Pesona Goa Luweng di Blitar Selatan

Jumat, Juni 12, 2015

Blitar kutho cilik sing kawentar... Sebuah penggalan lagu tentang Blitar yang sampai saat ini aku masih belum hafal lirik lengkapnya. Padahal sudah sekitar 6 bulan tinggal dan menetap di Blitar, setelah sebelumnya melalangbuana tinggal di beberapa kota kecil dan besar.

Semenjak tinggal di Blitar, aku iseng bikin sebuah direktori informasi wisata di Blitar yang ternyata banyak banget. Meski sudah ada beberapa tempat yang sudah pernah kudatangi, ternyata muncul tempat-tempat menarik lainnya. Ternyata Blitar memang benar-benar menarik untuk di jelajahi.

Salah satu destinasi wisata menarik di Blitar yang belum jangkep 2 minggu booming adalah Goa Luweng. Sebuah goa sekitar 50 meter dengan air yang mengalir. Entah kenapa aku selalu ingat tulisan di hipwee.com yang ngejudge kalau goa embultuk merupakan satu-satuna goa di Blitar. Padahal selain embultuk ada goa lain seperti Goa Jambangan, Goa di Lodoyo, Goa di Sirah Kencong dan beberapa tempat. Mungkin yang nulis kurang piknik di Blitar :D.

Pesona Air Terjun dalam Goa Luweng

Goa Luweng ini menarik, sebuah goa dengan kedalaman sekitar 50 meter dengan lubang di bagian atas ini dialiri aliran sungai, dan aliran tersebut membentuk sebuah air terjun mini atau biasa disebut dengan jurug.  Goa dengan bebatuan dan pancaran sinar mengingatkanku akan foto goa pindul yang ada di Gunung Kidul namun dalam versi yang mini. 

Goa Luweng di Blitar
Goa Luweng di Blitar
Sontak, keindahan goa luweng ini dengan cepat menyebar ke berbagai macam tempat, bahkan luar kota sekalipun banyak yang penasaran dan datang ke goa luweng ini. Apalagi lokasinya yang cukup strategis dan tidak terlalu jauh membuat goa ini diminati banyak wisatawan, terutama lokal. Jadi cukup mudah sebenarnya mencari jodoh di tempat ini, karena banyak kok dedek dedek cantik yang dateng cuma buat narsis doang :D

Dedek Cantik Narsis
Banyak kan? Lumayan lho bisa buat ajang mencari jodoh #eh :D. Kembali lagi ke keindahan goa luweng. Selain goa luweng, apabila turun sedikit, kamu akan mendapatkan pemandangan yang cukup keren, karena ada banyak sekali aliran air sungai yang membentuk seperti kumpulan air terjun. Enggak percaya? Coba deh lihat foto di bawah ini :D.

aliran sungai goa luweng
Aliran sungai goa luweng
Untuk mencapai titik terbawah pun, bisa menjadi salah satu obyek wisata adventure yang cukup menarik. Saat pertama kali datang ke tempat ini belum ada fasilitas yang cukup baik, sehingga kalau mau turun harus berpegangan pada akar pohon menuruni bebatuan yang berair.

Turun ke Bawah
Turun ke Bawah
Sebuah lokasi dengan beberapa potensi wisata yang menarik untuk dikembangkan. Setidaknya di kunjungan kedua ini aku dapat beberapa informasi tentang spot goa luweng yang belakangan populer di Blitar.

Antusiasme Warga Sekitar Goa Luweng

Warga sekitar goa luweng
Warga sekitar goa luweng


Dari beberapa spot wisata terbaru di Blitar, bisa dibilang Goa Luweng merupakan spot yang paling cepet digarap. Terutama oleh penduduk sekitar. Belum jangkep seminggu setelah di publikasikan di jagat maya, sudah terpasang sebuah banner yang cukup besar di jalan. Belum jangkep seminggu juga sudah disedikan beberapa blok cor semen untuk mempermudah pengunjung yang datang ke tempat ini.

Kemarin aku kesini lagi bareng rombongan, sudah ada banyak orang yang berjualan, perbaikan fasilitas untuk akses ke tempat ini hingga para pemandu wisata lokal dadakan yang stand by membantu wisatawan lokal untuk mengeksplore dan mengamankan mereka.

Meski belum ada dukungan dari pemerintah, namun para golongan tua dan muda bekerjasama memberikan fasilitas umum di tempat ini. Mungkin fasilitasnya memang belum memadai, tetapi sudah lumayan lah. Tanpa adanya pemandu, mungkin agak sulit menemukan jalan untuk turun ke bagian bawah. Dan untuk pemandu, kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. serius! Kalau mau ngasih ya gpp juga seh :D. Pengalaman sih kemarin ditolak waktu ngasih tips ke para pemuda lokal di lokasi.

Cara Menuju Goa Luweng

Untuk menuju goa luweng caranya gampang kok, dari Blitar kota, arahkan ke daerah Kademangan. Sesampainya di jembatan Kademangan yang gede itu, ikuti tanda panah menuju pantai tambak rejo. Ikuti jalan utama sejauh 15km. Setelah 15km kamu bakal ketemu sebuah perempatan besar, yang mana apabila lurus terus ke pantai tambakrejo sedangkan kalau belok kanan ke goa luweng. Ambil jalan kekanan, sekitar 5 km kamu akan menemukan banner menuju goa luweng. Ikuti aja, ntar juga nyampek lokasi. 

Kendaraan roda dua mapun empat bisa sampai lokasi, namun untuk saat ini parkiran untuk kendaraan roda empat belum tersedia. Mungkin sebatas parkir di pinggir jalan, selain itu juga dari banner menuju lokasi jalannnya aspal rusak yang lebih mirip makadam. Parkir kendaraan roda 2 juga cuma di bandrol dengan harga 3 ribu rupiah saja.

Yakin enggak mau coba mampir ke goa luweng?

You Might Also Like

4 comments

  1. wah adenya unyu unyu kakak...

    yang turun ngakar itu sepertinya saya pernah ketemu, dmn yach ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakakak iku awakmu sing moto john :D

      Hapus
  2. sekarang paling sudah diambakke lagi tempat parkire mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin udah di lebarkan... Jadi makin banyak yang bisa parkir. soale cepet penuh parkirane :D

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe