Internet Banking Antara Mandiri BCA dan BRI

Sabtu, Juni 18, 2016

Tadi pagi ketika sahur aku melihat beberapa mbak-mbak bank di kontak update tentang peluncuran satelit BRI. Katanya sih BRI merupakan bank pertama di dunia yang memiliki satelit sendiri. applause!

Dari situ aku kepikiran tentang layanan yang diberikan oleh BRI. Dulu waktu masih duduk di bangku sekolah menengah pertama aku pernah memiliki tabungan di bank ini. Setiap jum'at pulang sekolah selalu menabung 10 ribu rupiah di KCU Ngadirojo Utara cuma 200 meter an dari sekolahan. Tentunya bukan dari uang hasil menyisihkan uang saku, tetapi sengaja diberi oleh ibu untuk menabung :D .

Belum lama ini aku membuka rekening baru di BRI. Pembukaan rekening ini untuk mempermudah transaksi dengan pembeli. Namanya juga jualan online, kudu siap sedia bank-bank populer. Mandiri, BCA dan BRI merupakan bank yang cukup populer. Masing-masing punya fasilitas yang berbeda-beda.

Nah, pada kesempatan kali ini aku mau mencoba membandingkan layanan internet banking yang ditawarkan oleh ketiga bank yang aku pakai saat ini, yaitu Mandiri, BCA dan BRI. Semua tulisan ini murni dari pengalaman pribadi menggunakan tiga bank tersebut.

User Interface / Desain Website

Internet banking merupakan layanan dimana kita bisa dengan mudah melihat dan mengetahui transaksi yang masuk ke rekening kita. Oleh karena itu desain website untuk internet banking memang sudah seharusnya membuat user nyaman. Berikut tampilan internet banking untuk masing-masing bank yang aku pakai.
User Interface Internet Banking BCA
User Interface Internet Banking BCA

User Interface Internet Banking BRI
User Interface Internet Banking BRI

User Interface Internet Banking Mandiri
User Interface Internet Banking Mandiri
Dari ketiga user interface di atas, mana tampilan yang menurutmu paling baik / bagus? Kalau aku sih paling demen sama tampilan Internet Banking BRI. Desainnya cakep, enak dilihat dan sudah cukup kekinian jika dibandingkan BCA dan Mandiri.

Navigasi menunya pun, BRI lebih unggul menurutku. Tampak rapi dengan kategori yang sedemikian rupa dibandingkan bank lain. Sehingga tidak terlalu banyak menu yang ditampilkan. Atau memang karena BRI tidak memiliki terlalu banyak layanan? Entahlah.

Transfer Melalui Internet Banking

Masing-masing bank memiliki karakteristik berbeda-beda. Berikut beberapa kelemahan dan kelebihan menurutku dari masing-masing bank ketika melakukan transaksi berupa transfer.

Bank BCA 

Untuk pengguna bank BCA mungkin tahu betapa ribetnya kalau mau transfer ke rekening bca maupun ke rekening bank lain. Terutama kalau nomor rekening tersebut belum pernah kita simpan di daftar transfer. Karena sebelum melakukan pengiriman uang kita harus menyimpan / menambahkan rekening tujuan ke daftar transfer. 

Iya kalau kita cuma transfer berkali-kali, kalau cuma sekali? Bakalan sering hapus daftar transfer deh. Apalagi kita tidak bisa memberikan nama / inisial di daftar transfer. Yang tercantum di daftar rekening adalah nama pemilik rekening, kita tidak bisa mengubahnya sesuai dengan nama yang kita kenal. Misal nama toko online atau nama sebutannya. Susah kan kalau harus menghafal puluhan nama pemilik rekening toko online yang belum tentu sama dengan nama yang kita kenal di dunia maya?

Selain itu tidak ada notifikasi ke email penerima. Padahal dengan adanya notifikasi ini sangat membantu. Terutama untuk transaksi yang harus mengkonfirmasi melalui email. 

Tapi tombol di key bca itu enak dipencet dibandingkan token mandiri. Sehingga keynya enggak ribet seperti mandiri meski untuk melakukan transaksi agak ribet. 

Bank Mandiri

Alur transfer bank di mandiri jauh lebih sederhana daripada BCA. Kita cukup masukkan nomor rekening dan kita bisa menyimpannya setelah melakukan transaksi dengan nama yang kita inginkan. Jadi enggak semua nomor rekening harus disimpan di dalam daftar transfer.

Selain itu juga bisa menambahkan email notifikasi untuk penerima transferan. Sehingga baik yang melakukan transfer maupun menerima transfer bisa mendapatkan email notifikasi.

Token Mandiri enggak asyik seperti BCA. Selain tombolnya yang enggak terlalu nyaman, kita harus menekan tombol merah beberapa detik untuk mendapatkan kode tokennya. Berbeda dengan key bca yang bisa secara otomatis mendapatkan token ketika sudah memasukkan berapa digit angka.

Bank BRI

Alur Transfernya sudah mirip dengan bank mandiri. Kita bisa menyimpan maupun tidak menyimpan nomor rekening tujuan. Sehingga daftar transfer bisa hanya berisi sedikit nomor rekening yang sering kita gunakan untuk transaksi.

BRI menggunakan sms untuk tokennya. Nah, kadangkali ini bikin kesel. Karena kadang m token enggak masuk ke hp. Entah itu karena terlalu sibuk atau bagaimana. Sudah berulangkali di tekan tetep enggak bisa masukin m tokennya. Kalau sudah gitu tandanya internet banking BRI sedang error. 

Seringkali aku juga mengalami masalah ketika ingin melihat mutasi rekening karena ada yang konfirmasi telah transfer ke nomor rekeningku. Ternyata masih ada gangguan. Mangkel kan? Dan ini sering banget lho terjadi. Semoga dengan peluncuran satelit ini bisa menghilangkan permasalahan semacam ini.

Mungkin itu dulu aja deh tulisan tentang internet banking dari bank yang aku pakai. Kalau punya pandangan lain bisa langsung komen aja asal enggak nyepam. Untuk pembayaran, pembelian dll memang enggak aku sertakan karena aku kurang pengalaman menggunakannya.

Lumayan dapet tulisan yang agak panjang sambil nunggu buka puasa nanti sore :D. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk yang menjalankannya. 

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe