Cara Cetak Tiket Kereta Api Online Sendiri

Selasa, Agustus 11, 2015

Aku sekarang lebih suka beli tiket kereta api online, kenapa? Karena dengan tiket online ini aku enggak perlu ribet antri di stasiun. Apalagi kalau lagi panas dan antriannya panjang banget. Kan jadi males. Oleh karena itu sekarang aku lebih suka pesan tiket online.

Mungkin sebagian orang akan bingung bagaimana cara menukarkan tiket yang dibeli secara online menjadi sebuah tiket kereta api? Nah, pada tulisan kali ini aku mau berbagi tulisan tentang bagaimana cara mencetak tiket kereta api sendiri yang sudah kamu pesan secara online.


Video Tutorial Cara Cetak Tiket Kereta Api Sendiri




Cetak Tiket Kereta Api Sendiri di Stasiun

Biasanya, aku mencetak tiket kereta api sekalian berangkat naik kereta. Setelah packing dan siap jalan-jalan naik kereta, aku datang satu jam sebelum kereta berangkat. Waktu satu jam ini biasanya aku manfaatkan untuk hanya untuk menikmati suasana stasiun kereta. Siapa tahu banyak cewek cantik berkeliaran :D.

Yang perlu dipersiapkan sebelum cetak tiket sendiri di stasiun adalah kode booking. Kamu mungkin bisa mendapatkan kode booking melalui email setelah melunasi pembayaran tiket secara online. Ikuti beberapa langkah berikut untuk mencetak tiket kereta api di stasiun secara mandiri dan (mungkin) tanpa antri.

Menuju Mesin Cetak Tiket Mendiri

Kini setiap stasiun memiliki mesin pencetak tiket mandiri. Banyaknya mesin ini tergantung dari besar kecilnya sebuah stasiun. Apabila anda tidak mengetahui bentuk mesinnya, berikut gambar mesin pencetak tiket yang ada di berbagai macam stasiun.

Mesin cetak tiket
Mesin cetak tiket
Untuk stasiun yang kecil seperti stasiun tingkat kecamatan aku kurang tahu ada atau tidak. Jadi harap di koreksi apabila salah.

Memasukkan Kode Booking

Setelah sampai di mesin tiket, apabila ada antrian ya silakan antri. Kalau enggak ada, kamu bisa langsung pakai mesinnya. Pengalaman selama ini paling banyak antri cuma satu orang. Jadi enggak lama. 
Memasukan Kode Booking
Memasukan Kode Booking
Masukkan kode booking pada form yang sudah disediakan. Setelah itu tekan tombol cari / search.

Cetak Tiket Mandiri
Cetak Tiket Mandiri
Akan muncul booking kode dan stasiun asal dan tujuan. Apabila benar langsung tekan cetak / print aja deh. Trus kamu tinggal nunggu mesin tersebut ngeprint / nyetak tiket yang sudah kamu pesan.

Cetak Tiket Sendiri
Cetak Tiket Sendiri
Setelah tiket di cetak, kamu harus menyobeknya sendiri. Pelan-pelan ya, biar bawahnya enggak ikutan sobek gegara kamu enggak sabaran nyobek tiketmu.

Selesai deh, langsung masuk dengan menunjukkan identitas diri dan selesai deh. Kamu langsung bisa naik ke kereta yang sudah kamu pesan apabila keretanya sudah datang.

Mudah bukan mencetak tiket kereta api sendiri? Enggak ribet pula. Semoga perjalananmu dengan kereta api menyenangkan :)


You Might Also Like

2 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe