16 Desember 2016

Ngintip Produksi Teh Hitam dengan Metode CTC di Pabrik Teh Sirah Kencong

Sirah Kencong merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik dan aku sukai di Blitar. Suasananya memang benar-benar membuat nyaman. Buat kamu yang mau main ke perkebunan teh sirah kencong Blitar, bisa coba baca 5 tempat wisata di sekitar Sirah Kencong biar bisa dapet banyak destinasi dalam sekali jalan.

Kebun Teh Sirah Kencong di ketinggian 1100 m dpl
Kebun Teh Sirah Kencong di ketinggian 1100 m dpl
Pada postingan kali ini, aku mau cerita tentang perjalanan ke pabrik teh sirah kencong. Tujuan utamanya bukan untuk menikmati hamparan kebun teh yang udah sering aku lihat, tetapi untuk mengikuti uji coba paket wisata edukasi pabrik teh sirah kencong. Penasaran? Baca dulu sampai selesai.

Pembangunan Jalan Menuju Sirah Kencong

Kemarin Rabu, aku bareng sama beberapa teman-teman penggiat wisata dan agen travel di Blitar mendapatkan undangan untuk mengikuti ujicoba paket edukasi di pabrik teh sirah kencong. Rencananya, nantinya paket edukasi ini akan terbuka untuk umum, jadi tunggu informasi resminya ya kalau mau coba paket wisatanya. Nantinya akan ada di mblitar.net juga kok kalau mau booking.

perjalanan ke sirah kencong
dari Kiri Mas Duval, Pak Harry dan Aku
Kemarin aku berangkat dari Blitar kota bareng Mas Duval dan Pak Harry sekitar pukul 07.00. Banyak yang bertanya apakah mobil bisa sampai sirah kencong ? Jawabannya SANGAT BISA! Tapi untuk saat ini kurang disarankan, terutama mobil-mobil pendek seperti Avanza, Xenia dan sejenisnya. Karena kondisi jalan masih dalam tahap pembangunan yang rencananya sudah bisa dilewati ketika tahun baru (semoga saja) 

Jalan Ke Sirah Kencong
Jalan Ke Sirah Kencong
Untuk kendaraan yang cukup tinggi apalagi yang offroad seperti taft, jeep bisa cukup mudah untuk melewati jalanannya. Berikut beberapa kondisi jalan yang cukup menantang untuk ditaklukkan. Pengendara roda dua pun harus ekstra hati-hati untuk melewati jalanannya. Selama dua tahun terakhir main ke sirah kencong Blitar, kondisi jalan saat ini memang yang paling parah.
Proses pembangunan jalan ke Sirah Kencong
Proses pembangunan jalan ke Sirah Kencong
Doakan saja agar pembangunannya berjalan tepat waktu, sehingga  di awal tahun bisa dengan mudah melewati jalan ke sirah kencong via Tegalasri. Berikut penampakan di beberapa titik yang sudah di makadam, sebentar lagi tinggal pengecorann. Mungkin aspalnya setelah tahun baru.

Ujicoba Paket Edukasi di Pabrik Teh Sirah Kencong

Sebelum memulai perjalanan edukasi tentang produksi teh dengan metode CTC, kami dikumpulkan di villa yang ada di perkebunan Sirah Kencong Blitar. Pihak menejemen ingin mendengar masukan dan usulan dari para penggiat wisata tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengembangkan kawasan sirah kencong ini menjadi sebuah destinasi wisata yang benar-benar nyaman untuk para pengunjung, bukan hanya tempat untuk foto saja.
Ruang Tengah Villa di Sirah Kencong
Ruang Tengah Villa di Sirah Kencong
Dalam villa ini terdapat 4 buah kamar yang masing-masing kamar bisa diisi dengan dua orang. Kalau mahasiswa, bisa lah di isi sampai dengan 15 orang lebih :D. Berikut penampakan salah satu kamarnya.
Kamar di Villa Sirah Kencong
Salah satu Kamar di Villa Sirah Kencong dengan double bed
FYI, Villa di Sirah Kencong juga disewakan untuk umum lho, untuk info lebih lanjutnya nanti bisa dibicarakan melalui kontak saya :D. Semalamnya enggak sampai sejuta kok.

Sedikit informasi umum sih, perkebunan teh sirah kencong dikelola oleh PTPN XII. Ada 3 Afdeling yang dikelolah oleh PTPN XII di Blitar, yaitu afdeling penataran dengan komoditi Coklat, sedangkan afdeling Bantaran dan Sirah Kencong komoditi utamanya adalah Teh.


Dulu total lahan di Sirah Kencong yang dikelola ada 325 hektar, saat ini hanya 2xx hektar saja. Ini karena kekurangan tenaga kerja sehingga. Maklum, anak jaman sekarang kan lebih prestige kerja di kantoran daripada di kebun. 

Setelah ngobrol ngalor-ngidul di dalam villa sambil makan siang, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah mengikuti uji coba paket wisata edukasi di pabrik teh sirah kencong. Saat ini paket ini belum tersedia untuk umum, masih dalam tahap ujicoba. Jadi ditahan dulu kalau mau mencobanya.

Sebelum Masuk Pabrik Teh Sirah Kencong
Sebelum Masuk Pabrik Teh Sirah Kencong
Oh iya, tidak diperbolehkan mengambil foto di dalamm pabriknya, jadi kalau mau ambil foto sebelum masuk dalam tempat produksi tehnya ya. Karena untuk masuk kawasan produksi ada SOP yang perlu dipatuhi. Seperti menggunakan masker, menggunakan jas untuk wisatawan dan tidak diperbolehkan untuk mengambil foto.

Proses Produksi Teh Menggunakan Metode CTC di Pabrik Teh Sirah Kencong Blitar

Proses produksi teh dimulai ketika daun teh segar sampai di pabrik. Daun teh segar yang datang ditimbang terlebih dahulu. Setelah itu di tiriskan supaya daun tehnya layu. Nah proses pelayuan ini juga akan mempengaruhi rasa dari teh tersebut.

Setelah layu, daun teh disortir menggunakan GLS (Green Leaf Sifter) sehingga kotoran bisa terpisah dengan daun segar yang siap diolah. Setelah itu digiling menggunakan roll tpl kalau nggak salah. Setelah itu baru diolah menggunakan mesin CTC yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu Crush Tear Curl.

Hasil dari pengolahan CTC baru dioksidasi dengan suhu antara 19 - 25 derajat selama sekitar 90 menit. Setelah itu baru masuk mesin pengeringan dan jadilah teh yang siap dipasarkan. Namun untuk memastikan rasanya, setiap jam selalu ada petugas yang mengambil sample dan melakukan uji coba rasa kesepet-an teh.

Ada banyak output yang keluar saat produksi teh ini. Semakin hitam semakin bagus kualitasnya, sedangkan yang agak merah merupakan kelas sekian. Ini yang sangat laku di pasaran Indonesia. Kalau luar negeri enggak laku.
Ruang Uji Rasa di Pabrik Teh Sirah Kencong
Ruang Uji Rasa di Pabrik Teh Sirah Kencong
Setelah mengikuti rangkaian tour di dalam pabrik teh, kami dibawa menuju ke ruang uji rasa. Nah, di ruang ini setiap jamnya rasa teh dicoba kesepet-annya. Apakah sudah sesuai atau ada yang salah dengan proses produksi. Uji rasa ini bisa juga dibilang sebagai uji mutu teh.

Kalau kamu tertarik untuk membeli teh hitam dari Sirah Kencong ini, bisa coba langsung kontak aku melalui Line @ndundupan atau bisa kirim email melalui form kontak . InsyaAllah ready stock terus di rumah, karena dari dulu emang jualan teh ini. Harga 100gr cuma 15.000 saja. Siap kirim ke seluruh dunia.
Teh Hitam dari Pabrik Sirah Kencong
Teh Hitam dari Pabrik Sirah Kencong

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search