sini bisa mewakili tempat yang saya kunjungi.

Kesan Tentang Kebun Raya Purwodadi

Di area ini terdapat peta yang benar-benar membingungkan (sayangnya foto petanya sudah dihapus oleh teman saya). Saya dan beberapa teman pun dibuat kebingungan dalam membaca petanya. Mungkin akan bagus kalau disediakan semacam becak hias seperti di aloon-aloon selatan jogja, namun tidak perlu menggunakan lampu, karena hanya digunakan di siang hari.
Tiket masuk yang cukup murah cocok untuk dipilih sebagai destinasi wisata bersama. Sangat tidak disarankan untuk pacaran berduaan di sini, karena banyaka anak-anak yang bermain di tempat ini bersama rombongannya. Area parkir sangat luas bisa menampung banyak sekali bis pariwisata.
Saya kurang tahu fasilitas apa saja yang ada dalam area ini, penempatan informasinya sepertinya perlu diperbaiki. Karena ketika masuk ke tempat ini kami benar-benar tidak tahu mau kemana dan ada apa saja di tempat ini. Lokasinya pun ada di mana juga tidak tahu.
Sepertinya lebih asyik datang ke tempat ini ketika musim hujan baru selesai, suasana yang hijau tampak begitu nyaman untuk dipandang. Area masih sangat luas, mungkin kami baru menjelajahi seperempat bagiannya saja. Next time mungkin akan kesini lagi 😀
Shopee Lovember

6 thoughts on “Piknik Asyik di Purwodadi”

1. wih ada mbak uchik sama mas brian, salam dari jurusan sebelah mas hehe, monggo mampir kalau berkenan di travel blog saya –> thank you 😉

2. Wah piknik yang menyenangkan…
    Boleh tahu mas jurusan apa kuliahnya…
    asyik juga sudah lulus, pingin juga rasanya cepet lulus…

• Padahal setelah pinkik yang masih sering ketemu orang itu :D. Tapi sekarang sudah melanglang buana ke perantauan :D.

Dulu kuliah di Jurusan Multimedia Broadcsting, emang enak kalau udah lulus. Kuliah bener-bener enggak enak deh 😀