Belajar Arti Sebuah Perang dari Game Clash of Clans

Senin, Januari 25, 2016

Sudah setahun belakangan aku suka main game clash of clans waktu senggang. Sebuah game strategi peperangan yang dilengkapi dengan grafis yang lumaayan bagus lah. Pertama kali main ini dulu waktu masih kuliah pinjem tablet si +Fauziah Ramadhani  yang udah di gadein di WTC Surabaya beberapa bulan lalu.

Oke dalam postingan kali ini aku enggak akan share tentang cara membangun benteng yang anti hog, anti dragon atau apalah. Juga enggak akan mbahas gimana komposisi nyerang yang pas untuk menaklukkan lawan. Tapi aku mau berbagi tentang sebuah pelajaran penting yang sebenarnya secara enggak sadar kamu rasakan ketika bermain game gratis ini.

Belajar Tentang Tujuan Sebuah Peperangan

Clash of Clans
Sumber Gambar : https://clashofclans.com/

Secara enggak sadar, dalam permainan ini kita diharuskan untuk memenangkan setiap pertempuran yang ada. Setidaknya ada beberapa hal yang akan kita dapatkan sebagai reward ketika memenangkan pertarungan di permainan ini. Yaitu
  1. Gold yang merupakan uang di dalam permainan ini
  2. Elixir merupakan sumberdaya yang bisa digunakan untuk membuat pasukan
  3. Dark Elixir mirip dengan elixir namun untuk mahluk-mahluk khusus.
  4. Trophy untuk menaikkan level atau kasta dalam permainan ini.
Setidaknya satu dari empat reward tersebutlah yang diidamkan ketika memenangkan sebuah pertarungan. Ketika kita menyerang sebuah desa dan mendapatkan beberapa rewards diatas, secara otomatis kepemilikan atas gold, elixir, dark elixir maupun trophy dari yang kita serang akan berkurang.

Dalam sebuah permainan saja secara tidak sadar kita berperang hanya untuk mendapatkan rewards yang berupa sumberdaya! Sumberdaya ini bisa kita gunakan untuk membangun apa yang kita miliki. Bukankah ini orientasi perang yang MUNGKIN juga terjadi dalam kenyataan di dunia ini. Peperangan dimulai untuk merampas sumberdaya dari daerah yang diserang guna menguntungkan pihak penyerang?

Persetan dengan Giant, Wizard, Barbarian, Archer, Goblins dan pasukan-pasukan lain yang mati dalam peperangan. Toh, kita juga masih bisa membuat pasukan-pasukan itu lagi dengan elixir yang kita miliki?

Sudah enggak usah dipikir serius, toh ini juga cuma tulisan iseng yang lagi pengen aku tulis. Mungkin itu dulu aja sih yang aku pengen tulis kali ini, mau mencoba membiasakan menulis dengan bahan yang aku punya. Entah kenapa kok tiba-tiba pengen nulis tentang game clash of clans yang baru aku mainkan :D.

Kalau kamu punya pertanyaan yang sekiranya aku bisa jawab, enggak usah ragu buat hubungi aku. Siapa tahu bisa membantu :) 

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe