Printer Multifungsi Canon MG2570 di Ubuntu

Selasa, Juni 21, 2016

Beberapa bulan lalu printer canon ip 2770 yang aku miliki rusak dan tidak bisa terdeteksi di beberapa komputer maupun laptop. Hal ini yang mengharuskanku untuk membeli sebuah printer baru. Awalnya aku ingin beli Canon IP2770 lagi tapi karena ternyata harganya jauh lebih mahal dari waktu aku beli pertama dulu, akhirnya aku mempertimbangkan hal lain.

Sekarang harga Canon IP2770 sekitar 500 - 600, padahal waktu aku beli dulu hanya 400an ribu. Karena adikku suka menggambar manual, akhirnya aku putuskan untuk membeli printer multifungsi yang sudah memiliki scanner. Akhirnya pilihanku jatuh pada Canon Pixma MG2570. Sebuah printer multifungsi yang bisa digunakan untuk ngeprint, fotokopi dan scan dengan harga relatif murah. Kurang dari 800 ribu rupiah. Lihat spesifikasi dan harga CANON PIXMA MG2570
Canon PIXMA MP 2570
Canon PIXMA MP 2570

Printer Canon MG 2570 di Linux Ubuntu

Seperti pada kebanyakan printer, canon MG 2570 bisa digunakan di Linux Ubuntu tanpa perlu instalasi driver apapun. Tidak pernah ada masalah untuk ngeprint keperluan toko online oleh-oleh mblitar yang aku kelola. Hingga akhirnya aku diminta mengirimkan scan KTP dan NPWP untuk keperluan kerjasama dengan salah satu perusahaan.

Di Ubuntu ada aplikasi yang bernama Simple Scan yang bisa digunakan untuk melakukan scanning. Namun ketika aku mencoba dengan aplikasi tersebut, scanner pada printerku tidak terdeteksi. Akhirnya aku mencari alternatif driver di website canon.
Driver Printer Canon MG 2570
Driver Printer Canon MG 2570
Akan muncul banyak pilihan. Karena aku menggunakan Ubuntu yang familiar dengan format .deb aku pun mendownload yang memiliki ekstensi deb.
Download Driver Canon MG2570
Download Driver Canon MG2570
Kalau setelah klik tidak berhasil download, copy aja urlnya dan gunakan terminal untuk mendownload. Perintahnya untuk mendownload sebagai berikut

wget urldownload

Setelah berhasil mendownload, extract hasil download dan install menggunakan terminal. Karena setelah di extract ternyata isinya bukan sebuah file .deb. Untuk install aku pakai terminal. Caranya cukup mudah. Pertama masuk ke folder hasil extract menggunakan perintah cd di terminal. Setelah itu gunakan perintah ./install.sh Tunggu beberapa detik untuk proses instalasi.

Setelah proses instalasi, untuk memunculkan aplikasi ini gunakan perintah berikut melalui terminal

scangearmp

Berikut penampakan scanner printer Canon MG 2570
UI Aplikasi Scanner Canon di Ubuntu
UI Aplikasi Scanner Canon di Ubuntu

Note: Aku udah rekam video tutorial mulai download sampai install dan menggunakan scanner ini. Kalau sudah edit dan upload akan aku tambahkan di artikel ini kok :)

Video Tutorial Cara Install Driver Scanner Printer Canon Pixma MG2570 di Linux Ubuntu 



You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe