Tanya Jawab Seputar Paypal

Selasa, Oktober 25, 2016

Beberapa hari lalu ada seorang teman yang bertanya seputar paypal. Aku udah males kalau jawab secara personal karena bakalan sering ngulang menjawab pertanyaan yang sama. Akhirnya aku putuskan untuk membuat sebuah artikel seputar paypal yang ditanyakan oleh teman.

Sebenernya dulu aku udah pernah nulis sih, tentang cara verifikasi paypal menggunakan bank lokal, namun setelah sempat tidak bisa digunakan. Tapi akhirnya belakangan katanya sih udah bisa digunakan lagi. Silakan dicoba siapa tahu berhasil.

Apa itu Paypal?

Halaman paypal sekarang
Halaman paypal sekarang
Sebuah pertanyaan mendasar yang agak susah ngejelasinnya. Gampangannya, Paypal itu semacam rekening bank online yang bisa digunakan untuk bertransaksi ke berbagai macam belahan dunia. Karena seperti yang kita tahu kalau pembayaran melalui atm transfer dari bank Indonesia ke luar negeri itu agak ribet-ribet susah dengan biaya yang cukup mahal. Nah, di sini paypal menjadi alternatif semacam bank internasional online yang cukup mudah digunakan.

Untuk mengisi saldo di paypal kamu harus menggunakan kartu kredit yang didebet ke rekening paypal. Di Indonesia kartu kredit masih merupakan hal yang cukup sulit didapatkan, berbeda dengan luar negeri. Mereka terbiasa cashless menggunakan kartu kredit untuk pembelian dimana mana. Paypal di sini bertugas mempermudah transaksi internasional yang cepat dan cukup aman. Enggak ada hitungan menit transaksi dengan paypal bisa beres.

Seperti halnya rekening online, paypal menggunakan berbagai macam mata uang yang di konversikan sesuai dengan keinginan pemilik rekening. Kalau enggak salah sih defaultnya itu dollar. Namun apabila kita ingin membeli barang dengan mata uang EURO, paypal akan mengkonversinya menjadi euro sebelum melakukan transaksi tersebut. Enaknya, kalau dipaypal itu kita enggak perlu keluar uang bulanan / administrasi. Mereka mendapatkan uang sekian persen dari seller. Jadi kalau cuma pembeli enggak akan ada potongan sama sekali.


Hubungan Paypal dan Kartu Kredit

Apa hubungannya paypal dengan kartu kredit? Kok setelah daftar paypal ada pesan dapatkan status terverifikasi.?

Nah, jadi gini. Seperti halnya ketika kita membuka buku tabungan, kita diminta untuk mengumpulkan fotokopian dan mengisi berbagai macam formulir bukan? Fungsi verifikasi paypal di sini sama dengan hal tersebut. Pendaftaran email saja enggak cukup, dibutuhkan data diri lengkap untuk mengisi itu semua.

Kalau cuma sekedar mengisi formulir biasa, semua orang bisa memanipulasinya. Oleh karena itu paypal meminta kita memasukkan informasi kartu kredit kita. Karena dengan adanya kartu kredit semua informasi yang kita gunakan untuk mendafar itu valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

Kalau untuk yang belum terverifikasi kita bisa gunakan untuk mendapatkan uang. Namun ada batasan jumlah transaksinya, yaitu sekitar $100. Baik itu untuk transaksi keluar maupun transaksi masuk. Tapi kamu enggak bisa mencairkan uang tersebut ke rekening bank lokal karena data dirimu belum terverifikasi. Selain itu, tidak banyak seller yang menerima pembayaran dari non verified user.

Apa itu VCC dan Apa Kegunaannya?

VCC merupakan kepanjangan dari Virtual Credit Card, nah fungsinya mirip-mirip sama CC (Credit Card) cuman bedanya enggak ada bentuk fisiknya. Selain itu juga enggak perlu data diri kita yang membutuhkannya untuk verifikasi kartu kredit. Karena yang dibutuhkann dari VCC ini hanyalah konfirmasi bahwa kartu kredit aktif dan bisa digunakan untuk melakukann debet ke akun paypal. Jadi VCC di sini fungsinya jadi semacam kartu untuk deposit akun yang diterima oleh paypal.

Bisa dibilang VCC ini sebenarnya berada di kawasan abu-abu. Abu-abu dalam artian antara ilegal dan legal. Kalau enggak salah VCC itu sebenarnya dilarang oleh paypal. Tapi tetep bisa aja sih, emang ada beberapa VCC provider yang udah di blokir sama pihak paypalnya. Tapi masih banyak yang masih tetep bisa.

Jadi kalau kamu pakai VCC untuk verifikasi paypal, mungkin agak ribet kalau mau isi mengisi saldo karena enggak bisa langsung di debit dari VCC karena VCC yang biasanya digunakan untuk verifikasi paypal cuma ada saldonya sekitar $2, itu pun bakalan kepakai buat verifikasi. Satu-satunya cara yang aku saranin kalau mau isi saldo paypal / deposit adalah dengan membeli saldo paypal dari orang-orang yang menjualnya.

Sepertinya itu sudah menjawab seputar paypal. Kalau ada pertanyaan seputar paypal, silakan tinggalkan komentar. Nanti saya usahakan untuk jawab satu persatu sesuai dengan apa yang aku tahu. Kalaupun ada kesalahan dalam tulisan ini tolong dikoreksi juga ya :)

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe