Naik Shinkansen untuk Pertama Kalinya

Jumat, Mei 19, 2017

Salah satu hal yang bikin aku penasaran sama Jepang adalah SALJU! Seumur hidup aku belum pernah tahu apalagi ngerasain salju beneran itu kaya gimana. Nah, saat winter trip ke Jepang kemarin, daerah bersalju merupakan salah satu destinasi wajib kunjung. Echigo Yuzawa menjadi pilihan ketika festival Sapporo usai sebelum aku terbang ke Jepang. Penasaran sama perjalanan melihat salju untuk pertama kalinya? Simak ulasan ceritanya sampai selesai!

Naik Shinkansen Menuju Echigo Yuzawa!

Jam menunjukkan pukul 7 ketika aku harus segera bergegas menuju Stasiun Ueno, karena sudah melakukan reservasi kereta Shinkansen Max Tanigawa dari Stasiun Ueno menuju Echigo Yuzawa. Reservasi kereta Shinkansen hampir bisa dilakukan di semua stasiun JR. 

Aku check out dari Grids Hostel pagi itu dan segera menuju ke Stasiun Akihabara menuju Stasiun Ueno dengan rute sebagai berikut
  • St. Akihabara naik JR Yamanote Line tujuan Ueno / Ikebukuro (Counter-Clockwise) Platform 2. 140 Yen.
Dari stasiun Ueno lebih baik tanya petugas dimana lokasi kereta api Shinkansen, karena posisinya berada di bawah. Jam 7.30 menit sudah sampai di tempat kereta akan berangkat. Saat itu masih ada kereta lain yang parkir, tapi kurang tahu kereta apa namanya, juga sejenis shinkansen sih. Berikut penampakannya.
Salah satu jenis kereta Shinkansen
Salah satu jenis kereta Shinkansen
Salah satu hal yang aku suka dengan kereta ini, kita nggak perlu bingung nunggu di bagian mana untuk naik  gerbong sesuai dengan tiket. Karena di setiap stasiun ada tanda nomor pintu gerbong yang benar-benar tepat. Jadi kalau di tiket aku dapat di gerbong nomor 13, ya tinggal menunggu di tanda nomor 13. Nanti pintu masuk ke gerbonog 13 benar-benar tepat di depan kita.
Tiket Reservasi kursi shinkansen
Tiket Reservasi kursi shinkansen
Harga tiket dari Ueno menuju Echigo Yuzawa adalah 6.460 Yen! Kalau di kurskan ke rupiah kurang lebih 762.280! Mahal kan? Tapi sebagai wisatawan dengan Tokyo Wide Pass cukup bayar 10.000 Yen bisa pakai sepuasnya selama 3 hari. 
Shinkansen Max Tanigawa
Max Tanigawa ternyata merupakan kereta api tingkat! Jadi bukan cuma bus aja yang tingkat, ternyata kereta api juga. Meski moncongnya enggak sebagus yang diatas, tapi bentuk keretanya tingkat tetep bikin aku nggumun. Sayangnya waktu itu enggak ngerti jadi milih tempat duduk di lantai bawah. Nggak bisa pindah sesuka hati seperti di kereta api Indonesia. Karena ada petugas yang ngecek tempat duduk, enggak ada pemeriksaan di cek tiket satu-satu.
Daleman Shinkansen
Daleman Shinkansen
Kesan pertama naik shinkansen adalah nggumun! Naik kereta api enggak pernah se enak dan senyaman ini. Bahkan sama pesawat garuda ekonomi dari Surabaya ke Banjarbaru aja enggak senyaman ini. Kursinya juga bener-bener nyaman buat tidur, enggak bikin capek. Entahlah mau ngungkapin kaya gimana lagi! Speechless! Maklum orang kampung :D.
Naik Shinkansen
Naik Shinkansen
Jarak dari Ueno Station ke Echigo Yuzawa sekitar 200 an km. Dapat ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit. Berapa kecepatannya? Kira-kira sih kecepatannya 200km / jam. Dengan kecepatan seperti itu, tidak terasa ada goncangan seperti ketika naik kereta biasa, suaranya juga aluuuuu banget. Beneran betah buat naik ini. Buat pecinta kereta api, wajib beli JR Pass dan keliling Jepang naik kereta api.

Gitu dulu cerita tentang naik shinkansen yang cuma berhenti sekitar 1 menit di setiap stasiun pemberhentian. Kalau enggak salah, kemarin berhenti di 6 stasiun selama perjalanan dari Ueno menuju Echigo Yuzawa. Lebih banyak tidurnya daripada bangun :D.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Recent Comments

Subscribe