31 Desember 2016

Tempat Camping Asyik di Blitar

Camping merupakan salah satu kegiatan di luar ruangan yang digemari banyak orang. Salah satunya aku. Dalam dua tahun terakhir, kegiatan campingku  semakin sering. Karena aku menemukan sesuatu yang menarik ketika camping baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Nah, pada kesempatan ini aku mau berbagi beberapa tempat camping asyik dan enak di Blitar yang bisa kamu jadikan referensi untuk menghabiskan akhir pekan di Blitar. Penasaran? Berikut daftar tempat camping yang enak di Blitar menurutku.

Brak Papat Sirah Kencong

Pemandangan Gn. Kelud dari Brak Papat Sirah Kencong
Pemandangan Gn. Kelud dari Brak Papat Sirah Kencong
Brak Papat Sirah Kencong sebenarnya merupakan pos para pegawai perkebunan sirah Kencong, selain brak papat terdapat brak satu, dua dan tiga. Meskipun begitu aku nggak tau dimana letakknya. Brak papat merupakan pos tertingginya, di ketinggian 1340 mdpl kita bisa melihat keindahan hamparan kebun teh yang hijau dan megahnya gunung kelud yang menjulang.

Apabila malam, kita bisa melihat keindahan bintang-bintang yang bersaing dengan gemerlap malam lampu di bawah. Aku udah beberapa kali menikmati camping di brak papat sirah kencong ini.
Malam di Brak Papat Sirah Kencong
Malam di Brak Papat Sirah Kencong
Untuk menuju brak papat sirah kencong ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari kebun teh sirah kencong dengan berjalan kaki. Selain itu juga terdapat sumber mata air yang jaraknya mungkin sekitar 1 km dari brak papat. Meski agak susah sih ngambilnya dan enggak ada petunjukknya.
Pemandangan Pagi di Brak Papat
Pemandangan Pagi di Brak Papat
Dengan medan yang tidak terlalu sulit, tempat ini sangat cocok untuk mereka yang masih pemula di kegiatan daki mendaki gunung.

Baca cerita perjalanan mampir di Brak Papat :

Pantai Pangi

Malam di Pantai Pangi
Malam di Pantai Pangi
Pantai Pangi merupakan pantai yang terletak di Ds. Tumpak Kepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar. Sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Blitar. Pantai favorit yang tidak terlalu ramai dengan fasilitas yang cukup memadai serta keindahan yang luar biasa, membuatku suka sekali main ke pantai ini. Kalau dihitung-hitung, ini merupakan pantai yang paling sering aku kunjungi dibandingkan pantai lain.
Kali Pantai Pangi Blitar
Kali Pantai Pangi Blitar
Di Pantai Pangi, setiap akhir pekan selalu banyak yang camping di sini. Jadi buat kamu yang suka camping, tidak ada salahnya untuk camping di sini. Selain camping ada banyak kegiatan lain yang bisa dikerjakan di pantai pangi ini, salah satunya adalah dengan cara memancing. Enak kan Camping sambil Mancing ?

Kalau ke pantai pangi enggak perlu repot bawa bekal banyak-banyak, karena ada warung yang menjual makanan dan minuman sampai malam. Jadi bener-bener cocok untuk kamu yang ingin menikmati sensasi tidur diluar rumah. Bahkan untuk malam tahun baru sepertinya aku bakalan camping di pantai pangi lagi deh. Camping sambil mancing kepiting buat tahun baruan sepertinya bakalan seru :D.

Baca juga cerita seputar Pantai Pangi

Gunung Kelud

Gn. Kelud via Pendakian Ds. Tulungrejo
Gn. Kelud via Pendakian Ds. Tulungrejo
Meski sampai saat ini statusnya tidak jelas karena masih jadi rebutan Blitar dan Kediri, aku enggak mau ambil pusing. Kediri terus membangun akses wisata ke kawah Kelud, sedangkan Blitar? Sepertinya tidak begitu terlihat prosesnya, entah itu karena menghormati proses rebutan yang belum final atau karean urusan lain. Aku enggak mau komentar lebih jauh.

Pendakian gunung kelud ini bisa ditempuh melalui 2 jalur, yaitu Karangrejo Garumm atau Tulungerejo Gandusari. Kalau mau camping, aku sarankan sih lewat yang Tulungrejo Garum. Sekarang sudah ada post perijinan pendakian dengan retribusi 5 ribu rupiah. 
Pos 3 Gn. Kelud via Ds. Tulungrejo
Pos 3 Gn. Kelud via Ds. Tulungrejo
Perjalanan pendakian juga lumayan lama jika dibandingkan dengan brak papat sirah kencong. Yaitu sekitar 4 jam perjalanan. Udah gitu enggak ada sumber mata air disepanjang jalur pendakian. Mungkin kamu nanti akan mendengar suara air terjun dengan air yang cukup deras namun tidak bisa dijangkau, karena kalau sudah turun ke air terjun, satu-satunya cara untuk bisa pulang adalah dengan menyusuri sungai sampai bawah. Ini pernah terjadi pada tahun 2015 lalu, ketika melakukan pendakian ke gunung kelud ini. 

Buat kamu yang mau mendaki ke gunung kelud, ada baiknya buat bawa air yang cukup banyak, karena memang tidak ada sumber air yang bisa diandalkan kalau sudah melakukan pendakian ke gunung ini. 

Untuk menuju pos pendakian gunung kelud, dari Blitar Kota ikuti  peta ke arah Wlingi. Kemudian dari Wlingi ikuti petunjuk jalan menuju Rambut Monte. Ikuti terus jalannya sampai kamu sampai di gapura selamat datang di desa Tulungrejo.
Pos Pendakian Gn. Kelud via Ds. Tulungrejo
Pos Pendakian Gn. Kelud via Ds. Tulungrejo
Setelah masuk desa Tulungrejo, ikuti jalan terus sampai ada pertigaan yang terdapat masjid di pojokan. Ambil kiri sampai ada pertigaan lagi dan ambil kanan. Dari situ lurus aja nanti kiri jalan ada tulisan pos pendakian gunung kelud. Rumah nomor dua dari ujung. Kalau bingung, mending tanya rumah pak Dasuki kepada warga sekitar.


Masih Bingung Tempat Camping di Blitar?

Jadi sampai saat ini masih ada 3 tempat yang aku rekomendasikan untuk camping, tempat lain nyusul ya karena aku belum pernah. Kalau kamu punya referensi tempat camping asyik di Blitar, jangan lupa kasih tau lewat kolom komentar. Kapan-kapan aku coba deh main ke sana.

Kalau kamu enggak punya tenda, sleeping bag, dll. Enggak perlu bingung, dateng aja ke Blitar dan kontak aku, karena aku mulai menyewatakn alat-alat camping dan piknik biar kamu enggak kebanyakan barang bawaan dari tempat asal :D.

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search