21 Januari 2017

Cara Kirim Fax yang Mudah dan Cepat

Mas, ini persyaratannya ditambahkan dengan kartu keluarga ya? Di kirim ke FAX yang tertera di kwitansi ini ya, saya tunggu paling lambat besok. Kata mbak-mbak petugas di salah satu konjen di Surabaya.
Mesin Fax - foto oleh Amos
Enggak bisa kirim email aja mbak? Biar lebih mudah dan cepet maksudku. Mbaknya malah bilang, dicoba dulu kirim email, kalau sampai besok ternyata enggak bisa, langsung telpon dulu ke sini ya Kata mbaknya.

FAX, salah satu cara berkirim surat yang sudah benar-benar lama dan sekarang sudah sangat asing. Aku juga heran, karena seumur-umur belum pernah kirim fax sama sekali. Meski dulu di rumah pernah punya, tapi enggak begitu ngeh.

Aku coba beberapa layanan fax online ternyata kebanyakan berbayar,  ada yang trial gratis aku coba dan sampai sekarang faxnya belum ke kirim. Haha.

Siang itu posisiku di Surabaya, sedangkan persyaratan yang harus di Fax ada di Blitar. Mau nggak mau, hari itu aku juga harus pulang ke Blitar. Tapi emang udah rencana mau pulang ke Blitar sih hari ini.

Kirim Fax Mudah di Kantor Telkom Blitar

Bukti pembayaran Fax
Bukti pembayaran Fax
Setelah mencari cukup informasi dimana tempat kirim fax yang mudah, akhirnya terjawab sudah. Yaitu bisa di Kantor Telkom. Keesokan paginya sekitar jam sembilanan aku langsung datang ke kantor telkom Blitar untuk berkirim fax. Ternyata di warnet milik telkom Blitar ada fasilitas untuk berkirim Fax. Fyuh, jadi tenang deh.

Warnet pagi itu memang cukup sepi, sama sekali enggak ada yang nyala komputernya. Ada seorang petugas yang jaga disitu. Petugasnya juga heran, kalau bisa kirim email kenapa kok kirim FAX? Tapi ya karena prosedurnya meminta begitu jadi ya enggak ada salahnya. Lumayan kan, bisa buat tambahan bahan di blog :)

Masih kata bapaknya, proses pengiriman fax itu agak lama kalau bentuk gambar. Aku nerjemahin gambar di sini adalah full color. Karena memang dokumennya full color. Tetapi kalau cuma hitam putih dan atasnya ada kopnya saja enggak terlalu lama sih.

Percobaan pengiriman pertama muncul tanda error di hasil cetakannya. Ada kemungkinan fax terkirim dan belum. Untuk itu ada baiknya telepon tempat pengiriman fax untuk konfirmasi. Setelah telpon ternyata fax belum masuk, akhirnya dikirim lagi dan untuk yang kedua ini berhasil tanpa ada errornya. Untuk memastikannya, langsung telepon ke kantor yang dituju dan memang sudah masuk fax nya.

Biaya untuk pengiriman Fax ini Rp. 4785 / lembar folio. Kalau kuarto ternyata harganya berbeda. Jadi, apa kamu punya pengalaman berkirim surat menggunakan fax ?

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search