7 Februari 2017

Tutorial Cara Gampang Ngeflash Asus Fonepad 7

"Le, tulung reneo. Iki ipad e adike kok moro-moro ora iso digawe maneh". Suara yang masuk melalui sambungan telepon yang artinya kurang lebih. "Le, Minta tolong datang ke sini. Tablet adiknya tidak bisa dipakai lagi".

Memang agak susah sebenernya kalau kerja di dunia yang berhubungan dengan komputer. Aku rasa para desainer grafis, animator dan sebagainya bakalan ngerasain hal-hal yang serupa. Desainer grafis diminta buat hack komputer, orang yang bekerja di jaringan diminta buat bikinin desain poster dan masih banyak lagi.

Jammie, salah seorang animator yang aku kenal waktu ikutan pesta animasi tahun 2015 (BIAF) sampai heran. Bagaimana mungkin seorang aku bisa tahu rute kereta api, bisa tahu cara registrasi paket internet dan masih banyak lagi hal unik lainnya. Mungkin ini akan aku bahas di postingan yang lain.

Kembali lagi ke topik awal, berhubung 'ipad' punya mbaknya merupakan Asus Fonepad 7 merupakan barangku yang dibeli. Semacam ada tanggung jawab moral gitu, buat bantu benerin. Meski sebenernya udah setahun lebih belinya :D. Aku pun datang dan melihat, ternyata cuma bootloop, dengan pedenya aku iyain bisa benerin cuma minta waktu karena memang lagi repot.

Berbekal pengalaman berhasil ngeflash dan root redmi note 3 pro yang setelah dicoba oleh teman juga berhasil. Aku pun PeDe buat bantu mengembalikan seperti semula dengan syarat semua data akan hilang karena bakal aku flash / install ulang :D. Setelah mendapatkan persetujuan, eksperimen pun dicoba.

Cara Nge-Flash Asus Fonepad 7 dengan Mudah

Cara Flash Asus Fonepad 7
Flashing Asus Fonepad 7
Mohon maaf sebelumnya, karena sebagian besar gambar yang ada terhapus karena memori di flash sama temen. Jadi ya minim banget foto tutorial kali ini. Tapi tetep gampang kok buat diikutin tutorialnya, karena enggak terlalu ribet. 

Langkah pertama yang perlu disiapkan adalah Micro SD, Baterai lebih dari 50% dan Asus Factory ROM.

Dimana download ROM Asus? Sebelum mendownload ROMnya, pastikan kamu mengetahui modelnya dulu. Asus Fonepad yang aku flash pada kesempatan kali ini Asus Fonepad 7 k004 yang punya kode atau apalah ME371MG. Aku juga enggak begitu ngerti apa bedanya, pokoknya setauku dari berbagai referensi itu K004 = ME371MG.

Download ROM Asus ME371MG / K004 dengan cara membuka link download di bawah ini. 


Atau kalau link diatas tidak bisa, kamu bisa coba buka link ini. Kemudian pilih Android. Pilih Firmware dan download ROM yang terbaru atau terserah kamu. 

Setelah itu, copy file zip zip an ke root  SD Card. Root SD Card itu berada di bagian terluar SD Card. Jangan dimasukkan folder apapun. Selain itu pastikan kalau SD Card itu formatnya FAT32. Kalau NTFS Enggak bisa. Defaultnya sih setahuku emang FAT32. Tapi karena kemarin pakai SD Card dari kamera yang formatnya NTFS gagal terus deh.

Setelah baterai cukup banyak, zip zip an ROM ada di SD Card yang udah dimasukkin SD Card. Selanjutnya adalah menyalakan Asus Fonepad 7 ke Mode Recovery. Caranya gampang, cukup tekan power dan volume up secara bersamaan.

Asus Fonepad 7 mu akan menampilkan gambar dan pesan bertuliskan No USB Cable Connected. Ketika sudah muncul gambar tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol volume up dan volume bottom secara bersamaan. Ulangi beberapa kali hingga muncul menu recovery.

Apabila sudah muncul gunakan tombol volume up dan volume down untuk memilih menu dan tombol power untuk mengeksekusi menu. Pilih menu download from SD Card. Tunggu proses flash sampai selesai, nanti bakal nge-restart dan tablet asus fonepad 7 kembali seperti baru lagi :D

Langkah-Langkah Flash Asus Fonepad 7 Tanpa Komputer / Laptop

Buat yang males baca cara flash asus fonepad 7 diatas. Berikut aku ringkas langkah-langkahnya yang berurutan.

  1. Download ROM Asus dan letakkan di Root SD Card
  2. Masukkan SD Card ke tablet dan pastikan bahwa baterai diatas 50%.
  3. Masuk ke mode recovery (tekan tombol power dan volume up)
  4. Masuk ke menu recovery (tekan tombol volume up dan volume bottom bersamaan. Ulangi beberapa kali sampai muncul menu)
  5. Pilih download from SD Card.
Kalau paka cara gampang tersebut masih ada kegagalan, coba baca penjelasanku diatas. Karena ada beberapa hal yang mungkin membuatnya gagal

Kalau sudah tahu caranya seperti ini, sebenernya gampang banget buat ngebenerin. Lumayan nih, bisa dapat uang saku tambahan. Cocok buat kamu yang lagi cari kerja sampingan di rumah :D. Bisa dicoba.

Kemarin aku juga dimintain tolong lagi buat ngeflash Oppo Neo 7 yang caranya kurang lebih sama. Jadi selamat mencoba saja. Kalau ada kesulitan, cukup tinggalkan komentar. InsyaAllah aku bantu sebisaku.

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search