Cara Bayar Pajak Perorangan Lewat Internet Banking Mandiri

Jumat, Mei 13, 2016

Setelah berhasil membuat NPWP pada bulan lalu dan berhasil menyumbangkan sedikit penghasilan untuk negara republik yang katanya kita cintai. Sekarang sudah saatnya membayar pajak untuk bulan Mei. Berbeda dengan bulan lalu yang bisa langsung membayar pajak melalui teller bank jatim yang tersedia di dalam KPP Pratama Blitar. Baca juga : Cara Membuat NPWP

Nah, pada kesempatan ini aku ingin berbagi gimana sih caranya membayar pajak bulanan (PPh 1% Bruto / Omset) untuk perorangan melalui internet banking. Pada kasus ini aku coba pakai internet banking Mandiri, karena kemarin mau coba pakai internet banking BRI ribet banget kayaknya.

Cara Bayar Pajak PPh Final 1% Omset via Internet Banking

Kenapa kok pilih bayar pajak pakai internet banking daripada bayar ke bank jatim maupun kantor pos? Karena kalau pakai internet banking bisa bayar kapanpun dan dimanapun asal ada internet dan bawa token untuk pembayaran :D. Nggak perlu antri maupun bayar parkir. Cukup duduk manis di rumah dengan secangkir kopi dan ditemani istri.
  1. Login ke Internet Banking Mandiri
  2. Pilih Menu Bayar
  3. Pilih Sub Menu Penerimaan Negara
  4. Pilih Jenis Pajak : PPH Final Bruto Tertentu
    Bayar Pajak via Internet Banking Mandiri
    Bayar Pajak via Internet Banking Mandiri
  5. Kemudian isi form yang kosong.
    • Dari Rekening : Pilih rekening yang digunakan untuk membayar pajak
    • NPWP : Di isi dengan NPWP tanpa titik. Cukup angkanya saja
    • Masa Pajak : Isi bulan pembayaran pajak. Misal bulan Mei 2016, berarti isi dengan 052016
    • Pajak Terutang : Jumlah pajak yang dibayarkan. Misal sebulan dapat penghasilan kotor 3 juta, berarti 1% dari 3 juta yaitu 30.000
  6. Ada baiknya centang Simpan Di Daftar Pembayaran, dan beri nama pada kolom keterangan. Ini akan memudahkan kita dalam melakukan pembayaran bulan depan. Enggak perlu lagi input NPWP yang cukup panjang. 
  7. Setelah semua terisi, tekan tombol lanjutkan.
  8. Akan muncul halaman konfirmasi, centang dulu tagihannya supaya keluar nominalnya. Kemudian tekan tombol lanjutkan lagi.
  9. Masukkan kode challenge ke Token Mandiri dan pilih Apply 1.
  10. Tekan tombol kirim
Bukti Bayar Pajak Online
Bukti Bayar Pajak Online
Apabila berhasil, akan muncul informasi pembayaran sukses. Berarti anda sudah berhasil membayar pajak penghasilan. Ada baiknya save as pdf untuk menyimpan bukti pembayarannya. Buat sebuah folder pembayaran pajak untuk meletakkan file pdf yang merupakan bukti pembayaran sehingga lebih mudah saat mencarinya.

Kata bapak petugas pajak waktu aku ngurus NPWP, pembayaran pajak paling lambat tanggal 15 setiap bulannya. Jadi usahakan enggak telat mbayar, karena kalau telat bayar aku enggak tahu gimana ngurusnya :D. Jadi belum bisa menjawab. 

Semoga tutorial ini bermanfaat buat kamu yang bingung gimana sih caranya bayar pajak perorangan. 

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe