Video Tutorial Cara Mengganti Lensa SJCAM

Kamis, Agustus 13, 2015

Beberapa waktu lalu aku sudah nulis review sjcam sj 4000 wifi dengan berbagai macam kelebihan dan kelemahannya menurutku. Nah, pada kesempatan kali ini aku berbagi video tutorial tentang cara mengganti lensa sjcam. Karena lensa sjcam ku yang lama kan ada fog yang enggak bisa dibersihkan, satu-satunya cara adalah dengan mengganti lensanya.

Video Tutorial Cara Mengganti Lensa SJCAM


Tutorial Cara Mengganti Lensa SJCAM SJ4000

Mungkin video diatas sudah cukup mewakili bagaimana sih caranya ngganti lensa sjcam sj4000? Ya seperti di video diatas kita bisa lihat bersama. Nah untuk yang mungkin kurang paham bisa ikuti instruksi detail yang aku tulis di bawah ini. Penjelasan detailnya juga aku tulis di sini kok :)

Persiapan Alat

Pertama-tama yang aku lakuin adalah menyiapkan peralatan khusus untuk bongkar pasang berikut daftar alat yang aku siapkan sebelum memulai pekerjaan singkat ini.
  1. Tang
  2. Obeng Minus
  3. Kain 
  4. Lensa baru
  5. Kamera
  6. Laptop / Komputer
Dikit kan peralatan yang dibutuhkan? Kamu bisa lakukan ini sendiri di rumah maupun kosan.

Buka Cover Kamera dan Lensa

cara mengganti lensa sjcam
Sjcam Lens

Pertama-tama yang kudu dilakuin itu nglepas cover kamera terlebih dahulu, untuk melepas cover lensa ini bisa dilakukan dengan tangan kosong, kalau kesulitan bisa juga dengan sedikit bantuan obeng minus.

Sedangkan untuk cover lensa pakai obeng minus, cara bukanya juga gampang bisa dilihat di video diatas bukan?

Ganti Lensa SJCAM

Selanjutnya balut tang / lensa dengan kain. Setelah itu gunakan tang untuk melepas lensa. Awalnya memang agak berat, tapi bisa kok. Aku sengaja pakai kain supaya enggak rusak lensanya. Dalam artian rusak itu enggak kegores di bagian yang terknea tang.

Setelah lensa lepas segera ganti dengan lensa baru, jangan sampai menyentuh sensor yang ada di kamera maupun bagian bawah lensa. Takutnya kotor dan membuat lensa baru tidak bisa menghasilkan gambar yang bersih

Atur Fokus dengan Komputer / Laptop

Pasang lensa dan putar manual dengan tangan. Kamu harus hati-hati saat memasang lensa, jangan miring karena bisa merusak ulir di kamera sehingga lensa tidak bisa terpasang dengan baik.

Nyalakan kamera dan hubungkan dengan pc / laptop. Pilih mode pc camera untuk menggunakan action cam sebagai webcam. Setelah itu gunakan aplikasi webcam untuk melihat gambar dengan lensa. Putar lensa hingga mendapatkan fokus yang tepat.

Pasang Cover

Setelah lensa sudah tepat, sekarang saatnya memasang cover lensa dan cover kamera sehingga sudah tampak seperti sedia kala. Mudah kan?

Semoga tutorial diatas bisa membantu kamu yang kesulitan dalam mengganti lensa kamera. Video diatas sengaja dibikin dengan dua bahasa, yang pertama adalah bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. biar paham siapapun yang melihatnya :D.

Mungkin kamu juga mau nyoba update firmware sjcam sj5000 ? Siapa tau dengan update firmware, kamera jadi lebih lempeng buat ngapain aja.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe