Ingin Renovasi Rumah? Ini Caranya

Kamis, September 01, 2016

Rumahku adalah surgaku. Dari pepatah tersebut dapat dikatakan bahwa rumah adalah tempat bernaung di mana semua orang pasti ingin memiliki rumah yang nyaman. Untuk mendapatkan rumah yang nyaman, banyak cara yang bisa kita tempuh. Salah satu caranya adalah dengan melakukan renovasi rumah.
Renovasi rumah. credits : sejasa.com
Renovasi rumah. credits : sejasa.com

Renovasi rumah merupakan kegiatan perawatan yang wajib dilakukan agar rumah tetap terjaga kondisinya dan tidak rusak. Lalu bagaimana cara melakukan renovasi rumah? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut

Pilih Konsep Renovasi Rumah 

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan memilih konsep renovasi rumah. Pada tahap ini tentukan bagian rumah mana saja yang ingin direnovasi. Atau misal ingin mengubah desain rumah, maka ada beberapa hal yang harus direnovasi seperti warna cat dinding, warna tegel lantai dan juga perabotan rumah. Untuk masalah desain rumah, kita dapat meminta bantuan arsitek jika memang dibutuhkan agar arsitektur rumah kita tidak salah dan dengan bantuan arsitek, kemungkinan melakukan penghematan sangat bisa dilakukan. Untuk mendapatkan arsitek ataupun jasa desain rumah sekarang ini tidaklah sulit karena kita dapat mencarinya dengan mudah di www.sejasa.com

Tentukan Anggaran dan Budget

Setelah memiliki konsep yang matang, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan anggaran dana yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi rumah. Anggaran dana ini sangat penting agar nantinya biaya renovasi rumah tidak membengkak. Langkah awal yang bisa dilakukan agar anggaran dana menjadi minimalis adalah dengan memilah material mana yang sekiranya dapat digunakan lagi untuk renovasi rumah sehingga tidak perlu membeli material baru.

Survei dan beli sendiri materialnya

Jika anggaran dana terbatas, tidak masalah jika menggunakan material berkualitas sedang atau barang bekas. Kita hanya perlu cermat memilih agar mendapatkan barang bekas yang berkualitas bagus. Dan sangat disarankan untuk membeli sendiri bahan dan material yang digunakan untuk renovasi rumah. Jangan malas untuk melakukan survei ke toko-toko untuk mendapat material dengan harga yang paling murah.

Pakai Jasa Kontraktor

renovasi rumah. credits by sejasa.com
jasa kontraktor. credits by sejasa.com
Untuk melakukan renovasi rumah, sudah sangat umum menggunakan jasa kontraktor atau jasa tukang. Tapi perlu diingat bahwa memilih kontraktor juga sangat diperlukan ketelitian. Pilihlah kontraktor yang berpengalaman, memiliki jejak kerja yang bagus, jujur serta profesional. Hal ini sangat penting dilakukan agar proses renovasi rumah kita dapat dilakukan secara maksimal dan sesuai dengan konsep serta anggaran dana kita.

Pilih Waktu yang Tepat

Tidak kalah penting, agar proses dan hasil renovasi rumah kita lancar dan maksimal, pilihlah waktu yang tepat. Usahakan proses renovasi rumah dilakukan bukan pada musim hujan. Jika dilakukan saat musim hujan, tentu bagian luar rumah yang direnovasi akan susah kering dan memperlambat proses renovasi.

Nah, sekarang kita sudah tahu langkah apa saja yang harus dilakukan saat ingin merenovasi rumah. Semoga rencana renovasi rumah kita berjalan dengan lancar dan rumah kita menjadi semakin nyaman dan indah ya.




You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe