Jalan Jalan di Kawaguchiko

Sabtu, April 15, 2017

Hari sabtu kami akan menginap di daerah Akibahara, salah satu distrik anak muda hits kekinian di Tokyo. Oleh karena itu, di pagi harinya kami langsung check out dari Enaka Asakusa Central Hostel. Subway Metro 2D Pass sudah enggak berlaku, jadi di hari sabtu ini mulai menggunakan JR Tokyo Wide Pass untuk keliling Tokyo dan sekitarnya. Hari sabtu ini mainnya ke Kawaguchiko!

Dari Asakusa ke Kawaguchiko Naik Apa?

Kawaguchiko Station
Kawaguchiko Station
Dari Asakusa sampai stasiun Kawaguchiko naik kereta api memang butuh beberapa kali oper kereta dengan total biaya one way sampai ¥4,260. Jadi kalau PP tinggal kali dua aja. Nah, berhubung pakai Tokyo Wide Pass, ¥ 10000 bisa buat naik 3 hari sepuasnya!
  • Dari Asakusa naik Asakusa Line jurusan Nishi-Magome (Platform 1) turun di Asakusabashi Station dengan biaya ¥180 (sebenernya bisa ke cover by Tokyo Subway 2D Pass, tapi karena udah enggak langganan jadi ya bayar :D)
  • Dari Asakusabashi Station oper ke JR Line Chuo-Sobu Line(Local) jurusan Nakano (Platform 1) dan turun di Shinjuku. Biaya ¥170 ( udah tercover oleh kartu sakti Tokyo Wide Pass)
  • Dari Shinjuku, naik Chuo Line-Limited ExpressAzusa 55 jurusan Matsumoto turun di Otsuki Station. Perjalanan sekitar 1 jam an lebih dikit dengan biaya ¥2,770 ( sudah tercover Tokyo Wide Pass)
  • Dari Otsuki Station masih naik Fujikyuko Line Fuji-Tozan-Densha 1 jurusan Kawaguchiko. Dengan lama perjalanan 1 jam, soalnya waktu itu adanya kereta yang lambat. Bukan yang limited express. Harga tiket ¥1,140 ( sudah tercover Tokyo Wide Pass)
Kereta lokal Fujikyuko Line
Kereta lokal Fujikyuko Line
Pemandangan selama perjalanan naik Fujikyuko Line bener-bener asyik. Bisa lihat Pedesaan di Jepang kaya di film-film gitu deh. Ada perkebunan tapi kalau dilihat warnanya itu enggak se-seger kalau di Indonesia. Agak pucet gitu jadi kurang sip menurutku :D.

Ngapain Aja di Kawaguchiko?

Kawaguchiko Jepang
Kawaguchiko Jepang
Sebenernya banyak yang bisa dilakukan di Kawaguchiko, naik gunung fuji yang terkenal itu, sama ambil foto di Danau Kawaguchi di lereng gunung Fuji. Kalau aku kemarin cuma jalan kaki keliling Kawaguchiko. Terutama yang deket sama stasiun.

Pengen lihat-lihat aja suasana di Kawaguchiko yang tampak modern namun asri. Alhasil kemarin sempat kepleset es yang ada di jalanan. Makan onigiri dan jajanan di sevel. Total belanja kemarin di Kawaguchiko itu habis sekitar ¥500.


Daerah Kawaguchiko ini termasuk daerah yang dingin dan bersalju kalau winter, tapi sayang kemarin waktu kesana saljunya udah banyak yang hilang. Meski sempat kepleset waktu nggak sengaja nginjak es di trotoar.

Kemarin niatnya mau ke Kachi - Kachi Ropeway, tetapi ternyata masih tutup untuk maintenance. Parahnya, tempat ini baru tutup beberapa hari. Jadi ya keliling kota sambil jalan-jalan ngeliatin orang yang jarang kelihatan. Waktu di Kawaguchiko kemarin suhu udar  4 derajat celcius meski di siang hari.

Pulang dari Kawaguchiko

Fujisan View Express di Stasiun Kawaguchiko
Fujisan View Express di Stasiun Kawaguchiko
Berbeda dengan berangkatnya naik kereta api lokal, karena punya Tokyo Wide Pass, pulangnya dari Kawaguchiko ke Otsuki Station aku naik Fujisan View Express. Keretanya bagus dalemannya juga keren. Bisa reserved seat, tetapi untuk gerbong nomor satu di belakang lokomotif pas pulang dari Kawguchiko ke Otsuki itu untuk non reserved sih. 
Interior Fujisan View Express
Interior Fujisan View Express
Fujisan View Express ini lebih cepet dibandingkan dengan kereta lokal, karena enggak berhenti di stasiun-stasiun kecil. Langsung ke stasiun-stasiun besar. Selain itu juga beneran nyaman kursinya, mirip shinkansen. Kalau ke Kawaguchiko baliknya cobain deh naik ini, kan gratis untuk pemilik kartu sakti Tokyo Wide Pass.

Dari Otsuki ke Akihabara Tokyo Naik Apa?

Penginapan selanjutnya ada di Akihabara Tokyo, jadi ini kita perlu balik ke Stasiun Shinjuku sebelum oper ke JR station selanjutnya. Jadi rute lengkap dari Otsuki ke Akihabara adalah sebagai berikut ini
  • Dari Otsuki Station naik Chuo Line-Limited ExpressSuper Azusa turun Shinjuku (¥2,770)
  • Dari Shinjuku naik Chuo Line jurusan Tokyo turun Ochanomizu Station  (¥170)
  • Dari Ochanomizu Station oper Chuo-Sobu Line(Local) jurusan Tsudanuma (Platform 3) turun di Akihabara (¥140)
Total biaya untuk perjalanan dari Otsuki ke Akihabara adalah ¥ 2,940. Untung semua sudah tercover sama Tokyo Wide Pass seharga ¥10.000.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Recent Comments

Subscribe