12 Oktober 2017

Mulai Jualan Online Pakai SEO atau Adwords ?

Pagi tadi nyruput teh hitam dari Sirah Kencong Blitar lha kok tetiba kepikiran bikin artikel tentang SEO dan Adwords. Meski aku enggak pinter-pinter amat masalah itu, tapi aku mau coba berbagi opini perbandingan antara pakai SEO atau Adwords ketika memulai jualan online.

Sebenernya ini pertanyaan yang beberapa kali orang tanyakan kepadaku. Jualanmu itu pakai SEO atau Adwords sih ? Kalau aku sih main keduanya.

Platform

Jualan online itu ada banyak banget platformnya! Mulai dari online market place, landing page, bikin web toko online, di instagram, facebook, dan masih banyak contoh lain yang belum pernah aku coba. 

Sebagai rakyat jelata yang belum punya tim dan modal besar mungkin cukup sulit dan kewalahan jika harus menjangkau semua potensi yang ada di berbagai macam platform tersebut, baik yang gratisan maupun yang berbayar.

Daripada main di marketplace, jujur aku lebih suka main di website toko online. Nggak selamanya kita bisa tergantung sama market place, coba tengok toko-toko besar, selain main di market place mereka juga punya web penjualan sendiri. Tidak serta merta semua penjualannya di market place.

Jadi untuk masalah platform ini aku pakai web toko online sendiri dengan jumlah produk yang cuma ratusan. Seperti contohnya web jualan cincin perak.

Aku enggak mau bikin toko online yang asal-asalan, entah bagaimana caranya aku bikin kalau toko online tersebut professional dan membuat orang percaya bahwa bukan tipu-tipu. Rekber di market place memang cukup membantu meningkatkan kepercayaan terhadap sebuah toko di jaman yang banyak tipu-tipu seperti sekarang ini.

Kalau kamu bingung cari tempat bikin web yang bagus, coba cek bikinweb.id. Jasa pembuatan website yang bagus, tapi ya harganya juga lumayan. Kalau istilah jawanya "ono rego, ono rupo".

Mendatangkan Pengunjung Pakai SEO / Adwords ?

Mulai dari Adwords ata SEO?
Source gambar : adgency.co
Setelah memutuskan untuk membuat sebuah website toko online untuk produk yang aku jual, pertanyaan selanjutnya itu bagaimana cara mendatangkan pengunjung ke website kita? Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mendatangkan pengunjung ke website kita.
  1. Promo di Sosial Media
  2. Google Adwords
  3. SEO
  4. dll
Karena judul artikelnya adalah mulai jualan online pakai SEO atau Adwords? aku fokus pada dua pilihan tersebut. Promo di sosial media bisa sangat membantu di awal-awal memulai usaha, seenggaknya orang-orang dekat tahu kalau kamu jualan online sesuatu. Tapi kadang mereka tidak membutuhkan barang yang kamu jual sehingga cuma liat dan alhamdulillah kalau masih ingat ketika butuh barang yang kamu jual.

Kalau kamu sudah punya akun khusus yang super duper rame di jejaring sosial, ini beneran bisa sangat membantu untuk berjualan. Apalagi kalau kamu seorang influencer dengan follower / likers puluhan ribu. Kalau nggak punya ? Lanjutkan aja baca terusannya.

Jadi Pakai SEO atau Adwords?

Dashboard Adwords
contoh dashboard adwords

Kalau aku sih prefer menggunakan Adwords dibandingkan mengoptimalkan SEO untuk toko yang baru dibuat. Nungguin SEO yang baru ngefek beberapa minggu bahkan bulan kapan dagangan toko online bisa laku? Pernah nggak nyoba cari sesuatu dan kamu buka hasil pencarian sampai halaman 3?

Itu lah salah satu faktor kenapa Adwords lebih aku rekomendasikan untuk yang baru mulai jualan di website toko online. SEO dan Adwords itu bisa jalan beriringan kok, jadi di awal buka toko online kamu fokus untuk jualan produk menggunakan adwords, kemudian sambil jalan kamu optimasi website biar bisa muncul  di halaman pertama Google.

Lagian bayar google adwords juga enggak mahal, per klik iklannya paling cuma ratusan perak (tergantung kata kunci pencariannya). Misalnya
  • Kamu anggarkan 50rb / hari untuk iklan di google adwods.
  • Harga 1 klik iklan adalah 500, jadi 50rb / hari kamu bisa dapat pengunjung website 500 orang.
  • Dari 500 orang, masa sih nggak ada yang beli sama sekali? Dari pengalamanku, rasio pembelian paling sedikit sekitar 5%. Jadi  dari 500 pengunjung cuma 5 orang yang beli.
  • Jika keuntungan setiap pembelian itu 30 ribu, kalau 5 pembelian dalam waktu satu hari berarti keuntungannya 150ribu kan ?
  • 150 ribu dikurangin biaya iklan 50 ribu. Masih dapat bersih 100ribu / hari. Cukup lah untuk bujangan yang baru memulai usaha online. 
Setelah beberapa bulan jalan dan mulai profit, SEO bisa mulai dicicil ngerjainnya, anggap aja selang setahun dengan SEO website udah berhasil nongkrong di halaman 1, budget iklan bisa dikurangi dikit-dikit orderan juga insyaAllah tetep lancar atau diarahkan ke kata kunci lain yang  potensial juga. 

Daripada tekor fokus di SEO dari awal, perut kan gak bisa puasa selama 2 bulanan. Iya kalau langsung berhasil, kalau enggak ? Makin tekor kan ? SEO butuh waktu mingguan bahkan bisa bulan dan tahun. Adwords cukup hitungan jam pun bisa di halaman 1 bahkan di urutan pertama :D. Terserah deh mau ambil yang mana.

Maaf kalau tulisannya serabutan, jadi enggak tenang buat nerusin.

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search