Cara Praktis Pasang Kode Pemrograman di Blog / Web

Jumat, Desember 05, 2014

Cara Praktis Pasang Kode Pemrograman di Blog / Web - Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan web maupun blog yang berisi berbagai macam tutorial pemrograman, terutama untuk pemrograman dasar yang banyak dicari pemula. Awalnya saya juga pernah menulis tutorial pemrograman, namun sekarang sudah jarang coding, jadi juga jarang nulis tentang pemrograman lagi.

Beberapa waktu lalu saya menulis tutorial cara membuat halaman contact us di blogger, ada beberapa orang yang kesulitan untuk menghapus beberapa bagian kode yang ada di template blogger.

Salah satu hal yang saya benci di blogger adalah menuliskan tutorial lengkap dengan kodenya yang berupa html. Apabila saya menuliskan kode html langsung di kolom blogger, maka kode tersebut akan langsung dibaca sebagai sebuah kode html, bukan teks dimana seseorang bisa melihat kodenya melalui postingan blog. Untuk itu saya harus melakukan parsing terlebih dahulu.

Untuk pengguna wordpress mungkin bisa dengan mudah menggunakan plugin yang ada seperti syntax highlighter, namun untuk pengguna blogger tidak ada plugin semacam itu. Mungkin bisa dengan membuat kode javascript dll.

Gunakan Pastebin untuk Embed Berbagai Macam Kode Pemrograman di Blog

pastebin
Pastebin, merupakan salah satu layanan yang copy paste tool yang sudah ada sejak tahun 2002. Sebenarnya saya sudah seringkali menemukan kode tutorial di halaman ini, namun belum pernah terfikir oleh saya untuk menggunakan kode layanan ini untuk embed berbagai macam kode pemrograman di blog.

Pastebin menyediakan berbagai macam fitur dimana kamu bisa memilih berbagai macam syntax dari bahasa pemrograman. Fitur ini dapat membantu pembaca blog lebih mudah membaca tutorial pemrograman yang ada, karena secara otomatis akan ada beberapa kode berwarna sesuai dengan aturan yang ada pada masing-masing bahasa pemrograman.

Untuk menempelkan kodenya pun cukup singkat, saya lebih suka menggunakan javascript daripada menggunakan yang lain. Cukup menggunakan satu baris kode javascript, kode dari bahasa pemrograman yang kita buat tadi sudah bisa ditampilkan di blog.

Penasaran? Langsung aja buka halaman pastebin untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur-fitur yang disediakan oleh layanan ini. Untuk penggunaan personal, akun gratisan saja sudah lebih dari cukup. Tapi kalau kamu mau akun berbayar ya monggo ;)

Selamat mencoba dan semoga kamu bisa semakin mudah menempelkan tutorial dalam bentuk kode html, maupun bahasa pemrograman yang lain di blogmu.


You Might Also Like

2 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe