Review Pemakaian Xiaomi Redmi 2

Sabtu, Desember 05, 2015

Beberapa bulan lalu aku memutuskan untuk membeli sebuah ponsel pintar baru, yaitu Xiaomi Redmi 2S. Salah satu ponsel pintar xiaomi dengan spesifikasi menggiurkan dan harga yang benar-benar miring. Hardware yang ditawarkan pun jauh lebih bagus dibanding produk sejenis dengan harga yang sama.

Sudah 6 bulan ini hp motorola moto g yang pernah aku miliki digantikan oleh hp redmi 2s. Setelah menggunakannya selama 6 bulan, aku baru berani menuliskan reviewnya di sini. Karena kalau belum lama pakai trus nge-review itu kurang pas.
 HP Redmi 2 dengan MIUI 7 (update sendiri)
HP Redmi 2 dengan MIUI 7 (update sendiri)
Aku enggak terlalu paham benchmark dll, jadi dalam review ini sama kayak review yi action cam yang pernah aku tulis sebelumnya. Murni dari sisi user experience atau penggunaan user. Jadi bukan dari data-data software analisa.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 2

Sebelum menuliskan reviewnya, kamu perlu tahu spesifikasi teknis dari ponsel pintar ini. Spesifikasi ini tertulis di belakang box xiaomi redmi 2. Jadi baca sendiri ya, kalau kurang jelas bisa di zoom.
spek redmi 2
Spesifikasi Redmi 2
Jadi udah jelas bukan spesifikasi teknis yang ada di balik kemasan redmi 2 ? Nah, ada baiknya kamu baca sampai tuntas dan ingat-ingat spesifikasi di atas. Jadi bisa koreksi kalau ada tulisanku di bawah yang salah.

Dual SIM dengan Konektivitas 4G

Salah satu alasan memilih ponsel ini adalah konektivitas 4g untuk kedua sim card yang tertanam, meskipun di Blitar aku belum ngerasain ada 4G tapi enggak apa apalah. Aku udah pernah coba kedua sim card bisa menggunakan koneksi jaringan 3G semua.

Berbeda dengan ponsel bundlingan yang biasanya hanya kartu operator bundlingan yang bisa digunakan pada jaringan 3G. Sedangkan nomor satunya useless cuma bisa buat telp dan smsan. Padahal nyawa dari sebuah smartphone ya konektivitas.

UI Cakep 

UI atau User Interface atau tampilan bisa dibilang bener-bener cakep. Ada temen yang bilang ini hp sudah seperti iphone kw. Aku emang suka dengan UInya yang cukup cantik dan kalau udah kebiaisaan liat UI dari MIUI ini bakal males kalau liat UI Android standard yang gimana gitu.
 Redmi 2 UI, Theme (MIUI 7)
Redmi 2 UI, Theme (MIUI 7)
Area notifikasinya juga tampak cantik dan menarik dengan balutan desain minimalis. Speechless deh mau ngomong apa. Tapi beneran bagus menurutku. Selain itu juga ada banyak pilihan theme yang keren-keren meski enggak dikit RAM yang banyak dipakai. Jadi aku tetep pakai theme default yang udah lumayan cantik.

Layar Jernih dengan Kamera yang Ciamik!

Ketika temen-temen pinjam hp, salah satu hal yang pertama diucapkan adalah, layarnya jernih ya. Selain itu temen-temen juga suka minjem kamera untuk foto macem-macem karena emang kamera belakang yang meski cuma 8 MP ini bener-bener keren untuk ambil foto. 
Kamera Redmi 2
Kamera Redmi 2
Untuk filter-filter yang ada di kamera aku nggak pernah pakai jadi enggak mau komentar :D. Gambar diatas merupakan screenshot ketika menjalnakan aplikasi kamera default bawaan hp. Kalau enggak tau cara screnshot, mungkin kamu bisa cek artikel cara mengambil screenshot di android.

Penampakan kamera depan yang suka dipinjem temen-temen buat ber-selfie ria. Kamera depan 2MP ini sudah cukup mumpuni dan menyenangkan para pecinta selfie katanya. Salah sendiri enggak dihapus dari hp :D
kamera depan redmi 2
Jepretan Kamera depan Redmi 2
Sedangkan penampakan untuk kamera belakangnya beneran bagus, ini salah satunya yang menurutku cukup bagus dengan sedikit pencahayaan lampu LED dan laku dijual untuk foto produk makanan.
 Kamera Belakang Redmi 2
Kamera Belakang Redmi 2
Sayangnya ada blink hitam-hitam seperti gambar diatas, entah aku sendiri kurang tahu kenapa kok bisa begitu. Apa pengaruh dengan lighting lampu LED ya? Bisa jadi.

Desain Cantik

 Desain Casing Cantik
Desain Casing Cantik
Desain dari handphone ini cukup cantik dengan tambahan spigen yang cukup cantik juga. Tapi beneran lho, banyak yang ngira kalau aku pakai iphone :D.

Apalagi aku sekrang pakai spigen yang lumayan biar kelihatan keren dan cukup aman untuk dipakai. Kalau minat sama spigen bisa cek di sini untuk harganya. Atau mau beli lewat aku harganya cuma 55 ribu aja sih, belum termasuk ongkos kirimnya ya.

Ngecas Baterai Relatif Cepet

Kalau kamu kehabisan baterai, kamu bisa cas hp ini dengan waktu yang relatif cepet lho. Syaratnya kamu enggak make hapenya. Kalau baterai dibawah 50%, ngecasnya cepet banget. Tapi kalau sudah di atas itu, perasaan kok agak lama ya. Entah emang bener atau cuma perasaanku aja.

Selain itu apabila kamu tetap menggunakan koneksi interent ketika baterai di bawah 14%, baterainya cepet banget habis. 

Terkadang Cukup Boros Baterai, Memori dan Panas

Terkadan aku heran dengan pemakaian memori perangkat ini. Kenapa kok begitu aneh menurutku. Perasaan enggak banyak aplikasi yang aku jalanin tapi kok makan RAM banyak banget. Udah gitu kalau memori kurang dari 150 MB biasanya buat main COC sering lag, mencetnya kapan, keluarnya troop kapan. Ini kan bisa bikin kalah waktu WAR. Aku udah mengalaminya. Nggak asyiknya ya kalau udah kayak gini.

Aku juga bingung sebenernya apa yang makan memori banyak, karena semua running program sudah dimatikan tetapi kok masih tetep aja lemot dan memori yang terpakai banyak. Kalau mau cepet, biasanya aku langsung restart hp dan begitu nyala udah enggak lemot. Kalau males, biasanya ya biarin aja ntar juga memorinya balik sendiri.

Biasanya kalau memorinya lagi habis, hapenya jadi panas banget. Anehnya itu memori bisa habis kepakai meski enggak jalanin aplikasi macem-macem dan panas. Kok bisa ya? Aku juga kurang tahu

GPS Aktif Terus (?)

Padahal menu GPS sudah aku matiin tapi kenapa aplikasi semacam instagram masih tau lokasiku ya? Muncul suggested location gitu deh waktu mau upload fotonya. Jadi bingung kan? Ini sebenarnya gpsnya udah mati apa belum sih?

Semua Aplikasi ada di Memori Internal

Semua aplikasi yang diinstal berada di memori internal, tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal. Mungkin perlu melakukan root terlebih dahulu untuk memindahkan aplikasi yang ada di memori internal ke memori eksternal. 

Sampai saat ini aku masih belum melakukan root xiaomi redmi 2s ini karena masih dalam masa garansi. Mungkin nanti kalau sudah hilang masa garansinya baru aku coba buat root.  

Yakin Mau Beli Xiaomi Redmi 2?

Setelah baca sedikit ulasan diatas apakah kamu yakin mau beli xiaomi redmi 2? Kalau mau, kamu bisa cek di sini buat harganya. Kalau mau cari yang lebih canggih itu bisa coba cek Xiaomi MI4i seperti punya temenku yang kameranya jauh lebih bagus dan spesifikasinya diatas redmi 2 yang aku punya. 

Mungkin itu ulasan singkat tentang xiaomi redmi 2s yang aku gunakan selama 6 bulan terakhir ini. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu yang sedang bingung nyari handphone apa yang bakalan di pakai untuk kegiatan sehari-hari.

Kalau ada yang kurang jelas atau ditanyakan, tinggalkan komentar di kolom komentar, Nanti akan aku bales kok.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe