18 November 2017

Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Keliling

Samsat Keliling di halaman Bank Jatim Blitar
Samsat Keliling di halaman Bank Jatim Blitar
Biasanya, aku bayar pajak motor secara online. Pernah aku tulis dulu cara membayar pajak motor online menggunakan esamsat. Tinggal daftar, bayar via atm dan datang ke samsat pilihan untuk ngeprint kwintansi STNK.

Kemarin aku udah mau bayar pajak motor dengan esamsat, lha kok ndelalah websitenya enggak bisa diakses. Sedangkan kalau ngurus ke samsat males sama antriannya. Alhasil aku mau nyoba memanfaatkan mobil samsat keliling, karena setahuku untuk plat nomor wilayah Jawa Timur bisa dibayar di kota mana saja selama masih di wilayah jawa timur.

Dalam kasus ini aku mau bayar pajak motor plat L di Samsat Keliling Blitar. Karena domisiliku saat ini ada di Blitar dan males kalau ke Surabaya cuma buat bayar pajak. Kalau perpanjangan plat nomor mau enggak mau harus ke Surabaya (5 tahun sekali).

Setelah browsing jadwal samsat keliling di Blitar, ternyata di depan Bank Jatim Kota Blitar pada hari Senin - Sabtu mulai pukul 19.00 sampai 20.30 ada mobil samsat keliling yang siap menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Apa yang Dibawa ?

Sebelum berangkat ke samsat pastikan sudah membawa hal-hal yang dibutuhkan untuk melakukan perpanjangan. Adapun yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut ini
  • KTP. Berhubung ada kasus korupsi e KTP yang bikin banyak EKTP belum jadi, bisa kok bawa surat keterangan  dari dispendukcapil untuk melakukan pembayaran. Kemarin aku bawa Surat itu buat perpanjangan karena KTPnya emang belum jadi.
  • STNK 
  • Uang Tunai, bawa secukupnya aja. Lihat tahun kemarin habis berapa. Biasanya sih sama.

Bagaimana Prosedurnya?

Prosedur ini bisa berbeda-beda ya setiap daerah. Tergantung bagaimana samsat keliling mengaturnya. Kalau di Blitar, prosedur pembayaran menggunakan samsat keliling adalah sebagai berikut ini
  • Kumpulkan STNK, Kwintansi Pembayaran Tahun Lalu dan KTP. Plastik pembungkus STNKnya di ambil saja ya. Cukup kertas STNKnya saja.
  • Tunggu aja sambil berdiri, jangan jauh-jauh dari mobil samsat keliling biar kedengaran waktu dipanggil.
  • Ketika dipanggil silakan bayar nominal yang harus dibayarkan.
  • Selesai deh. 
Gampang kan ? Untuk samsat keliling di depan bank jatim kota Blitar kemarin antrian cukup banyak ketika aku datang sekitar pukul 19.30. Namun tidak butuh waktu lama untuk memproses semua itu. Kurang dari 30 menit semuanmya sudah selesai.

Hanya saja kemarin orang nunggu sambil ngerubung mobil samsatnya. Enak lagi kalau dibuatkan garis antrian mengingat mangkalnya di sini setiap malam. Tapi overall pelayanan sudah cukup baik. Terima kasih samsat, orang-orang enggak perlu ijin dari kantor kalau cuma buat bayar pajak motor. 

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search