Kuliner Sate Klatak Pak Untung di Imogiri

Rabu, Agustus 19, 2015

Sate kambing merupakan salah satu menu yang sebenarnya tidak terlalu aku suka, entah kenapa aku emang enggak terlalu suka. Kalau dihadapkan dengan dua pilihan antara sate kambing dan sate ayam, aku bakalan pilih sate ayam. Enggak peduli kalau sate kambing itu lebih mahal, karena lidah emang enggak bisa disuap dengan duit :D.

Sudah sejak lama sebenarnya aku penasaran sama yang namanya Sate Klatak, sate kambing yang ditusuk dengan jeruji sepeda kemudian di bakar. Karena penasaran, beberapa waktu lalu saat di Imogiri sebelum menuju Gunung Kidul, aku menyempatkan mampir bersama Mas +Hiza, Mbak +Chonie Prysilia dan +Novi .

Sate Klatak Pak Untung

Sate Klatak Pak Untung memang tidak se-terkenal sate klatak pak pong, namun menurut lidah Mas Hiza rasana enggak kalah enak dan seringkali habis sebelum jam 4 sore. Lokasi sate Klatak Pak Untung berada di Jl. Imogiri Timur km 9. 

Siang itu kami memesan 4 porsi sate klatak dan 2 porsi tongseng kambing. Kami tidak terlalu lama menunggu karena antrian tidak begitu banyak. Rasa penasaranku benar-benar terjawab ketika melihat sate klatak secara visual di depan mata.
Sate Klatak Pak Untung
Sate Klatak Pak Untung
Satu porsi sate klatak pak untung ini terdiri dari 4 tusuk sate kambing yang hanya dibakar itu pun enggak sampai gosong. Tidak ada bumbu kecap dan kacang seperti sate pada umumnya, hanya tampak remah-remah bumbu yang menempel pada daging kambingnya. Sate ditusuk menggunakan jeruji besi mirip dengan yang digunakan pada roda sepeda.

Setelah mencoba gigitan pertama sate klatak ini, ternyata rasanya memang enggak diragukan lagi. Aroma kambing yang khas itu sudah hilang, dengan potongan daging yang pas cukup nikmati dimakan di siang hari. Apalagi dengan tambahan tongseng kambing dengan kuah yang benar-benar mantap.

Tak perlu menunggu lama untuk menghabiskan satu porsi sate klatak, karena memang rasanya cukup menarik dan enak. Sayang kalau tidak segera dihabiskan. Untuk 1 porsi saja dengan minum es jeruk sudah membuat perut benar-benar kekenyangan. Porsinya bener-bener banyak.

Untuk harga satu porsinya aku kurang tahu sih, adapun menu yang kami pesan antara lain sebagai berikut ini
  • Sate Klatak 4 Porsi
  • 5 Porsi Nasi
  • Tongseng Kambing 2 Porsi
  • 4 Es Jeruk
  • 1 Es Teh
Total yang harus kami bayar untuk semua makanan tersebut dibawah 120 ribu. Aku bener-bener lupa berapa pasnya yang harus kami bayar. Karena udah lewat beberapa waktu lalu :D.  Mungkin ada yang juga pernah kesana dan bisa kasih rincian harganya?

Sate Klatak Pak Untung
Sate Klatak Pak Untung

Gegara nulis ini di pagi hari membuat perut keroncongan. Mungkin kamu bisa coba kuliner khas imogiri ini kalau mampir di Jogja. Siapa tahu bakal ketagihan, apalagi kalau kamu seorang pecinta daging kambing, hukumnya WAJIB.

You Might Also Like

2 comments

  1. nah yang ini belum pernah nyoba :D *catet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja om, enak kok. Biasanya sate klatak seporsi 2 tusuk, di tempat ini 4 tusuk :D.

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe