Pecel Punten Blitar, Perpaduan Gurih, Manis dan Pedas yang Lezat

Selasa, Desember 20, 2016

Sebagai orang yang lahir dan menghabiskan sebagian besar hidup di Blitar, Nasi Pecel merupakan salah satu makanan yang wajib pernah dicoba. Kalau ada teman yang tanya apa makanan khas Blitar? Tidak ragu lagi aku jawab Nasi Pecel.

Karena memang ada banyak sekali penjual nasi pecel yang ada di Blitar, coba deh kalau pagi jalan-jalan di Blitar. Pasti kamu akan dengan sangat mudah menemukan menu sarapan populer kita semua, yaitu Nasi Pecel Blitar :D.

Pada kesempatan ini aku mau berbagi cerita tentang kelezatan salah satu kuliner yang ada di Blitar. Namanya Pecel Punten. Perpaduan rasa gurih dari punten dengan lelehan sambel pecel Blitar yang pedas dan manis. Penasaran? Simak ulasan singkatnya berikut ini!

Pecel Punten Blitar Nan Lezat

pecel punten Zarimah di Blitar
pecel punten Zarimah di Blitar
Pecel Punten Blitar, mungkin banyak dari kamu yang enggak ngerti makanan apa pecel punten itu. Kalau pecel mungkin sudah enggak asing lagi, tetapi kalau punten? Di bahasa Sunda, punten itu bisa diartikan permisi, tetapi karena ini merupakan makanan. Jadi aku akan sedikit menjelaskan apa itu punten?

Menurutku, punten adalah nasi gurih yang dicetak padat. Nasi dengan campuran santan dan garam kemudian dicetak padat itulah punten. Pecel punten pada dasarnya sama dengan nasi pecel biasa, hanya saja yang biasanya disuguhkan dengan nasi diganti dengan punten.

Jadi rasa punten ini mirip nasi tapi gurih dan lembut. Penasaran kan? Apalagi dicampur dengan sayur dan lauk nabati seperti tahu dan tempe membuat pecel punten disukai. Cuma yang aku heran kenapa pecel punten ini lebih populer di malam hari dibandingkan siang hari? Itu yang belum bisa terjawab sampai saat ini. Bisa jadi nasi lebih populer dan lebih disukai oleh orang-orang di pagi hari.

Pada kesempatan ini aku mau berbagi tempat enak buat makan pecel punten yang ada di Blitar. Setidaknya ada dua tempat favorit makan pecel punten yang ada di Blitar. Berikut dua warung makan malam di Blitar yang cukup enak.

Pecel Punten Zarimah depan Blitar Indah

Warung Pecel Zarimah
Warung Pecel Zarimah di Kota Blitar
Pecel Punten Zarimah yang terletak di seberang hotel Blitar Indah di Jl. Ayani Kota Blitar merupakan tempat makan favorit untuk menu punten ini. Punten yang lezat dan lembut dipadukan dengan sayuran rebus dan sambel pecel yang cenderung manis dibandingkan pedas. 

Selain itu lauk pauk berupa Tahu, Tempe dan Rempeyek membuat pecel punten di tempat Zarimah ini semakin nikmat disantap di malam hari.

Pecel punten zarimah ini biasanya buka sekitar pukul 16.00 yang berupa tenda di seberang jalan (utara jalan) Hotel Blitar Indah. Untuk satu porsi pecel punten dengan lauk tahu tempe adalah 7 ribu rupiah. Sedangkan teh hangat peneman makan dibandrol seribu lima ratus.

Jadi kalau mau mampir ke Pecel Punten Zarimah siapkan saja uang sebesar Rp. 8.500,-. Dengan uang segitu sudah cukup kenyang.

Pecel Punten Pincuk Blok M

Pecel Punten Pincuk di Jl. Mastrip
Pecel Punten Pincuk di Jl. Mastrip
Pecel Punten Blok M merupakan tempat makan punten favorit kedua di Blitar. Blok M merupakan Jalan Mastrip. Aku enggak pernah memperhatikan nama warung pecelnya, pokoknya  berada di sebelah barat lampu merah perempatan veteran.

Kalau tesktur puntennya menurutkuu masih enak dan gurih di Zarimah, tetapi kalau keramahan orangnya jangan ditanya lagi. Juara pertama mbaknya yang jualan pecel punten blitar di Blok M ini. Sambel pecel punya mbak ini lebih pedas jika dibandingkan dengan sambel pecel Zarimah. Jadi lebih cocok untuk yang suka pedes.

Selain itu pilihan lauknya juga lebih berlimpah jika dibandingkan dengan Zarimah. Selain punten, kalau ada teman yang enggak suka, mbaknya juga sedia nasi.

Untuk harga seporsi pecel punten di mbaknya, tidak berbeda jauh. Tergantung jenis lauk dan jumlah lauk yang kita ambil.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Recent Comments

Subscribe