Cara Download dan Update Firmware SJCAM SJ5000

Selasa, Juli 21, 2015

Kemarin ada temen yang jualan kamera sjcam5000 + wifi yang di bandrol dengan harga 2.5 juta. Selain kamera, dapet juga monopod atantta yang menurutku cukup keren sih. Nah, setelah dicoba ternyata ada beberapa hal yang kurang beres. Mungkin masalah firmwarenya. Oleh karena itu, aku dapet kesempatan buat ngotak-atik.

Kemarin sempat salah install firmware yang berakibat fatal. Layar menjadi putih, dan kita enggak bisa lihat menu apapun di layar. Meski kita masih tetap bisa merekam gambar. Tapi kalau enggak kelihatan displaynya kan juga enggak enak. Akhirnya berhasil deh otak-atik dikit sampai kembali bisa. Santai aja, semua bakal aku kupas tuntas di sini.

Buat yang bingung mau beli kamera sjcam, mungkin bisa cek tulisanku tentang review sjcam sj4000 wifi yang beberapa waktu lalu aku tulis sebagai bahan pertimbangan.

Download Firmware SJCAM SJ5000 Terbaru ( 17 Juni 2015 )

Kalau kamu mau update firmware sjcam sj5000 nya, pastikan bahwa kameramu masih menggunakan versi firmware versi 2.6 ke bawah. Karena update an ini merupakan updatean versi 2.6. Buat yang udah pakai firmware versi 3.0 enggak bisa di downgrade ke 2.6 karena hardwarenya udah ada perubahan.

Ada dua versi firmware yang ada untuk versi 2.6 ini, yang pertama untuk layar 1.5 inchi dan yang kedua untuk layar 1.54 inchi. Untuk mengetahui berapa inchi sjcam yang kamu miliki, coba lihat di kardusnya. Ada tulisannya kan?

Ukuran Layar SJCAM SJ5000

Apabila sudah yakin dengan layarnya, sekarang waktunya download firmwarenya. Ukurannya enggak terlalu gede kok. Cuma sekitar 18 MB saja. Jadi enggak terlalu lama downloadnya. Berikut link downloadnya yang sudah aku mirrorin ke mediafire.


Kasusku : Di kardus ukuran 1.5" tapi ketika saya install firmware untuk 1.5" warnanya putih blank. Setelah itu saya install ulang dengan firmware untuk 1.54, alhamdulillah bisa kembali normal. Jadi terserah kamu mau install 1.5 atau 1.54.

PERINGATAN!
Apabila setelah mencoba cara ini kamera tidak bisa digunakan, aku enggak tanggung jawab lho ya. Aku udah coba memberikan solusi yang ditulis sampai habis dan ketika aku coba itu berhasil. Kalau enggak berhasil kamu coba mungkin ada kesalahan saat melakukan upgrade atau memang ada permasalahan lain di kameranya. 

Cara Install Update Firmware SJCAM

Untuk melakukan instalasi update an firmaware sjcam yang sudah di download ikuti langkah-langkah praktis berikut ini.
  1. Format SD Card yang ada di kamera.
  2. Extract update firmware yang sudah di download
  3. Pindahkan file SJCAM_FWUPDATE.bin ke SD Card. Di luar aja, jangan dimasukin folder apapun (root folder).
  4. Nyalakan SJCAM
  5. Tekan mode hingga masuk ke bagian menu.
  6. Cari menu firmware kemudian tekan tombol shutter di bagian atas.
  7. Akan muncul menu firmware update, kemudian pilih centang ijo.
  8. Tunggu prosesnya update firmware yang enggak sampai 5 menit kok.
  9. Setelah itu kamera akan otomatis restart.
  10. Setelah restart saya menemukan layarnya cuma warna putih aja.
  11. Kalau mengalami hal serupa enggak usah panik, baca terus tulisan ini sampai habis untuk install ke firmware yang satunya

Video Tutorial Cara Update Firmware SCJAM SJ5000 


Solusi Install Firmware SJCAM yang Gagal

Buat kamu yang mengalami layar putih seperti aku, enggak perlu khawatir kamera rusak. Karena dengan install ulang firmware satunya, insyaAllah masalah teratasi. Berikut lankgah-langkah yang harus kamu ikuti dengan seksama. Apabila kamu salah ngikutin, maka akan gagal dan harus ulang terus sampai berhasil. Paham?

Layar putih itu cuma displaynya aja, kamera masih tetap bisa merekam video maupun mengambil gambar. Jadi kita perlu meraba-raba menunya. Berikut cara update apabila layar kamera sjcamnya putih bersih seperti yang kualami.

  1. Hapus Firmware yang sudah ada di sd card dan ganti dengan firmware terbaru.
  2. Nyalakan SJCAM, kamu hanya akan mendapati layar putih. Tunggu sebentar hingga layar berkedip satu kali. Itu tandanya sudah masuk ke video mode.
  3. Tekan tombol mode sebanyak 4x (pelan-pelan aja nekannya, kasih jeda sebentar sekitar 1 detik untuk masing-masing tekanannya)
  4. Tekan tombol atas 1 kali
  5. Tekan tombol shutter / rekam 1 kali
  6. Tekan tombol atas / bawah (bebas) 1 kali
  7. Kemudian tekan tombol shutter dan tunggu sampai restart. Apabila sudah 3 menit menunggu kamerannya belum restart berarti ada kesalahan dalam mengikuti langkah-langkah diatas.Matikan kamerannya dan coba lagi dengan lebih teliti
Setelah kamera berhasil restart, kamera akan berjalan normal. Sedangkan untuk hasil performa update firmwarenya aku juga kurang tahu. Mungkin nanti bakal diulas sendiri setelah coba-coba kamera sjcam sj5000 ini.

Semoga dengan update firmware ini kamerannya semakin enak dipakai, enggak ada masalah yang berarti lagi. Jangan lupa bagikan cara download dan update firmware sjcam ini ke temen-temenmu yang punya kameranya juga. Biar performa kameranya jadi semakin bagus :)

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe