Cara Redirect Halaman HTTP ke HTTPS

Rabu, Juli 01, 2015

Gegara kebanyakan piknik yang berujung tipes, akhirnya kuputuskan untuk berdiam diri di Blitar, kota kecil yang tersohor. Kata lagunya sih gitu :D . Biar nggak bosen dirumah, sesekali main-main untuk menjelajahi Blitar yang ternyata keren banget setelah kurang lebih 6 bulan tinggal di sini. Banyak tempat yang kudu aku jelajahi biar tahu Blitar. Maklum semasa kecil mainnya cuma di komplek aja, enggak jauh-jauh. Namanya ya anak kecil.

Aku cuma kebetulan aja ngurusin web sendiri dan udah enggak buka jasa pembuatan web kecuali yang udah terlanjur aku kerjain dulu. Nah, pada kesempatan ini aku mau berbagi sedikit tips dan trik untuk para web developer yang masih bingung dengan cara redirect halaman website http ke https.

Maksud Redirect http ke https


Oke, aku mau cerita sedikit tentang maksud redirect halaman http ke https. Maksudnya gini, jadi ketika kita buka halaman misal http://mblitar.net , maka secara otomatis server akan mengarahkan ke https://mblitar.net.

Sebenernya kamu bisa pakai https dengan mudah di cpanel. Semua sudah menyediakan fasilitas itu. Masalahnya, httpsmu terverifikasi belum? Karena kalau tidak terverifikasi httpsmu pada adress bar akan dicoret. Selain itu beberapa browser juga akan menampilkan halaman peringatan sebelum masuk ke webmu.  Oleh karena itu ada baiknya kamu beli SSL dulu kalau emang mau pakai https. Harganya juga enggak mahal-mahal banget. sesuaiin dengan kebutuhan.

Kalau aku biasanya sih beli SSL itu di namecheap. Murah, cepet dan gampang. Hehehe

Meskipun kamu sudah berhasil install semuanya di https, secara default server juga akan melayani apabila ada orang yang request halaman http. Oleh karena itu kamu perlu melakukan redirect ke halaman https. Kalau server menyediakan halaman https dan http, takutnya ketika google melakukan index bisa dianggap duplicate content. Bisa-bisa webnya ilang deh dari google gegara duplicate content. Oleh karena itu diakalin sama redirect ini.

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di Wordpress

Untuk melakukan redirect cukup mudah, kamu cuma perlu buka file .htaccess yang ada di root domain, kalau nggak ada langsung bikin. Kemudian masukkan kode di bawah ini
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI}
Nah, taruh kode tersebut pada bagian teratas dari file .htaccess karena ini dibaca sebelum halaman website terbuka.

Setelah menambahkan file tersebut pada bagian teratas, jangan lupa simpan ya supaya bisa bekerja. Setelah itu coba ketikkan alamat websitemu tanpa menggunakan https, maka websitemu bakalan langsung di load ke halaman https.

Selamat mencoba dan semoga berhasil

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe