Tips Liburan ke Karimunjawa

Kamis, September 08, 2016

Dulu pernah diminta nulis tentang tips buat liburan ke Karimunjawa, tapi setelah dikirim tidak ada kabar sampai saat ini. Jadi ya aku anggap aja tulisan itu batal diterbitkan. Kan sayang kalau
Pemandangan dari Bukit Joko Tuwo
Pemandangan Karimunjawa dari Bukit Joko Tuwo
Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang memiliki keindahan bahari yang luar biasa. Tidak heran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Selain itu, Karimunjawa merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup bersahabat untuk para backpacker pemula. Apabila anda ingin melakukan perjalanan backpacker ke Karimunjawa, ikuti beberapa tips berikut ini.

Cara Menuju Karimunjawa 

Untuk mencapai Karimunjawa anda harus menempuh perjalanan laut selama 2 jam dari pelabuhan Kartini Jepara dengan kapal Bahari Ekspress 2 C. Harga tiket kapal ekspress ini adalah Rp. 150.000 – 175.000 . Untuk anda yang ingin berhemat, anda bisa menggunakan kapal feri Siginjay yang membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan dengan harga tiket Rp. 59.000. Dengan kapal feri anda bisa membawa kendaraan seperti sepeda motor dan mobil untuk menyebrang.

Selain itu anda juga bisa berangkat dari Semarang menggunakan kapal Kartini dengan lama perjalanan 4 jam dan harga tiket antara Rp. 135.000 – Rp. 155.000. Anda juga bisa naik pesawat perintis dari Semarang dengan jarak tempuh selama 40 menit dan harga tiket Rp. 222.000. Sedangkan dari Surabaya dengan jarak tempuh 75 menit dan harga tiket Rp. 349.000.
Pesawat Susi Air di Karimunjawa
Pesawat Susi Air di Karimunjawa
Pesawat tidak disarankan untuk para backpacker karena terlalu jauh dari kota Karimunjawa dan tidak ada angkutan. Anda bisa coba carter jemputan dengan harga yang bervariasi karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota, yaitu 22 KM dengan kondisi jalan yang kurang baik.

Penginapan di Karimunjawa

Begitu anda tiba di pelabuhan Karimunjawa ada banyak orang yang akan menawarkan penginapan. Homestay ala backpacker di bandrol dengan harga antara Rp. 80.000 – Rp. 150.000 semalam dengan fasilitas standard kipas angin dan kamar mandi luar / dalam. Tergantung fasilitas yang diinginkan.

Untuk kamar dengan AC rata-rata di bandrol mulai dari Rp. 200.000 – Rp. 300.000 per malam. Selain itu juga terdapat hotel dengan harga diatas Rp. 300.000 – jutaan per malamnya

Wisata Darat Karimunjawa 

Selain wisata bahari, anda juga bisa menikmati keindahan Karimunjawa dari daratan. Berikut beberapa destinasi darat menarik yang bisa anda nikmati selama di Karimunjawa.

Bukit Joko Tuwo merupakan sebuah bukit di sebelah utara aloon-aloon yang mana terdapat sebuah fosil ikan paus raksasa yang dinamakan Joko Tuwo. Anda bisa menikmati keindahan kepulauan Karimunjawa dari ketinggian. Untuk naik ke area ini, anda akan dikenakan retribusi sebesar Rp. 5.000 . Anda bisa menikmati keindahaan sunset dari Bukit ini.

Bukit Joko Tuwo merupakan sebuah bukit di sebelah utara aloon-aloon yang mana terdapat sebuah fosil ikan paus raksasa yang dinamakan Joko Tuwo. Anda bisa menikmati keindahan kepulauan Karimunjawa dari ketinggian. Untuk naik ke area ini, anda akan dikenakan retribusi sebesar Rp. 5.000 . Anda bisa menikmati keindahaan sunset dari Bukit ini.

Bukit Love, merupakan bukit yang terletak di sebelah barat memberikan pemandangan laut yang tidak kalah keren dengan bukit Joko Tuwo.
Sunset di Pantai Ujung Gelam
Sunset di Pantai Ujung Gelam
Pantai Ujung Gelam, merupakan salah sastu destinasi favorit untuk menikmati sunset. Jarak dari aloon-aloon sekitar 7 km. Tidak jauh dari pantai ujung gelam juga terdapat pantai Batu Topeng yang juga tidak kalah indahnya, karena ada sebuah gazebo di pantainya.

Treking Mangrove juga bisa anda lakukan di Karimunjawa, karena di bagian baratnya terdapat hutan bakau yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata mangrove. Untuk treking mangrove ini anda perlu membayar retribusi sebesar Rp. 5.000

Nirwara Resort merupakan salah satu resort dengan pemandangan sunrise yang luar biasa. Apabila anda bukan tamu di Nirwana Resort ini, anda harus membayar Rp. 15.000/ orang untuk bisa menikmati keindahan pantainya.

Tour Laut di Karimunjawa

Tour laut di Karimunjawa
Tour laut di Karimunjawa
Apabila anda ingin menikmati keindahan bahari Karimunjawa namun rombongan anda sedikit, ada baiknya anda mencari informasi tentang tour laut. Coba tanyakan di penginapan yang anda pilih, biasanya pemilik penginapan akan membantu anda untuk mecarikan tour laut. Sehingga anda tinggal tahu beres dengan membayar antara Rp. 150.000 – Rp. 250.000 . Setiap penginapan memiliki harga yang berbeda

Harga tersebut sudah termasuk biaya sewa perlatan snorkling, sewa kapal, fee guide lokal, makan siang ikan bakar di pulau dan dokumentasi underwater. Sehingga anda tinggal berangkat. Biasanya tour laut ini dimulai pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Secara umum ada dua rute yang biasa ditempuh, yaitu rute ke barat atau ke timur. Destinasi pada rute barat biasanya akan snorkling di Pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Kecil, sedangkan rute timur biasanya akan snorkling di P. Gosong dan Pulau Kecil.
Snorkling di Karimunjawa
Snorkling di Karimunjawa
Biasanya anda akan diajak mampir ke Pulau Menjangan Besar untuk menikmati sensasi berengan bersama hiu. Untuk bisa berengan bersama hiu, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000 . Harga tersebut tidak termasuk dalam paket tour laut.

Kuliner di Karimunjawa 

Lobster di Aloon Aloon Karimunjawa
Lobster di Aloon Aloon Karimunjawa
Karimunjawa merupakan wilayah kepulauan, sehingga menu yang ditawarkan tidak jauh dari menu yang berbau seafood. Aloon Aloon Karimunjawa ketika malam dipenuhi dengan penjual makanan yang bisa anda pilih. Ada berbagai macam makanan di aloon-aloon ini

Anda bisa memilih aneka menu seafood yang tersedia. Ada baiknya tanyakan terlebih dahulu harga dari seafood yang akan anda beli. Karena hargan masing-masing ikan berbeda, sesuai dengan jenis dan ukurannya. Selain itu apabila anda ingin berhemat, di aloon-aloon ini juga ada yang menyediakan nasi kucing dengan harga kurang dari Rp. 5000 per bungkusnya. Sedangkan untuk seafood berkisar antara Rp. 20.000 hingga rratusan ribu tergantung ikan yang anda pilih.

Idealnya anda melakukan perjalanan backpacker ke Karimunjawa selama 4 hari 3 malam. Berangkat dari Jepara hari Senin pagi dan Kembali ke Jepara hari Kamis pagi.

Usahakan untuk tidak datang ke Karimunjawa ketika musim peralihan / pancaroba karena tinggi gelombang di laut saat musim peralihan seringkali tidak bersahabat sehingga kapal tidak mendapatkan izin untuk berlayar. Hal ini yang membuat banyak wisatawan terjebak di surga Karimunjawa

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe