My Ideal Japanese Winter Vacation

Selasa, Februari 24, 2015

Liburan ke Jepang? Kedengarannya memang menggiurkan. Namun yang bikin puyeng adalah biaya yang harus dikeluarkan kalau mau pergi ke sana. Kalau enggak perlu mikirin biaya untuk pergi ke sana ya beda lagi :D

Kali ini aku mau cerita tentang mimpi liburan di Jepang yang asyik ketika musim dingin. Kenapa kok musim dingin? Aku penasaran dengan yang namanya salju. Seperti apa sih dinginnya? Di Indonesia kan enggak pernah bersalju. Meski kedengarannya serem, enggak ada salahnya buat sesekali nyobain sensasi mengenal salju.

Karena ini cuma mimpi yang semoga terkabul, aku bakal cerita hal-hal menarik yang pengen aku rasakan ketika liburan ke Jepang saat musim dingin. Aku enggak bakal cantumin harga karena ini cuma mimpi yang semoga terwujud tanpa aku harus mikirin biayanya juga :D

Menikmati Jepang saat Musim Dingin

As usual, menentukan tujuan hukumnya wajib! Itu merupakan hal pertama yang harus aku tahu terlebih dahulu. Sehingga segala sesuatunya bisa disiapkan sesuai dengan tujuan yang ingin dikunjungi. Berikut hal-hal yang ingin aku nikmati ketika musim dingin di Jepang.

Menikmati Sushi Asli Jepang

Sakura Ichi AYCE Sushi
Sakura Ichi AYCE Sushi
by Michael Saechang
source: https://www.flickr.com/photos/saechang/4402720421/

Sushi, merupakan salah satu makanan khas jepang yang sudah bisa ditemukan dengan mudah. Jujur sampai sekarang aku belum pernah makan yang namanya sushi! Meski pernah ke restoran Jepang, aku enggak pernah makan sushi. Kalaupun pernah mungkin aku enggak tahu dan sudah lupa rasanya.

Sebelum lidahku terkontaminasi dengan berbagai macam olahan sushi yang dicocokan dengan budaya di Indonesia, aku pengen ngrasain sushi asli made in Japan. Apalagi di musim dingin sepertinya cocok banget kalau makan sushi yang anget gitu.

Menurut Boutiquejapan, Sushi Yoshitake merupakan salah satu restoran sushi terbaik di Tokyo, tepatnya di distrik Ginza. Karena selain bisa menikmati sushi asli Jepang, kita juga bisa merasakan pengalaman yang cukup lengkap seperti Koki yang ahli, bahan berkualitas, suasana bahkan kokinya pun bisa diajak ngobrol bahasa inggris meski enggak terlalu mahir.

Karena menurut penuturan salah satu dosen di kampusku dulu, orang Jepang lebih menghormati orang yang mengobrol dengan bahasa Jepang daripada dengan bahasa Inggris. Itu sebabnya bahasa Inggris enggak terlalu di pakai di Jepang. Lumayan kan dapat temen ngobrol bahasa inggris yang mungkin selevel lah. Sama-sama pakai bahasa inggris rimba :D

Liat Monyet yang Berendam Air Panas

Ekspresi Monyet Salju ketika Berendam
by Koji Ishii
source: https://www.flickr.com/photos/koji1106/11584909306

Monyet salju memang cukup terkenal di seluruh dunia setelah  Jigokudani Yaen Koen berdiri tahun 1964. Yang bikin terkenal tempat ini adalah monyet salju yang berendam di air panas! Apalagi pas lagi musim dingin alias winter. Pas banget kelihatan salju-saljunya di sekeliling pemandian air panas. Pasti epic banget deh kalau foto bareng monyet di sini!

Penasaran kan gimana liat ekspresi monyet-monyet berendam di musim dingin? Aku pun juga demikian penasarannya.

Festival Salju di Sapporo

Salju merupakan salah satu hal menarik buatku di Jepang, lha wong di Indonesia aku enggak pernah liat salju beneran. Setelah coba browsing, ternyata setiap bulan Februari ada festival salju yang terkenal lho. Festival salju ini berlangsung dari tanggal 5 - 11 Februari 2015 (sumber: http://www.snowfes.com/english/). Udah lewat :D. Aku penasaran dengan berbagai macam bentuk salju, pengen nyoba bikin juga seh, siapa tahu aku berbakat bikin bentuk-bentuk unik dengan salju :D.

Festival ini berlangsung di Sapporo, kota terbesar yang ada di pulau Hokaido. Ini rute kereta yang bisa kamu naiki untuk datang ke kota ini. Simpen aja dulu, siapa tahu tahun depan kamu bisa dateng ke sini bareng aku #eh.

Rute Kereta Menuju Sapporo
source: http://www.snowfes.com/english/place/tsudome/tsudome_access_map.html
Di festival ini ada banyak sekali acara yang enggak boleh kamu lewatin. Apalagi ada ultramen! Kamu bisa langsung ketemu di sini dan foto bareng. Sayangnya dia enggka mau buat tanda tangan atau berulah konyol, namanya juga superhero, perlu jaim dikit dong

Ultramen di Sapporo Snow Festival
by Ian Irving
source: https://www.flickr.com/photos/falsepositives/8579840231



Bahkan ada lomba bikin juga lho. Siapa tahu kamu bisa mengeluarkan kemampuanmu dalam membuat patung dari es. Lumayan kan kalau menang dapet hadiah, liburan ke jepang balik modal deh :D.

Berendam Air Panas di Ryokan

Hot spring bath at Kurokawa Onsen, Kyushu
Hot spring bath at Kurokawa Onsen, Kyushu
Photo by David McKelvey
source: https://www.flickr.com/photos/dgmckelvey/4421620285
Terinspirasi dari para monyet salju, salah satu hal yang wajib dicoba ketika di Jepang adalah berendam air panas! Kalau ini mah enggak perlu nunggu musim dingin, musim panas juga bisa. Tapi berendam di musim dingin bakalan bikin kamu punya kesan tersendiri. 

Bayangin aja kalau musim dingin dengan salju yang berguguran kita berendam air panas bareng pasangan sambil ngobrol, romantis abis deh. Bener-bener quality time sama pasangan. Pertanyaannya, udah punya pasangan belum? Kalau belum ya udah buruan cari #plak

Oh iya kelupaan belum kasih tau tentang Ryokans. Ada yang tahu? Anggep aja enggak tahu semua, jadi Ryokans itu semacam penginapan tradisional gitu di Jepang. Jadi kita bener-bener bisa ngerasain sensasi budaya tradisional Jepang. Enggak cuma dari tampilan yang kesannya formalitas doang, tapi bener-bener kita bisa ngerasain sensasi budaya tradisional Jepang di Ryokan ini.

Selain suasana rumah yang tradisional Jepang banget, kita juga bakalan ngerasain pakai pakaian tradisional Jepang yang namanya yukata. Pantes gak ya pake Yukata :D ? Ada pemandian air panas, jadi bukan bathup kaya di hotel-hotel gitu. Lebih asik deh mbayanginnya. Kasurnya juga enggak springbed seperti di hotel, tapi bener-bener alas tidur tradisional Jepang. Selain itu makanan yang disuguhkan pun makanan tradisional Jepang.

Buat kamu yang baru pertama kali ke Jepang pokoknya wajib nyoba nginep di Ryokan minimal semalem lah. Biar bisa ngerasain sensasi budaya Jepang. Padahal aku sendiri belum pernah ke Jepang :D.

Mencoba Snowboard di Gala Yuzawa

Selain membuat boneka, salju mengingatkanku pada sebuah game yang pernah populer di zamannya. Aku sendiri lupa namanya, pokoknya gamenya itu tentang orang yang main papan seluncur salju / snowboard. Haru melintasi berabagai macam halangan yang menghadang dan jangan sampai dikejar beruang yang terus memakan kita.

Di Indonesia ada banyak banget tempat surfing di laut, tapi enggak tau kenapa belum berani aja. Kalau snowboard kan di salju jadi enggak takut tenggelam sama di serang hiu kaya di film-film gitu. Makanya penasaran banget sama yang namanya Snowboard. Minimal pernah mencobanya saja sudah cukup, entah ntar kelihatan memalukan karena terus menggelundung atau gimana :D

Kenapa Gala Yuzawa? Karena sekalian pengen nyoba kereta api Shinkanzen yang bisa langsung nyampek lokasi tanpa perlu oper. Biar enggak ribet dan enggak perlu jauh-jauh nyebrang pulau Hokaido

Kemarin baca-baca juga sih, biar enggak ribet kalau datang kesini bisa coba deh paketan Tokyo Rail Days yang juga digagas oleh JR East, satu diantara empat perusahaan yang mengoperasikan kereta api super cepat shinkazen. Jadi transportnya naik kereta api terus. Sesekali naik kereta super cepat, penasaran gimana rasanya naik yang bener-bener kenceng enggak kaya jurusan Blitar - Surabaya :D.

Infonya coba deh baca di JR East (Tokyo Rail Days) Official Website

Gala Yuzawa

Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi:

Website resmi: http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Facebook page:https://www.facebook.com/id.jprail

Gala Yuzawa

Gala Yuzawa

Gala Yuzawa


Tulisan ini aku tulis untuk berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [5] . Iseng-iseng berhadiah lah, daripada tengah malam nunggu pagi biar enggak ketinggalan kereta api ke luar kota yang berangkat dini hari :D.

lomba blog
Lomba Blog dengan hadiah yang lumayan :D


You Might Also Like

4 comments

  1. Halo, Pandu!
    Mimpi kamu terlalu tinggi, sama kayak aku. Hahaha..
    Anyway, Jepang sekarang emang lagi galakin tourism-nya ke daerah Asia Tenggara.
    Liat aja di media manapun, pasti ada aja iklan "Travel Gratis ke Jepang!"
    Boleh, tuh kamu ikut semua lombanya. Menang/kalah urusan blakangan, yg penting coba.

    Ini ada sedikit cerita di mana mimpiku yg terlalu tinggi itu benar2 jadi kenyataan:
    http://makanangin-travel.blogspot.com/2015/02/wakuwaku-reporter-2015-hokkaido.html

    Good luck to chase your dreams, Ndu!

    "It's not just about the destination, but the journey"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo George! Mumpung mimpinya lagi gratis. hahahahaha biar punya alesan buat bikin paspor :D

      Hapus
  2. Halo, mas Pandu!
    keren nih tujuan-tujuannya.
    mesti ikutan juga nih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buruan ikutan Jim! Sepertinya masih diperpanjang lagi lombanya :D

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe