Tips dan Cara Membuat Videolapse dengan Kamera SJCAM4000

Minggu, Juni 21, 2015

Belakangan aku mulai suka dengan yang namanya videolapse. Gara-gara backpacker ke bawean beberapa waktu lalu aku jadi tahu cara bikin videolapse dengan kamera sjcam4000 dari Mas Adit. Makasih mas buat informasinya :D.

Apa itu Videolapse?

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu videolapse, aku bakal coba nerangin dikit apa sih videolapse itu. Secara teori sih videolapse itu merupakan kumpulan foto yang diambil dalam periode waktu tertentu, sehingga bisa menggambarkan sebuah proses dalam durasi yang singkat. misal videolapse untuk sunrise, sunset, pergerakan di jalanan ibu kota. dan masih banyak lagi. Buat yang penasaran sama videolapse bisa lihat deh videolapse terbaru yang aku bikin beberapa hari lalu.


Ketika lihat video diatas apa kamu sudah paham dengan videolapse? Ya kurang lebih begitulah video lapse itu. Semoga dengan melihat video diatas kamu jadi tahu videolapse itu seperti apa. Kadang videolapse juga disebut sebagai timelapse. Entah, aku sendiri kurang tahu apa bedanya.

Peralatan yang Digunakan untuk Videolapse

Sebelum membuat videolapse ada beberapa peralatan yang harus kamu gunakan. Beberapa peralatan di bawah ini ada yang sifatnya wajib dan ada yang sifatnya optional alias enggak harus ada. 

Kamera SJCAM4000

Menu videolapse kamera sjcam4000 wifi
Menu videolapse kamera sjcam4000 wifi

Kalau kamera ini wajib ceritanya, kenapa aku pakai sjcam4000? Karena enggak punya kamera DSLR dan sejenisnya. Selain itu kamera ini juga sudah bisa digunakan untuk merekam videolapse dengan periode waktu tertentu, yaitu 2detik, 5detik, 10 detik, 30 detik bahkan 1 menit.

Untuk kamera lain aku juga kurang tahu apakah bisa untuk bikin videolapse. Mungkin kalau ada yang tahu bisa tambahkan di kolom komentar, ntar aku update di sini kamera yang bisa digunakan untuk videolapse.

Tripod

Tripod Kamera
Tripod Kamera

Hukumnya sangat disarankan! Kalaupun enggak pakai tripod, kamu harus meletakkan kamera pada tempat yang benar-benar tidak goyang sama sekali. Sehingga hasilnya bisa kelihatan bagus. Karena apabila goyang, hasilnya kurang sip. Yakin kamu betah kalau cuma mengandalkan tanganmu buat ngrekam. Butuh waktu yang lama lho untuk menghasilkan satu video timelapse dengan durasi 5 detik ;). Nanti aku jelasin itung-itungannya.

Cara Membuat Videolapse

Pengambilan Videolapse
Pengambilan Videolapse

Pertama-tama siapkan cari posisi yang benar-benar keren untuk mengabadikan moment. Kalau mau ambil timelapse pemandangan outdoor apalagi siang hari, sangat disarankan untuk mengambil ketika terdapat awan di langit, karena bakal tampak keren. Kalau langit biru besih tanpa ada awan menurutku sih kurang keren :D.

Setelah dapat posisi yang pas, buka menu sjcam4000 kemudian pilih videolapse. Pada menu videolapse akan terdapat pilihan menu berapa detik yang kita pilih. Pilihan ini juga bakal menentukan berapa lama kita akan ngrekam gambar.

Setelah itu tekan tombol rekam dan tunggu aja sampai kamu suka. Proses ini memakan baterai yang lumayan. Apalagi baterai sjcam4000 termasuk boros, aku saranin gunakan baterai yang benar-benar penuh sebelum merekam videolapsenya. Sehingga enggak mati di tengah jalan waktu ngrekam ;)

Perkiraan Waktu Rekam Videolapse 

Misalnya aku pengen bikin videolapse dengan durasi 10 detik. Dalam 1 detik video terdiri dari 24 - 30 frame. Kalau untuk video, di sjcam4000 bakal ngrekam 30 fps. Jadi dalam 1 detik terdapat 30 gambar.

Dari sini paham? Apabila aku pilih periode durasi 5 detik pada menu kamera, maka setiap 5 detik kamera akan mengambil 1 gambar. Sehingga untuk menghasilkan 1 detik video membutuhkan waktu 30 gambar x 5 detik. Jadi kurang lebih membutuhkan waktu 150 detik untuk mendapatkan 1 detik. Apabila ingin mendapatkan videolapse sepanjang 10 detik berarti tinggal mengalikan 150 x 10 = 1500 detik yang apabila dibikin menit kurang lebih 25 menit. Lumayan lama kan?

Aku biasanya pakai durasi 5 detik untuk 1 gambar. Apabila memilih 2 / 3 detik hasilnya akan cepet banget. Kurang kerasa asyik hasil videolapsenya. Kalau untuk 10 detik ++ aku belum pernah coba sih. Mungkin lain kali bakal aku coba.

Kesimpulan

Untuk membuat videolapse membutuhkan waktu yang lumayan, jadi pastikan kamu berada di lokasi untuk waktu yang agak lama. Karena untuk membuat videolapse ini enggak bisa instant. Selain itu, kalau aku sama sekali enggak suka sih videolapse dengan durasi dibawah 5 detik, silakan coba sendiri biar tahu bedanya. Hehe

Mungkin dari penjelasan diatas ada kesalahan, karena ku juga bukan professional di bidang ini cuma suka aja ngrekam. jadi kalau ada salah mohon dikoreksi. Supaya informasi yang aku tulis di blog ini enggak malah menyesatkan.

Enggak ada salahnya kok berbagi tips trik seputar videolapse di kolom komentar yang sudah kusediakan maupun membagikan tulisan ini ke teman-temanmu. Siapa tahu mereka terbantu dengan adanya informasi ini dan bisa bikin videolapse keren-keren di sekitar rumah.

Gak perlu jauh jauh kok untuk bikin videolapse yang lumayan. Contoh videolapse diatas diambil di emperan rumah. Pagi hari siapin tripod, trus rekam. Setelah itu tinggal ngopi sambil cek facebook, email dsb. Setelah itu ambil lagi deh. Itung sendiri ya berapa lama untuk jadi video seperti diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ;)

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe