Main Bareng ke SDN Ngadirenggo 4 di Sirah Kencong Blitar

Senin, Februari 08, 2016

Beberapa bulan lalu aku main ke sirah kencong bareng temen-temen kelas inspirasi Blitar dalam rangka hari inspirasi dimana bareng temen-temen bercerita bareng adik adik sekolah dasar yang ada di perkebunan tentang pekerjaan sehari-hari.

Beberapa hari lalu, tepatnya hari sabtu aku bareng temen-temen kelas inspirasi blitar juga main ke kebun teh sirah kencong lagi buat melanjutkan perjuangan sebelumnya meski dengan acara yang berbeda. Entah kenapa akhir-akhir ini aku agak tertarik untuk ikut kegiatan semacam ini.

Acara lanjutan ini dinamakan hari membaca, dimana temen-temen mengajak adik adik di sekolah dasar untuk belajar membaca dan bercerita. Karena cukup miris melihat beberapa anak sekolah dasar sudah menginjak kelas 5 namun belum bisa membaca dengan lancar.

Buat yang pengen dateng ke sini bisa baca rute ke sirah kencong

Gerimis Romantis Mengiringi Perjalanan ke Sirah Kencong

Perjalanan dimulai dari Blitar kota pada pukul 05.30 pagi, kami berkumpul di kawedanan wlingi untuk bersama-sama berangkat ke sirah kencong. Bahkan Pak Parno dan Bu Susi dari Kediri pun bersedia menyisihkan waktunya untuk ikut bergabung dengan kami datang lagi ke Sirah Kencong.

Di luar dugaaan, ternyata selama perjalanan yang gerimis itu memberikan keindahan tersendiri buatku. Pemandangan diatas pegunungan tampak begitu cantik, berkabut, dan memikat meski udara begitu dingin.
Pemandangan Sirah Kencong di Pagi Hari
Pemandangan di Perjalanan Menuju Sirah Kencong di Pagi Hari
Kondisi jalan memang enggak begitu bagus, namun tidak terlalu sulit. Cukup lebih hati-hati saja saat melakukan perjalanan. Dalam perjalanan kali ini tidak ada tragedi ban bocor seperti waktu kelas inspirasi sehari di sirah kencong beberapa waktu lalu.

Belajar Bareng Adik SDN Ngadirenggo 4

Begitu sampai di sekolah dasar ini, ternyata mereka masih ingat dengan aku bukan hanya mengenali wajah tetapi nama pun mereka masih ingat. Ini membuatku terenyuh, seenggaknya pertemuan singkat beberapa bulan lalu masih membekas meski cuma sekedar nama. 
Siswa SDN Ngadirenggo 4
Siswa SDN Ngadirenggo 4
Dalam kegiatan tersebut kelas dibagi menjadi dua, dimana kelas pertama terdiri dari siswa kelas 1 - 3 yang dijadikan dalam satu kelas untuk belajar membaca bersama, sedangkan untuk kelas kedua berisi siswa kelas 4 - 6 dengan kegiatan belajar bercerita.

Berbeda dengan ketika kami datang untuk pertama kalinya, pada kegiatan kedua ini mereka cenderung lebih nurut dan benar-benar mengikuti apa yang di insrtuksikan meski sesekali terdengar celotehan mereka yang bisa dianggap masih wajar.
Salah satu siswi SDN Ngadirenggo 4 Bercerita di depan
Salah satu siswi SDN Ngadirenggo 4 Bercerita di depan
Meski sempat malu-malu, mereka pun bisa bercerita dengan cukup baik. Mereka tidak menganggap kami sebagai seorang guru tapi tampak seperti kelakuan adik ke kakak yang mencari perhatian. Mungkin ini yang membuat mereka tampak senang ketika kami ada di sana. Mungkin kami seperti kakak yang bepergian dan sedang pulang tuk menjenguk mereka.

Meski kami cuma berbagi sedikit waktu bersama mereka dengan kegiatan-kegiatan sederhana semacam ini, namun mereka benar-benar tampak begitu menikmati setiap waktu bersama kami. Bahkan tak terdengar suara-suara protes yang lapar dan minta untuk pulang seperti biasa. Meski sebenarnya jam kami di sana lebih lama sedikit daripada waktu mereka biasanya.
Pulang Sekolah di SDN Ngadirenggo 4
Pulang Sekolah di SDN Ngadirenggo 4

Menikmati Suasana di Perkebunan Teh Sirah Kencong

Setelah acara selesai dan para siswa sudah pulang, kami pun jalan-jalan di sekitar daerah sirah kencong. Setidaknya selain kebun teh juga terdapat air terjun yang sudah cukup terawat jika dibandingkan dulu.

Jarak dari SD ke air terjun kurang dari 1km dengan jalan kaki sejauh sekitar 700 meter. Tempatnya sudah mulai kotor sejak ramai. Bahkan ketika tahun baru ada sekitar 1000 orang lebih yang menghabiskan waktu di lawasan kebun teh cantik di Blitar ini.
piknik liburan Air Terjun Sirah Kencong Blitar
Air Terjun Sirah Kencong Blitar
Setelah menikmati kesegaran air terjun, kami beristirahat lagi di dekat pintu masuk dan mencoba naik untuk menikmati keindahan perkebunan teh dari ketinggian. Pemandangannya benar-benar memuaskan! Meski ada 1 pohon yang menjulang tinggi berada ditengah-tengah pemandangan cukup mengganggu tapi bisa dimaafkan lah.
Suasana Kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar
Suasana Kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar
Entah kenapa di tempat seperti ini bener-bener bisa menikmati waktu yang aku punya. Ngobrol ngalor ngidul bareng temen-temen yang sebelumnya enggak pernah ngobrolin macem-macem. Bahkan sempat kepikiran buat mainan boneka di kebun teh ala-ala si unyil bareng Mas Rama.
Winnie The Pooh and Friends
Winnie The Pooh and Friends
Saat ini suasana di perkebunan ini bener-bener membuatku nyaman, aku bakal balik ke sini suatu hari nanti. Bahkan mungkin bakalan sering nyepi ke sini meninggalkan semua perangkat yang terhubung ke seluruh dunia melalui media digital yang terkadang notifikasinya bener-bener ngganggu. 

Pengen rasanya pakai sony erricson g502 punyaku yang masih ada, sayangnya chargernya kalau enggak colokannya enggak beres. Jadi sedih deh enggak bisa di cas, padahal fungsi lainnya masih lancar jaya.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe